skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Macam Penyakit Ginjal Dan Cara Mengatasinya

Macam Penyakit Ginjal Dan Cara Mengatasinya

Penyakit ginjal merupakan salah satu kondisi pada ginjal yang menyebabkan kemampuan serta fungsi dalam menyaring racun, zat sisa dan juga cairan berlebih yang berasal dari darah hilang dengan perlahan. Karena organ ginjal bisa dengan mudah beradaptasi pada gangguan di fungsinya, tanda gejala Penyakit ginjal biasanya baru akan muncul setelah kondisi penyakitnya semakin parah.

Macam Penyakit Ginjal

Beberapa macam dari penyakit ginjal yaitu:

  1. Sindrom Nefrotik

Sindrom nefrotik adalah sebuah gangguan ginjal yang terjadi karena tubuh memiliki banyak protein yang keluar dalam urin. Kondisi ini bisa disebabkan karena terjadi kerusakan pada bagian pembuluh darah pada ginjal yang berfungsi untuk mengatasi kelebihan air. Penyakit ini bisa menyebabkan masalah kesehatan lain yang sangat kompleks.

  1. Kista Ginjal

Kista ginjal adalah sebuah kondisi penyakit yang menyebabkan adanya perkembangan kista di bagian ginjal. Kista bisa memiliki ukuran yang berbeda, berisi air dan bukan termasuk kanker. Namun kista bisa tumbuh dengan ukuran yang besar sehingga mengganggu fungsi ginjal. Ini termasuk penyakit yang bisa menyebabkan komplikasi terutama untuk hati.

  1. Hematuria

Hematuria adalah sebuah kondisi yang menyebabkan terjadinya darah dalam urin. Meskipun ini adalah kondisi yang tidak serius namun juga bisa berkembang ke komplikasi yang lebih serius. Penyebab pendarahan harus diketahui karena terkadang tidak menimbulkan gejala.

Bahkan pendarahan ini terkadang juga tidak terlihat dan harus dilakukan dengan pemeriksaan menggunakan mikroskop. Urin yang bercampur dengan darah biasanya akan terlihat berwarna merah kekuningan atau coklat. Pendarahan pada tingkat awal biasanya tidak menimbulkan rasa sakit.

  1. Kanker Ginjal

Kanker ginjal merupakan jenis kanker yang muncul pada ginjal dan mempengaruhi fungsi ginjal secara umum. Jenis kanker yang paling sering ditemukan pada ginjal adalah sel karsinoma. Ini termasuk jenis kanker yang bisa menyerang orang dewasa maupun anak-anak.

  1. Gagal Ginjal

Gagal ginjal terjadi ketika ginjal sama sekali tidak bisa melakukan fungisnya atau sebagian fungsinya sudah tidak bekerja. Akibatnya maka terjadi penumpukan cairan, racun dan kotoran dalam ginjal yang menyebabkan darah kehilangan keseimbangan kimia. Gagal ginjal bisa terjadi karena kondisi penyakit ginjal lain yang tidak mendapatkan perawatan yang tepat atau kegagalan perawatan.

  1. Sindrom Alport

Sindrom Alport adalah salah satu jenis penyakit ginjal yang melibatkan genetik karena terjadi perubahan gen dalam tubuh. Sindrom ini menyebabkan bagian glomerulus yang menyaring semua racun dan limbah tidak bisa bekerja. Ahli pertama kali yang menemukan penyakit sindrom Alport adalah A. Cecil Alport.

  1. Batu Ginjal

Batu ginjal terjadi ketika ada penumpukan mineral keras di dalam bagian ginjal. Batu ini biasanya terdiri dari mineral dan asam yang sangat tinggi.

Mineral kecil dalam ginjal kemudian akan menjadi lebih besar dan menyebabkan buang air kecil tidak bisa berjalan dengan lancar. Batu ginjal bisa diobati hingga tuntas pada tahap awal namun biasanya membutuhkan operasi jika sudah tidak bisa diobati lagi.

Penyebab Penyakit Ginjal Kronis

Penyakit ginjal kronis terjadi ketika penyakit atau kondisi merusak fungsi ginjal, menyebabkan kerusakan ginjal memburuk selama beberapa bulan atau tahun.

Penyakit dan kondisi yang sering menyebabkan penyakit ginjal kronis meliputi:

– Tekanan darah tinggi

– Diabetes tipe 1 atau tipe 2

– Glomerulonefritis, radang unit penyaringan ginjal (glomerulus)

– Nefritis interstitial, radang tubulus ginjal dan struktur sekitarnya

– Penyakit ginjal polikistik

– Obstruksi berkepanjangan pada saluran kemih, dari kondisi seperti prostat membesar, batu ginjal dan beberapa jenis kanker

– Vesikoureteral refluks, suatu kondisi yang menyebabkan urine untuk kembali ke ginjal

– Infeksi ginjal berulang, juga disebut pielonefritis.

Mengatasi Penyakit Ginjal

Beberapa hal yang dapat anda lakukan sebagai bentuk mencegah maupun untuk mengatasi penyakit ginjal yaitu:

  1. Mengurangi Konsumsi Garam

Untuk benar-benar membuat kondisi ginjal lebih baik, konsumsi garam dapat dibatasi secara lebih ketat karena bagaimanapun tubuh manusia tetap memerlukan natrium yang berasal dari garam supaya fungsi tubuh tetap normal dan berjalan semestinya.

Ginjal akan terbebani apabila Anda mengonsumsi garam terlalu berlebihan yang pada akhirnya malah memicu tekanan darah tinggi. Tak hanya ginjal yang kena imbasnya, organ lain juga akan terkena dampak buruk bila Anda sampai hipertensi.

  1. Beristirahat Malam Cukup

Tak hanya untuk pengobatan gagal ginjal, semua penyakit tentu akan lebih cepat membaik ketika Anda mendapatkan istirahat cukup di malam hari. Tidur yang berkualitas sangat bagus untuk kesehatan karena proses perbaikan kerusakan jaringan tubuh terjadi di malam hari saat Anda beristirahat, dan ini berlaku pula untuk organ ginjal.

Tubuh memerlukan waktu untuk proses perbaikan tersebut, maka selama perawatan dan masa pengobatan, tidur 8 jam sehari pada waktu malam sangat disarankan dan ini seharusnya juga menjadi prioritas Anda.

  1. Minum ramuan Keji Beling

Sediakan 30 lembar daun keji beling. Rebus ke dalam 2 gelas air. Minum airnya sekaligus, setelah dingin.

atau Sediakan 50 gram daun keji beling, 7 batang meniran dan 7 lembar daun ungu. Setelah semua bahan dicuci, rebus ke dalam 4 gelas air hingga airnya tersisa setengahnya. Setelah dingin, minum sebanyak 3 kali dalam sehari.

  1. Minum ramuan Pegagan

Pegagan merupakan tanaman yang memiliki daun hijau rasanya manis, menyejukan. Memiliki khasiat yang cukup baik bagi tubuh, terutama untuk mengatasi segala gangguan ginjal.

Pegagan memiliki sifat tonik, anti-infeksi, anti-toksik, meluruhkan kemih/air seni (diuretik ringan), membersihkan darah dari racun, meredakan demam (antipiretik), sebagai penenang (sedatif), mepercepat penyembuhan luka dan millenrian pembuluh darah tepi (vasodilator perifer).

Tanaman herbal pegagan memiliki komponen senyawa kimia lamiah yang dimiliki seperti asiaticoside, thankuniside, isothankuniside, brahmoside, brahmin side, brahmic acid, madasiatic acis, hydrocotyline, mesoinositol, centellose, carotenoids. Garam mineral ( seperti garam kalium, natrium, magnesium, kalsium, besi), zat pahit vellarine dan zat samak.

Apa Itu RENALCARE?

Obat Penyakit Ginjal RenalCare, Produk PT. Autoimun Care Indonesia (PT. AICI) merupakan Formula Herbal yang diciptakan dengan teknologi canggih yaitu Autofermentasi Nanotechnology yang dikhususkan untuk mengatasi berbagai penyakit yang berhubungan dengan Organ Ginjal.
Formula Herbal Obat Penyakit Ginjal RenalCare yang kami produksi ini terbuat dari bahan 100% Herbal Alami dengan kualitas terbaik dan kami pastikan 0% bahan kimia, sehingga tidak ada efek samping jika Anda mengkonsumsinya.