skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Pengertian Dan Penyebab Penyakit Gagal Ginjal

Pengertian Dan Penyebab Penyakit Gagal Ginjal

Gagal ginjal merupakan istilah yang sudah tidak asing lagi di telinga kita. Gagal ginjal merupakan salah satu penyakit berat yang banyak ditemukan di republik ini. Penyakit yang timbul karena adanya kerusakan pada organ ginjal ini tidak jarang mengakibatkan kematian.

Namun sebenarnya apa yang disebut dengan penyakit gagal ginjal. Dalam dunia kedokteran, gagal ginjal adalah suatu kondisi dimana ginjal sudah tidak berfungsi lagi, sehingga sisa metabolisme yang tidak dapat dikeluarkan tubuh akan menjadi racun bagi tubuh kita sendiri. Sebagai kita ketahui bahwa ginjal merupakan alat untuk membuang sampah sisa metabolisme yang terjadi pada tubuh manusia.

Menurut kejadiannya, gagal ginjal dapat dibagi menjadi 2 yaitu: gagal ginjal akut dan gagal ginjal kronik. Gagal ginjal akut dapat muncul secara tiba – tiba dalam hitungan hari atau minggu. Sedangkan gagal ginjal kronik timbul perlahan secara menahun.

Penyebab Penyakit Gagal Ginjal

Beberapa hal yang mungkin menyebabkan gagal ginjal yaitu:

– Penyakit tekanan darah tinggi (Hypertension)

– Kelainan autoimun, misalnya lupus eritematosus sistemik

– Menderita penyakit kanker (cancer)

– Kelainan ginjal, dimana terjadi perkembangan banyak kista pada organ ginjal itu sendiri (polycystic kidney disease)

– Penyakit Diabetes Mellitus (Diabetes Mellitus)

– Adanya sumbatan pada saluran kemih (batu, tumor, penyempitan/striktur).

Berbedaa jenis penyakitnya berbeda pula penyebabnya, namun pada dasarnya semua penyakit ginjal memiliki ciri-ciri yang sama. Beberapa ciri penyakit ginjal baik batu ginjal maupin gagal ginjal, dapat ditunjukan dengan adanya perubahan pada kondisi fisik tubuh seorang penderita.

Oleh karena itu, anda harus peka bila menemukan ciri ciri penyakit ginjal seperti dibawah ini:

  1. Merasa Sakit Disekitar Pinggang

Rasa sakit disekitar pinggang merupakan hal paling umum dan menjadi ciri-ciri penyakit ginjal. Hal ini berkaitan dengan posisi ginjal yang berada di antara pinggang. Sehingga jika terjadi masalah dengan ginjal maka akan menimbulkan rasa nyeri pada pinggang.

  1. Rasa Sakit Saat Buang Air Kecil

Pada penderita penyakit ginjal terutama batu ginjal akan merasakan nyeri saat buang air kecil. Hal ini dikarenakan adanya batu ginjal yang menekan saluran kandung kemih. Sehingga akan menyebabkan rasa sakit saat buang air kecil.

  1. Terganggunya Produksi Hormon

Salah satu fungsi utama ginjal adalah membantu dalam produksi hormon. Jika fungsi ginjal terganggu maka akan menyebabkan terganggunya produksi hormon.

Komplikasi Penyakit Gagal Ginjal

Adapun komplikasi yang mungkin timbul yaitu:

  1. Metabolik Asidosis

Salah satu fungsi ginjal adalah mengatur elektrolit, cairan, dan juga asam basa di dalam darah. Jika fungsi tersebut terganggu, maka darah akan asam dan pH darah akan turun. Jika pH darah turun, maka akan membuat pembuluh darah melebar, dan juga kontraksi jantung menjadi terganggu. Jika hal tersebut tidak dikendalikan, maka akan membawa dampak yang sangat buruk

  1. Hiperkalemia

Komplikasi ini merupakan keadaan di mana kalium yang ada di dalam darah seseorang tinggi. Kalium yang tinggi ini, akan membuat jantung bekerja dengan tidak sempurna. Sehingga menyebabkan gangguan pada jantung, yang bisa berujung pada kematian mendadak. Pada orang dengan gangguan fungsi ginjal kronis, kemampuannya untuk membuang kalium sangatlah rendah.

Sumber kalium bisa didapatkan dari buah-buahan dan juga sayuran, sehingga dokter menyarankan kepada orang dengan penyakit ginjak kronis untuk tidak mengonsumsi buah-buahan dalam jumlah yang banyak.

Obat Penyakit Gagal Ginjal

Berikut Obat Alami yang dapat anda gunakan untuk mengatasi Penyakit ginjal:

  1. Keji Beling

Sediakan 30 lembar daun keji beling. Rebus ke dalam 2 gelas air. Minum airnya sekaligus, setelah dingin.

atau Sediakan 50 gram daun keji beling, 7 batang meniran dan 7 lembar daun ungu. Setelah semua bahan dicuci, rebus ke dalam 4 gelas air hingga airnya tersisa setengahnya. Setelah dingin, minum sebanyak 3 kali dalam sehari.

  1. Kumis Kucing

Jika anda mengalami radang ginjal, anda dapat menggunakan daun kumis kucing untuk mengobatinya. Ada beberapa gejala radang ginjal yang harus anda waspadai, seperti:

– Kencing berkurang

– Air kecing berwarna keruh, kemerah-merahan, bahkan bercampur darah

– Disertai demam

– Sakit pinggang

– Bengkak pada pelupuk mata, tangan dan kaki

– Perut buncit

Cara Mengobatinya:

– Siapkan 60 s/d 120 gr daun kumis kucing segar,

– Rebus menggunakan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas saja

– Minum ramuan tersebut 3 kali sehari.

Apa Itu RENALCARE?

Obat Penyakit Ginjal RenalCare, Produk PT. Autoimun Care Indonesia (PT. AICI) merupakan Formula Herbal yang diciptakan dengan teknologi canggih yaitu Autofermentasi Nanotechnology yang dikhususkan untuk mengatasi berbagai penyakit yang berhubungan dengan Organ Ginjal.
Formula Herbal Obat Penyakit Ginjal RenalCare yang kami produksi ini terbuat dari bahan 100% Herbal Alami dengan kualitas terbaik dan kami pastikan 0% bahan kimia, sehingga tidak ada efek samping jika Anda mengkonsumsinya.