skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Penyakit Disentri Menular Atau Tidak?

Penyakit Disentri Menular Atau Tidak?

Penyakit Disentri adalah peradangan terhadap usus besar yang ditandai dengan sakit perut dan buang air besar yang encer dengan cara terus menerus (diare) yang bercampur lendir dan darah. Berdasarkan penyebabnya disentri dapat dibedakan menjadi dua yaitu disentri amuba dan disentri basiler.

Penyebab yang paling umum merupakan adanya infeksi parasit Entamoeba histolytica yang menyebabkan disentri amuba dan infeksi bakteri golongan Shigella yang jadi penyebab disentri basiler.

Kuman-kuman tersebut mampu menyebar dan menular ke orang lain lewat makanan dan air yang telah terkontaminasi kotoran dan pula lalat. Parasit Entamoeba hystolytica hidup dalam usus besar, parasit tersebut memiliki dua wujud, ialah wujud yang bergerak dan wujud yang tak bergerak.

Parasit yang berbentuk tak bergerak tak memunculkan gejala, sedangkan wujud yang bergerak jikalau menyerang dinding usus penderita bisa menyebabkan mulas, perut kembung, suhu badan meningkat, juga diare yang mengandung darah dan bercampur lendir, tetapi diarenya tak terlalu sering.

Penyebab Penyakit Disentri

Disentri dapat memiliki beberapa penyebab. Infeksi bakteri adalah penyebab utama dari disentri. Infeksi tersebut meliputi spesies bakteri Shigella, Campylobacter, E. coli, and Salmonella.

Disentri disebarkan saat seseorang menelan bakteri dari kotoran atau jari yang kotor. Kebiasaan mencuci tangan yang buruk serta mengonsumsi makanan yang terkontaminasi dapat menyebabkan kondisi ini. Disentri sering ditemukan di pusat penitipan anak, panti jompo, tempat pengungsian, dan tempat-tempat lain di mana banyak orang dan sanitasi buruk.

Faktor-faktor risiko

Ada banyak faktor risiko untuk disentri, yaitu:

  • Infeksi disentri paling banyak terjadi pada anak-anak berusia di antara 2 hingga 4 tahun
  • Tinggal di perumahan padat atau mengikuti aktivitas kelompok. Kontak yang dekat dengan orang lain memudahkan penyebaran bakteri dari seseorang ke orang lain. Wabah shigella lebih umum terjadi di pusat penitipan anak, kolam rendam umum, panti jompo, penjara, dan barak militer
  • Tinggal atau berpergian ke daerah dengan sanitasi yang buruk. Orang yang tinggal atau berpergian ke negara-negara berkembang lebih mudah terkena infeksi shigella
  • Laki-laki gay yang aktif secara seksual. Pria yang melakukan hubungan seks dengan pria memiliki risiko yang lebih besar akibat kontak oral-anal secara langsung atau tidak langsung.

Gejala Penyakit Disentri

Ada banyak gejala yang dialami penderita disentri, yaitu:

  • Tubuh menjadi sangar lemas dan mata membentuk cekungan karena banyaknya cairan tubuh yang keluar
  • Penderita selalu merasa haus dan badan lemas karena dehidrasi ( kekurangan cairan )
  • Begitu anda mendapati gejala-gejala penyakit disentri pada tubuh anda, jangan salah dalam mengambil tindakan
  • Sering buang air besar berupa cairan yang bercampur dengan darah dan lendir
  • Perut terasa mulas, kembung, dan kejang
  • Mual, muntah-muntah bisanya disertai dengan demam.

Pencegahana Penyakit Disentri

Berikut cara pencegahan penyakit disentri, yaitu:

  1. Menjaga kebersihan makanan dan minuman

Masaklah makanan dengan benar, dan minumlah air yang sudah matang untuk menghindari infeksi gejala penyakit disentri. Proses memasaknya juga harus diperhatikan, seperti menempatkan sayuran dan daging dalam wadah yang berbeda.

Makanan juga harus dicuci dengan air yang mengalir sebelum dimasak. Pisau dan talenan yang dipakai untuk keduanya juga harus berbeda, atau setidaknya cucilah terlebih dahulu sebelum digunakan kembali.

Setelah makan, segera simpan sisa makanan dalam lemari pendingin. Jangan biarkan makanan berada dalam ruangan terlalu lama, kendati dalam keadaan tertutup. Selain itu, tutup rapat tempat air minum dan segera bersihkan meja makan agar tak jadi sarang kuman.

  1. Menjaga kebersihan diri

Sebelum makan, biasakan keluarga untuk mencuci tangan pakai sabun. Hal ini sangat penting dilakukan guna mencegah bakteri Amoeba dan Shigella masuk ke dalam sistem pencernaan melalui tangan yang kotor.

Infeksi bakteri penyebab penyakit disentri memang terkadang tak dapat dihindari, namun bukanlah hal yang mustahil untuk dicegah. Dengan informasi berikut, Anda bisa memberikan perlindungan terbaik untuk keluarga, terutama si kecil yang rentan akan penyakit.

Apa Itu ElderlyCare?

Elderlycare adalah Produk PT. Autoimun Care Indonesia yang merupakan Formula Organik yang diciptakan khusus untuk membantu menyembuhkan penyakit Maag, membantu mengatasi Gangguan pada Sistem Pencernaan, dan membantu memperbaiki sistem metabolisme tubuh.

Elderlycare ini di Produksi dengan teknologi canggih Nanotechnology yang dapat menjaga kesehatan dan membantu menyembuhkan gangguan pencernaan tubuh serta membantu memperbaiki sistem metabolisme tubuh.