skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Beginilah Cara Melakukan Pengobatan TBC Tulang Belakang!

Beginilah Cara Melakukan Pengobatan TBC Tulang Belakang!

TBC tulang biasanya diderita oleh orang dewasa muda atau anak di atas usia 6 tahun, meskipun anak-anak berusia satu tahun dan orang yang lebih tua juga dapat terinfeksi. Orang dengan TBC tulang akan mengeluh bahwa satu atau lebih persendiannya terasa menyakitkan dan kaku selama beberapa minggu.

Ini merupakan gejala awal yang paling umum dari TBC tulang. Penderita juga bisa merasa tulangnya lemah. Rasa sakit yang dialami berkisar antara ringan sampai sedang. Jenis rasa sakit yang dialami penderita pun tergantung dari lokasi tepatnya TBC menyerang.

TBC spinalis yang menyerang tulang belakang, atau juga biasa disebut penyakit Pott biasanya memengaruhi bagian toraks (dada belakang), sehingga menyebabkan nyeri punggung dan bentuk tulang punggung yang aneh seperti bungkuk.

Sedangkan TBC yang menyerang persendian dapat menyebabkan rasa sakit dan kaku yang menyakitkan pada tulang yang sekitar sendi. Sendi yang terinfeksi terisi dengan cairan dan otot-otot di sekitarnya dapat mengelupas.

  1. Sakit punggung

Sakit punggung yang dirasakan adalah sakit punggung pada bagian tertentu. Sakit punggung ini terjadi pada iga atas dan iga bawah. Sakit punggung yang dirasakan bila semakin lama tidak segera diobati akan menyebabkan kesulitan bergerak bagi penderitanya.

Hal ini karena lama kelamaan bila TBC menyerang terus bagian tulang belakang menyebabkan tulang belakang tidak menerima nutrisi dan akan kekurangan kelenturannya. Sehingga akan menjadi sakit dalam bergerak.

  1. Muncul benjolan pada selangkangan

Benjoan pada selangkanan ini sering terjadi seiring berkembangnya virus tubercolosis itu. Benjolan pada selangkangan memang mudah untuk diketahui. Penyakit atau tanda-tanda ini biasa dikenal sebagai hernia. Jadi jika terserang hernia bisa menjadi kemungkinan itu adalah tanda-tanda dari TBC tulang.

  1. Terdapat kelainan pada syaraf

Kondisi seperti ini tidak hanya menyerang pada bagian tulang belakang saja, tetapi juga menyerang pada bagian syaraf lainya sehingga bagian syaraf-syaraf tertentu akan merasakan sakit pula. Tidak hanya bagian tulang belakang saja yang merasakan rasa sakitnya.

  1. Demam dan tubuh berkeringat

Seperti biasa demam tentu dirasakan oleh mereka yang menderita penyakit.demam memang menjadi pertanda umum. Demam merupakan efek dari adanya kekebalan tubuh yang membuat sistem syaraf merespon pada bagian tubuh sehingga membuat tubuh mengeluarkan panas. Hal ini disebabkan karena kekebalan tubuh tidak dapat mengalahkan virus sehingga menyebabkan demam.

Pengobatan TBC Tulang Belakang

Sedikit berbeda dengan kondisi tuberkulosis, pengobatan TBC tulang belakang berkemungkinan memerlukan tindakan operasi sebagai bentuk perawatan tambahan selain antibitiotik yang diberikan untuk mengobati tuberkulosis. Penderita TBC tulang belakang juga mungkin disarankan untuk tidak menggerakkan tulang belakangnya hingga suatu periode tertentu.

Hal ini dilakukan dengan mengenakan bebat atau alat khusus untuk waktu yang lama. Selain itu, serangkaian terapi fisik akan disarankan untuk diikuti demi mengurangi nyeri serta melatih kekuatan dan fleksibilitas tulang.

Pada pengobatan TBC tulang belakang, pemberian antibiotik tetap dilakukan hingga periode pengobatan yang telah ditentukan dan harus dihabiskan. Beberapa jenis antibiotik yang umumnya digunakan, antara lain rifampicin dan ethambutol.

Efek samping yang mungkin timbul dari obat-obatan ini, antara lain sakit kuning, demam, ruam, gatal-gatal, menurunnya nafsu makan, dan urine berwarna gelap. Obat pereda rasa sakit mungkin diresepkan oleh dokter juga. Terapi pengobatan TBC tulang belakang dapat berlangsung hingga lebih dari enam bulan, tergantung kepada tingkat keparahan dan kondisi fisik pasien.

Walau masa penyembuhan dapat berlangsung selama berbulan-bulan hingga bertahun-tahun, TBC tulang belakang tetap dapat disembuhkan selama segera bisa dideteksi dan ditangani dengan benar. Tujuan lain dari penanganan cepat ini adalah untuk mengurangi risiko pasien terkena komplikasi, berupa berbagai jenis kelainan atau cacat pada tulang belakang hingga mengalami kelumpuhan.

 

Apa Itu Pulmohealer?

Pulmohealer adalah produk dari PT. Autoimuncare Indonesia ( PT. AICI ) yang khusus mengatasi berbagai penyakit paru-paru. Dengan penelitian formula herbal nanotechnology selama 15 tahun membuat Pulmohealer banyak dicari di dalam maupun luar negeri.

Pulmohealer bereaksi cepat, dijamin aman, dan tidak menimbulkan efek samping berbahaya bagi Tubuh Anda.