skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Penjelasan Penyakit Ginjal Dan Cara Menjaga Ginjal

Penjelasan Penyakit Ginjal Dan Cara Menjaga Ginjal

Penjelasan Penyakit Ginjal Dan Cara Menjaga Ginjal – Ginjal merupakan salah satu organ penting dalam tubuh manusia yang bertugas dalam menyaring serta membuang limbah didalam tubuh lewat air seni.

Tidak hanya itu saja, ginjal juga memiliki beberapa fungsi lainnya seperti: menyeimbangkan kadar garam dan mineral, memproduksi rinen sebuah enzim yang bertugas mengatur tekanan darah, menjaga kesehatan tulang, serta berfungsi mengatur kadar senyawa aktif yang membantu otot-otot dan jantung tetap berfungsi.

Ketika ginjal mengalami gangguan atau rusak, sisa-sisa metabolisme tubuh dan cairan berlebih bisa tertimbun di dalam tubuh hingga akhirnya menyebabkan terjadinya pembengkakan pada bagian pergelangan kaki, muntah-muntah, merasa lemas, sesak napas, dan kurang tidur.

Penyakit ginjal merupakan kondisi yang berbahaya yang mana jika tidak ditangani, ginjal bisa berhenti berfungsi. Jika ginjal berhenti berfungsi, akibatnya bisa mematikan.

Gejala penyakit ginjal adalah:

  1. Sakit di sekitar daerah pinggang

Beberapa orang yang bermasalah dengan ginjal biasanya mengalami sakit pada bagian pinggang. Kondisi ini berkaitan dengan penyakit batu ginjal. Meski terkadang penyakit batu ginjal tidak menunjukkan gejal, namun bisa saja terasa sakit bila batu ginjal terjebak dalam ureter. Rasa nyeri pada awalnya hanya sesekali saja, setelah itu rasa sakit tersebut akan berlanjut lebih lama dan sering.

  1. Gatal berlebih

Ginjal yang tidak berfungsi dengan baik menyebabkan terjadinya penumpukan kotoran atau sisa metabolisme dalam tubuh. Akibatnya, tubuh akan merasa gatal yang berlebihan. Gatal yang terus menerus terjadi dapat mengakibatkan luka atau pendarahan karena sering digaruk.

Biasanya rasa gatal ini disertai dengan pembengkakan di bagian tubuh penderita seperti tangan, pergelangan kaki, dan pergelangan tangan.

  1. Tubuh terasa dingin

Anemia juga bisa menyebabkan tubuh merasa dingin sepanjang waktu. Dalam beberapa kasus, penderita akan merasa sangat dingin dan menggigil saat tengah malam.

  1. Sesak napas

Ginjal yang tidak berfungsi dengan baik mengakibatkan cairan berlebihan menutup paru-paru sehingga penderita merasa sesak napas. Selain itu, kurangnya pasokan oksigen pembawa sel-sel darah merah menyebabkan tubuh kekurangan oksigen dan kehabisan nafas.

  1. Kepala pusing dan sulit berkonsentrasi

Anemia sangat berhubungan dengan penyakit ginjal sehingga otak tidak memperoleh oksigen yang memadai. Kondisi ini menyebabkan kepala pusing dan kesulitan berkonsentrasi. Pusing yang parah akan mengakibatkan tubuh kehilangan keseimbangan saat akan berjalan.

Komplikasi Penyakit Ginjal

Penyakit ginjal kronis dapat mempengaruhi hampir setiap bagian dari tubuh Anda. Potensi komplikasi dapat mencakup:

– Perikarditis, radang pada membran kantung, seperti yang menyelubungi hati Anda (pericardium).

– Komplikasi kehamilan yang membawa risiko bagi ibu dan janin yang sedang berkembang.

– Anemia.

– Penyakit jantung dan pembuluh darah (penyakit kardiovaskular).

– Tulang lemah dan peningkatan risiko patah tulang.

– Retensi cairan, yang dapat menyebabkan pembengkakan di lengan dan kaki, tekanan darah tinggi, atau cairan di paru-paru (edema paru).

– Gairah seks menurun atau impotensi.

– Kenaikan tiba-tiba pada kadar kalium dalam darah Anda (hiperkalemia), yang bisa mengganggu kemampuan hati Anda berfungsi dan dapat mengancam jiwa.

– Penurunan respon kekebalan tubuh, yang membuat Anda lebih rentan terhadap infeksi.

– Kerusakan permanen ginjal (penyakit ginjal stadium akhir), akhirnya membutuhkan dialisis atau transplantasi ginjal untuk bertahan hidup.

– Kerusakan sistem saraf pusat Anda, yang dapat menyebabkan kesulitan berkonsentrasi, perubahan kepribadian atau kejang.

Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Sebelum ginjal Anda bermasalah, atau sebelum kondisi ginjal semakin buruk. Tentu tidak ada salahnya untuk terus menjaga kesehatan ginjal. Cermati dan praktikkan beberapa cara menjaga kesehatan ginjal berikut ini:

  1. Minum cukup air mineral

Guna menjaga kesehatan ginjal, memastikan tubuh terhidrasi dengan baik adalah hal yang penting. Ingat apa fungsi ginjal. Jika Anda tidak cukup minum, bagaimana ginjal dapat berfungsi dengan baik menyaring racun dan membuangnya menjadi urine?

Untuk mengetahui apakah tubuh terhidrasi dengan baik, perhatikan warna urine Anda. Jika berwarna cokelat tua dan bukannya kekuningan. Itu artinya tubuh membutuhkan lebih banyak air.

  1. Perhatikan berat badan Anda

Sesuatu yang berlebihan sudah pasti tidak baik. Begitu pula dengan berat badan. Meningkatnya berat badan dapat meningkatkan tekanan darah Anda yang berbahaya bagi ginjal, dan meningkatkan risiko penyakit jantung. Perhatikan berat badan dan indeks massa tubuh Anda. Serta lakukan olahraga secara teratur seperti bersepeda, berenang, atau berlari guna mendapatkan berat badan ideal.

Tidak ada bagian tubuh kita yang tidak penting untuk dijaga kesehatannya. Termasuk juga dengan ginjal. Organ ini begitu penting untuk kesehatan tubuh Anda. Tidak kalah dengan hati dan jantung. Jadi jaga kesehatan organ ini dengan baik. Kenali juga gejala awal penyakit ginjal di atas. Agar jika ternyata Anda memiliki penyakit ginjal, Anda bisa mengatasinya sedini mungkin.

  1. Makanan sehat untuk ginjal yang sehat

Sudah menjadi rahasia umum jika makanan yang sehat dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat. Begitu pula dengan ginjal Anda. Jadi, berikanlah ginjal Anda ragam makanan sehat mulai sekarang. Pastikan makanan yang Anda konsumsi kaya akan mineral dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh.

Hindari terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak atau terlalu asin. Konsumsi lebih banyakan biji-bijian, sayur, dan buah.

  1. Buang jauh-jauh minuman beralkohol dan rokok

Kedua hal ini tentu tidak ada manfaatnya bagi Anda. Hanya kesenangan sesaat dan tabungan masalah kesehatan di kemudian hari. Salah satunya adalah penyakit ginjal. Minuman beralkohol dan rokok dapat menimbulkan tekanan darah tinggi dan hipertensi adalah salah satu penyebab penyakit ginjal.

Apa Itu RENALCARE?

Obat Penyakit Ginjal RenalCare, Produk PT. Autoimun Care Indonesia (PT. AICI) merupakan Formula Herbal yang diciptakan dengan teknologi canggih yaitu Autofermentasi Nanotechnology yang dikhususkan untuk mengatasi berbagai penyakit yang berhubungan dengan Organ Ginjal.
Formula Herbal Obat Penyakit Ginjal RenalCare yang kami produksi ini terbuat dari bahan 100% Herbal Alami dengan kualitas terbaik dan kami pastikan 0% bahan kimia, sehingga tidak ada efek samping jika Anda mengkonsumsinya.