skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Penjelas Mengenai Penyakit Ginjal Dan Pengobatannya

Penjelas Mengenai Penyakit Ginjal Dan Pengobatannya

Penyakit ginjal atau gagal ginjal adalah kondisi medis dari gangguan fungsi ginjal, dimana ginjal gagal untuk cukup menyaring limbah metabolik dari darah. Dua bentuk utama adalah cedera ginjal akut, yang sering reversibel dengan pengobatan yang memadai, dan Penyakit ginjal kronis yang sering tidak reversibel. Dalam kedua kasus, biasanya ada penyebab yang mendasari.

Bila ginjal rusak, mereka mungkin tidak bekerja dengan baik sebagaimana mestinya. Jika kerusakan ginjal terus memburuk dan ginjal Anda kurang mampu melakukan pekerjaan mereka, Anda dapat terserang Penyakit ginjal kronis.

Penyebab Penyakit Ginjal

Beberapa hal yang mungkin menjadikan seseorang terkena penyakit ginjal yaitu:

  1. Penyakit diabetes

Penyebab dari sakit Penyakit ginjal bisa dikarenakan oleh penyakit diabetes. Kadar gula darah yang terlalu tinggi tidak baik untuk ginjal. Karena untuk mengatasi nya ginjal harus bekerja lebih keras dari biasa nya, dan jika hal itu berlangsung lama maka dapat menyebabkan penurunan fungsi ginjal sehingga terjadi sakit gagal ginjal.

  1. Infeksi ginjal

Ginjal yang terinfeksi oleh bakteri atau pun virus dapat menyebabkan sakit Penyakit ginjal juga. infeksi ginjal yang terlalu parah dapat mengganggu fungsi ginjal, hingga mengalami penurunan fungsi ginjal.

  1. Pola Makan Yang Salah

Anda adalah gambaran tentang apa yang Anda makan. Peribahasa itu 100% benar karena apa yang Anda konsumsi setiap hari akan nyata nampak pada diri Anda. Ketika makanan yang dikonsumsi seimbang secara nutrisi dan banyaknya, maka tubuh akan sehat, begitupun sebaliknya.

  1. Kelainan Genetika

Tidak ada manusia yang ingin terlahir dengan suatu kelainan pada genetika maupun fisiknya. Namun, ketika hal ini terjadi pada Anda, ada kemungkinan bagi Anda untuk menderita suatu kelainan maupun penyakit.

Gejala Penyakit Ginjal

Berikut ini adalah beberapa gejala yang mungkin timbul akibat dari Penyakit ginjal:

  1. Pembengkakan Pada Beberapa Bagian Tubuh

Fungsi utama ginjal adalah menciptakan sekaligus mengeluarkan urin yang tersusun dari berbagai substansi seperti limbah dan cairan sisa metabolisme. Ketika terjadi kerusakan pada ginjal, otomatis limbah dan cairan ini tidak berhasil dikeluarkan. Dampaknya akan dirasakan oleh tangan, kaki, pergelangan kaki, dan wajah yang mengalami pembengkakan.

  1. Perubahan Urin

Gejala awal Penyakit ginjal yang sering dirasakan pasien adalah terganggunya proses berkemih. Terjadi peningkatan atau justru penurunan kadar urin yang dikeluarkan, terutama pada malam hari. Warna air seni tampak gelap, dan terasa nyeri atau sakit saat proses mengeluarkan air seni.

Gejala seperti ini seringkali diperparah oleh infeksi saluran kemih, seperti timbul rasa sakit atau terbakar ketika buang air kecil. Jika kerusakan ini sudah merembet kepada ginjal, dapat menyebabkan demam dan nyeri di bagian punggung pasien.

  1. Cepat Lelah

Kurang sel darah merah dan oksigen di dalam tubuh akan membuat penderita ginjal mudah lelah. Alasannya adalah oksigen sangat diperlukan oleh tubuh dalam pemecahan makanan menjadi energi.

Jika oksigen yang ada di dalam tubuh sedikit akibatnya adalah makanan yang dipecahkan menjadi energi pun hanya sedikit. Kekurangan energi di dalam tubuh bisa menyebabkan penderita ginjal menjadi mudah lelah dan lemas.

  1. Pucat

Produksi sel darah merah yang sedikit di dalam tubuh bisa menyebabkan memiliki kulit tubuh yang pucat. Coba lihat telapak tangan anda, apakah telapak tangan anda berwarna pucat atau kemerah-merahan. Jika telapak tangan anda pucat bisa jadi anda sedang terkena anemia.

  1. Sering Kehilangan Keseimbangan

Rasa pusing yang sering dialami oleh penderita ginjal menyebabkan dirinya tidak bisa menjaga keseimbangan. Untuk berjalan dan beranjak dari tempat tidur orang yang menderita Penyakit ginjal akan sering sekali terjatuh.

Diagnosis Penyakit Ginjal

Diagnosis penyakit ginjal ini dapat dilakukan dengan beberapa metode yaitu:

  1. Laju Filtrasi Glomerulus (LFG)

Laju filtrasi glomerulus/LFG (glomerular filtration rate/GFR) adalah pengukuran terhadap seberapa baik ginjal Anda bekerja berdasarkan jumlah kotoran yang berhasil disaring ginjal dari darah. Hasil perkiraan laju filtrasi glomerulus atau eGFR normal adalah 90 ml cairan kotoran per menit. Kisaran angka ini menunjukkan bahwa ginjal masih berfungsi dengan baik.

Penghitungan eGFR menggunakan sebuah formula khusus. Metodenya adalah dengan menghitung kadar kreatinin dalam sampel darah, kemudian dihitung berdasarkan umur, jenis kelamin, dan etnis Anda. Hasil GFR ini merupakan estimasi persentase fungsi normal ginjal Anda. Misalnya: hasil estimasi GFR 60ml/menit sama artinya dengan 60% fungsi ginjal masih berjalan.

  1. Biopsi ginjal

Biopsi dilakukan dengan mengambil sampel kecil dari jaringan ginjal. Deteksi kerusakan ginjal kemudian dilakukan dengan memeriksa sel-sel ini dengan mikroskop.

  1. Pemindaian

Dalam kasus gagal ginjal stadium lanjut, ginjal dapat mengerut dan berbentuk tidak utuh. Sebelum perubahan bentuk ginjal tersebut terjadi, pemindaian digunakan untuk mengetahui apakah terjadi penyumbatan tidak normal dalam aliran urin Anda. Proses ini dilakukan dengan alat-alat seperti USG, computerised tomography (CT) scan, atau pemindaian magnetic resonance imaging (MRI).

Pengobatan Penderita Penyakit Ginjal

Beberapa pencegobatan yang mungkin akan dilakukan untuk penderita penyakit ginjal yaitu:

  1. Pengobatan Radioterapi

Sebelum melakukan operasi atau pembedahan ginjal, radioterapi digunakan secara luas sebagai terapi adjuvant. Selain itu, metode ini dapat meringankan rasa sakit yang dialami pasien, dan merupakan pengobatan lain dari karsinoma sel dalam metastasis ginjal.

Tetapi pengobatan metode ini memiliki efek samping yang sangat besar, seperti menyebabkan rasa nyeri yang hebat, sehingga banyak pasien yang menolak untuk melakukan pengobatan metode ini.

  1. Operasi

Operasi merupakan salah satu metode pengobatan yang efektif untuk penderita kanker ginjal. Dalam melakukan operasi kanker ginjal terdapat beberapa cara, yaitu nephrectomy radikal, nephrectomy parsial dan sebagainya.

Jika kondisi dari pasien sangat memungkinkan, Exemu maka pengobatan dengan nephrectomy radikal adalah metode yang terbaik untuk menjalani pengobatan. Oleh sebab itu, jika di dalam tubuh ditemukan gejala kanker ginjal, maka segera lakukan pemeriksaan secepatnya agar dapat terdeteksi sejak dini dan melakukan pengobatan yang tepat.

Apa Itu RENALCARE?

Obat Penyakit Ginjal RenalCare, Produk PT. Autoimun Care Indonesia (PT. AICI) merupakan Formula Herbal yang diciptakan dengan teknologi canggih yaitu Autofermentasi Nanotechnology yang dikhususkan untuk mengatasi berbagai penyakit yang berhubungan dengan Organ Ginjal.
Formula Herbal Obat Penyakit Ginjal RenalCare yang kami produksi ini terbuat dari bahan 100% Herbal Alami dengan kualitas terbaik dan kami pastikan 0% bahan kimia, sehingga tidak ada efek samping jika Anda mengkonsumsinya.