skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Penyakit Diare Yang Berkepanjangan Itu Bagaimana?

Penyakit Diare Yang Berkepanjangan Itu Bagaimana?

Pada usia lanjut, penyakit diare berkepanjangan harus diwaspadai. Bisa jadi gejala kanker usus. Pola buang air besar yang berubah, dari sembelit ke diare secara berulang, mungkin gejala spesifik kanker usus. Jika kankernya sudah lanjut, buang air besarnya mungkin sudah disertai dengan darah segar tanpa keluhan mulas seperti pada diare oleh disentri.

Gejala penyakit diare berkepanjangan merupakan efek samping tindakan seseorang yang mengkonsumsi makanan dan minuman yang justru memperburuk kondisi pencernaan.

Penyakit Diare merupakan penyakit yang disebabkan oleh beberapa hal yang berhubungan dengan kondisi lingkungan, makanan dan minuman yang telah terkontiminasi dengan bakteri yang tanpa sadar masuk kedalam tubuh dan mengiritasi sistem pencernaan.

Penyebab penyakit diare berkepanjangan adalah sebagai berikut:

  1. Aneka permen

Apapun produk permen selalu memakai gula dan pemanis buatan didalam pengolahannya. Zat pemanis tersebut dapat mengiritasi organ pencernaan pada pasien diare. Akibatnya diare tidak akan cepat disembuhkan karena iritasi kembali terjadi.

  1. Makanan berserat

Bagi penderita diare hindarilah untuk sementara makanan yang mengandung serat tinggi misalnya yoghurt, Buah buahan atau sayuran hijau. Serat makanan dapat menyembuhkan sembelit dan bertindak sebagai obat pencahar yang paling efektif bagi penderita sembelit, Maka dari itu tidak cocok dikonsumsi oleh para penderita diare.

  1. Daging merah

Penderita diare dilarang makan daging merah karena mengandung lemak tinggi yang dapat memperparah kondisi pencernaan yang sudah mengalami luka. Lemak jenuh cenderung sulit dicerna oleh pencernaan dan memicu organ pencernaan mengalami luka, Infeksi lalu radang.

  1. Minuman bersoda

Minuman bersoda yang dikonsumsi secara berlebihan dapat mengikat cairan tubuh di saluran usus dan lambung. Minuman bersoda mempunyai kadar gula yang tinggi yang mampu memperparah luka pada organ pencernaan, Sedangkan gas yang ada pada minuman.

  1. Makanan yang sudah basi

Makanan basi adalah salah satu penyebab diare yang paling umum dialami banyak orang. Makanan basi mengandung bakteri dan zat beracun hasil penguraian bakteri dan penguapan radikal bebas yang didalamnya berupa debu, Asap, Kotoran lain dan sebagainya. Bagi penderita diare yang makan makanan basi jangan berharap akan mengalami proses penyembuhan yang lebih cepat.

  1. Makanan dan minuman yang mengandung gas

Makanan dan minuman yang mengandung gas sama berbahayanya dengan alkohol dan minuman bersoda. Makanan dan minuman yang mengandung gas dapat mengikat gas pada saluran usus dan memenuhi lambung sehingga pencernaan tidak mengalami peradangan hebat yang menyebabkan diare sulit disembuhkan.

  1. Makanan bersantan

Diare berkepanjangan yang paling mudah dijumpai adalah mengkonsumsi makanan yang mengandung santan. Santan bersifat tajam dan dapat mengiritasi organ pencernaan dan menggagalkan pengerasan feses selama pasien menderita diare.

Makanan bersantan dapat memperburuk volume feses yang berair menjadi lebih banyak yang keluar, Perut kerab melilit dan dapat menyebabkan seseorang dehidrasi berat.

  1. Makanan berlemak

Penyebab diare berkepanjangan yang sering dialami banyak orang adalah kebiasaan seseorang mengkonsumsi makanan yang digoreng atau memiliki kandungan lemak yang tinggi dapat memblokir kinerja pencernaan dan menyebabkan diare tisak cepat sembuh.

Lemak jenuh dapat melukai dinding lambung dan usus sehingga bakteri yang masih ada didalam pencernaan akan semakin aktif bergerak hingga menimbulkan feses yang keluar dalam keadaan berbentuk air dengahn debit yag cukup banyak dan sering. Kondisi sangat bwrbahaya karena bisa menyebaban seseorang dehidrasi.

  1. Minuman beralkohol

Minuman apapun yang mengandung alkohol sangat dilarang untuk orang orang yamg sedang menderita diare. Alkohol bersifat panas dan tajam dan dapat mengiritasi sistem pencernaan dan mempercepat pengeluaran cairan tubuh sehingga seseorang bisa mengalami dehidrasi berat dan pingsan. Alkohol adalah salah satu minuman paling berbahaya dan menyebabkan diare berkepanjangan.

  1. Mengkonsumsi kafein

Kafein sebaiknya dihindari selama diare belum sembuh karena kafein dapat mengikat cairan tubuh dan menyerapnya sehingga tubuh selalu kekurangan elektrolit. Kafein dapat mengendap dan membuat peradangan di organ pencernaan, Dimana kondisi tersebut justru menyebabkan diare menjadi berkelanjutan dan sulit disembuhkan.

Hubungan Sinar Matahari Dan Penyakit Diare

Ketika sedang menderita diare sebaiknya hentikan dahulu aktifitas olahraga yang membutuhkan banyak energi, Jika ingin tetap sehat berjemurlah pada sinar matahari pagi. Sinar matahari pagi memilki efek menghangatkan dan mengandung anti mikroba, Antibiotik alami serta mampu menyehatkan jaringan pencernaan yang sedang mengalami gangguan.

Berjemur pada sinar matahari pagi sambil mengkonsumsi buah pisang atau yogurt adalah solusi terbaik untuk mempercepat proses penyembuhan gangguan pencernaan penyebab diare. Lakaukan kebiasaan sederhanan tetapi baik ini setiap hari agar diare mudah disembuhkan.

Anda dapat membaca artikel kita lainnya disini