skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Penyebab Dan Pencegahan Penyakit Disentri

Penyebab Dan Pencegahan Penyakit Disentri

Penyakit Disentri adalah suatu jenis penyakit yang timbul karena adanya infeksi yang menimbulkan luka serta mengakibatkan peradangan serta tukak pada usus besar. Penderita penyakit disentri ini seringkali mengalami sindroma disentri seperti sakit perut, serta diare yang bercampur dengan lendir.

Penyakit Disentri sangat mudah ditularkan, dan penyebarannyapun bisa melalui berbagai media, diantaranya: makanan serta air yang telah terkontaminasi oleh kotoran melalui perantara lalat yang membawa kuman-kuman penyebab penyakit disentri itu sendiri.

Gejala Penyakit Disentri

  1. Diare

Ini yang menjadi gejala yang paling mengena apakah anda terkena disentri ataukah tidak. Penyakit disentri ini selalu berkaitan dengan sistem pencernaan sehingga membuat organ pencernaan tidak bisa mencerna makanan dengan baik.

Perhatikan pula apakah di dalam feses terdapat lendir dan darah karena jika iya maka anda positif terkena penyakit disentri.

  1. Demam tinggi

Gejala lainnya yang dapat dirasakan oleh para penderita disentri adalah demam tinggi. demam tinggi ini dapat dirasakan karena adanya berbagai permasalahan yang melanda sistem pencernaan sehingga tubuh juga meresponnya dengan sistem kekebalan tubuh menurun sehingga menyebabkan demam tinggi

  1. Dehidrasi

Karena para penderitanya sering buang air besar maka penderitanya juga akan merasa dehidrasi dan sering merasa haus. Alhasil yang akan dirasakan adalah rasa lemas yang sangat luar biasa di dalam tubuh.

  1. Tidak nafsu makan

Hal inilah yang menjadi salah satu tanda bahwa anda sedang mengalami disentri yaitu anda akan merasa lemas dan kehilangan nafsu makan. Jika sudah begini, sebaiknya anda segera melakukan pemeriksaan kepada dokter untuk segera mendapatkan penanganan dan pengobatan dengan tepat.

  1. Sering mengalami kejang di dalam bagian perut

Karena adanya masalah di bagian pencernaan maka perut pun akan menjadi kram dan terkadang kejang karena adanya gejolak di dalam usus.

Jika para penderitanya merasakan hal ini sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter karena jika tidak ditangani dengan benar akan menjadi penyakit lainnya yang membuat anda semakin parah. Kram perut ini akan terasa sakit dan tentunya membuat anda tidak bisa beraktivitas seperti biasanya.

Penyebab Penyakit Disentri

Disentri dapat dikelompokan berdasarkan dari penyebabnya. Dua jenis utama dari penyakit ini adalah:

  • Disentri basiler atau sigelosis yang disebabkan oleh bakteri shigella.
  • Disentri amoeba atau amoebiasis yang disebabkan oleh amoeba (parasit bersel satu) bernama Entamoeba histolytica. Jenis disentri ini biasanya ditemukan di daerah tropis
  • Disentri basiler merupakan jenis disentri yang paling umum terjadi. WHO memperkirakan sekitar 120 juta kasus disentri yang parah termasuk jenis ini dan mayoritas pengidapnya adalah balita.

Kedua jenis disentri tersebut biasanya menular karena lingkungan yang kotor. Manusia juga sering terinfeksi karena mengkonsumsi makanan yang terkontaminasi oleh kotoran pengidap. Misalnya akibat pengidap tidak membasuh tangan dengan bersih setelah buang air besar.

Pencegahan Penyakit Disentri

Cara pencegahan disentri adalah

  • Menjaga kebersihan dengan cara mencuci tangan secara teratur menggunakan sabun dengan teliti
  • Mencuci makanan yang hendak dimakan, khususnya untuk makanan mentah seperti sayur dan juga buah.
  • Untuk penderita disentri basiler biasanya tidak menyiapkan makanan
  • Membuang tinja dengan cara saniter
  • Memasak makanan sampai matang
  • Menjaga kebersihan dengan selalu menjaga sanitasi air, makanan serta udara
  • Melindungi sumber dari air minum agar tidak terjadi kontaminasi dengan tinja
  • Kemudian aturlah pembuangan sampah dengan baik
  • Mengendalikan vektor atau binatang pengerat.

Apa Itu ElderlyCare?

Elderlycare adalah Produk PT. Autoimun Care Indonesia yang merupakan Formula Organik yang diciptakan khusus untuk membantu menyembuhkan penyakit Maag, membantu mengatasi Gangguan pada Sistem Pencernaan, dan membantu memperbaiki sistem metabolisme tubuh.

Elderlycare ini di Produksi dengan teknologi canggih Nanotechnology yang dapat menjaga kesehatan dan membantu menyembuhkan gangguan pencernaan tubuh serta membantu memperbaiki sistem metabolisme tubuh.