skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Komplikasi Dan Penyebab Penyakit Batu Empedu

Komplikasi Dan Penyebab Penyakit Batu Empedu

Komplikasi Dan Penyebab Penyakit Batu Empedu – Semua orang memiliki organ yang disebut dengan kantung empedu. Kantung empedu merupakan sebuah kantong kecil yang terletak tepat di bagian bawah hati.

Kantong empedu berfungsi untuk menyimpan hasil cairan empedu. Empedu sendiri merupakan cairan yang diproduksi oleh hati untuk menghancurkan lemak.

Ketika cairan empedu dihasilkan oleh hati maka akan menuju kantung empedu melewati saluran empedu.

Cairan ini kemudian akan disalurkan ke sistem pencernaan ketika tubuh Anda membutuhkan cairan tersebut.

Sedangkan batu empedu adalah sebuah batu yang keras dan kecil serta terbentuk dalam bagian kantung empedu.

Jika hal ini terjadi, maka akan menimbulkan gejala-gejala berikut:

– Sakit perut lebih hebat.

– Kulit dan mata menjadi kuning (jaundice).

– Kulit gatal.

– Diare.

– Menggigil.

– Kebingungan.

– Tidak nafsu makan.

– Demam dengan suhu tinggi 38 ° C (100.4 ° F) atau lebih.

Penyebab Terbentuknya batu empedu

Trigliserida darah yang meningkat merupakan salah satu faktor resiko terbentuknya batu empedu kolesterol.

Pembentukan batu empedu bisa terjadi bila empedu mengandung banyak kolesterol, bilirubin, atau kurangnya garam empedu.

Perempuan memiliki risiko lebih tinggi terkena batu empedu karena kadar estrogen yang berlebihan akan menyebabkan kadar kolesterol yang lebih tinggi pada empedu.

Riwayat keluarga, obesitas, dan kondisi kesehatan tertentu bisa dikaitkan dengan batu empedu. Diet tinggi lemak dan diet rendah serat juga turut menjadi faktor terjadinya batu empedu.

Komplikasi Penyakit Batu Empedu

Resiko dari wanita untuk bisa terkena penyakit batu empedu parah biasanya 2 kali lebih tinggi daripada resiko pria.

Penyakit batu empedu parah biasanya akan mengakibatkan terjadinya penyumbatan di saluran empedu atau juga pindah ke sistem pencernaan. Hal ini biasanya akan menyebabkan timbulnya komplikasi yang serius. Berikut komplikasi penyakit batu empedu:

  1. Kanker Kantong Empedu

Penyakit batu empedu parah juga bisa menimbulkan masalah peyakit kanker. Pada penderita penyakit batu empedu biasanya mempunyai resiko yang lebih besar untuk terkena karena penyakit kantong empedu.

Dan mesi begitu, kemungkinan kasusnya juga jarang terjadi, bahkan pada mereka yang mempunyai gen resiko penyakit kanker sekalipun.

Operasi pengangkatan yang dilakukan pada kantong empedu dianjurkan supaya bisa membantu mencegah penyakit kanker.

Apalagi jika Anda mempunyai suatu tingkat kalsium yang lebih tinggi didalam kantong empedu tersebut. Dan gejala penyakit kanker ini biasanya hampir mirip dengan penyakit batu empedu.

  1. Radang Kantong Empedu Akut

Penyakit radang kantong empedu akut atau kolesistitis biasanya akan terjadi saat cairan empedu yang tertimbun didalam kantong empedu terdapat batu empedu yang mengalami sumbatan di saluran cairan tadi.

Gejala yang muncul adalah sakit pada bagian perut atas yang akan menjalar menuju ke tulang belikat, mengalami demam tinggi, dan juga detak jantung yang cepat.

  1. Abses Kantong Empedu

Nanah yang kadang juga bisa saja muncul didalam kantong empedu sebagai suatu dampak negatif dari reaksi yang sangat parah.

Dan jika hal ini terjadi, maka penanganan yang dilakukan dengan pemberian obat antibiotik tidak cukup dan nanah harus disedot.

  1. Peritonitis

Peritonitis merupakan suatu kondisi dari terjadinya peradangan pada lapisan perut disebelah dalam yang lebih dikenal dengan istilah peritoneum.

Komplikasi ini terjadi sebagai suatu dampak dari pecahnya kantong empedu yang mengalami peradangan dengan parah.

  1. Penyumbatan Di Saluran Empedu

Saluran empedu yang mengalami sumbatan oleh batu akan menyebabkan saluran ini akan lebih rentan untuk terserang bakteri dari penyebab infeksi.

Dan komplikasi ini biasanya bisa ditangani dengan cara pemberian obat antibiotik serta prosedur kolangiopankreatografi retrogard endokskopik atau ERCP.

Gejala dari infeksi ini yang umum muncul adalah sakit dibagian perut atas dan akan menjalar menuju ke tulang belikat, sakit kuning, mengalami demam tinggi, bahkan linglung atau gelisah.

  1. Pankreatitis Akut

Penyakit batu empedu parah yang lainnya akan menimbulkan komplikasi lain seperti pankreatitis akut. Pankreatitis akut adalah salah satu bentyk komplikasi yang terjadi jika batu empedu tersebut keluar dan juga mengalami sumbatan di saluran pankreas.

Dan peradangan pankreas akan menimbulkan rasa sakit yang luar biasa dibagian tengah perut. Rasa sakit ini juga lama kelamaan akan semakin parah dan pada akhirnya akan menjalar ke daerah punggung. Terutama disaat setelah makan.

Selain gejala sakit perut, pankreatitis sebagai salah satu akibat dari penyakit batu empedu parah. Dan diantaranya adalah penyakit diare, nafsu makan menurun, mual dan muntah, demam tinggi serta mengalami sakit kuning.

Tubuh akan menunjukkan posisi bungkuk atau meringkuk yang kemungkinan akan membantu dalam meringankan sakit perut sebagai akibat dari pankreatitis akut.

Dan komplikasi lainnya yang tidak bisa disembuhkan dengan cara media khusus. Tujuan dari penanganan yang dilakukan bukan hanya membantu menopang fungsi tubuh hingga peradangan mereda sendiri.

Dan perawatan di rumah sakit yang biasanya dilakukan adalah sekitar 1 minggu sebelum kemudian pasien di izinkan pulang.

Apa Itu RENALCARE?

Obat Penyakit Ginjal RenalCare, Produk PT. Autoimun Care Indonesia (PT. AICI) merupakan Formula Herbal yang diciptakan dengan teknologi canggih yaitu Autofermentasi Nanotechnology yang dikhususkan untuk mengatasi berbagai penyakit yang berhubungan dengan Organ Ginjal.
Formula Herbal RenalCare yang kami produksi ini terbuat dari bahan 100% Herbal Alami dengan kualitas terbaik dan kami pastikan 0% bahan kimia, sehingga tidak ada efek samping jika Anda mengkonsumsinya.