skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Penyabab Penyakit Ginjal Dan Cara Mengatasinya

Penyabab Penyakit Ginjal Dan Cara Mengatasinya

Penyabab Penyakit Ginjal Dan Cara Mengatasinya – Ginjal merupakan salah satu organ penting dalam tubuh manusia yang bertugas dalam menyaring serta membuang limbah didalam tubuh lewat air seni. Tidak hanya itu saja, ginjal juga memiliki beberapa fungsi lainnya.

Adapun fungsi lainnya seperti menyeimbangkan kadar garam dan mineral, memproduksi rinen sebuah enzim yang bertugas mengatur tekanan darah, menjaga kesehatan tulang, serta berfungsi mengatur kadar senyawa aktif yang membantu otot-otot dan jantung tetap berfungsi.

Ketika ginjal mengalami gangguan atau rusak, sisa-sisa metabolisme tubuh dan cairan berlebih bisa tertimbun di dalam tubuh hingga akhirnya menyebabkan terjadinya pembengkakan pada bagian pergelangan kaki, muntah-muntah, merasa lemas, sesak napas, dan kurang tidur.

Penyakit ginjal merupakan kondisi yang berbahaya yang mana jika tidak ditangani, ginjal bisa berhenti berfungsi. Jika ginjal berhenti berfungsi, akibatnya bisa mematikan.

Penyebab Penyakit Ginjal

Hal yang umumnya dikenal sebagai penyebab masalah penyakit ginjal yaitu:

  1. Luka Bakar

Penyebab sakit ginjal kali ini adalah luka bakar yang luas, biasanya lebih dari 30% luas tubuh. Luka bakar akan merusak kulit sehingga kulit tidak dapat menjalani fungsinya dengan optimal. Hal ini rentan menyebabkan air mudah menguap dari kulit yang terbakar sehingga rentan menyebabkan terjadinya gagal ginjal.

  1. Infeksi

Contoh penyakit infeksi yang menjadi penyebab sakit ginjal adalah malaria, demam berdarah dengue dan leptospirosis. Keadaan infeksi ini dapat sedemikian rupa membuat tubuh menjadi dehidrasi serta merusak ginjal secara langsung hingga menyebabkan gagal ginjal. Maka, bila Anda menderita sakit di atas jangan ragu membawa diri Anda ke rumah sakit.

  1. Kurang Cairan / Dehidrasi

Dehidrasi merupakan penyebab sakit ginjal nomor satu. Beberapa hal yang dapat menyebabkan dehidrasi adalah diare (BAB lebih dari 3x sehari), perdarahan yang banyak, muntah-muntah hebat dan demam tinggi. Seseorang yang menderita keadaan di atas tidak boleh kurang minum karena dapat memperparah keadaan dehidrasinya.

Ciri Penyakit Ginjal

Seseorang yang sedang mengalami sakit ginjal biasanya mengalami ciri seperti:

  1. Sakit Di Sekitar Pinggang

Orang yang menderita Penyakit ginjal akan merasakan sakit pinggang meski tidak beraktivitas menggunakan otot. Ciri satu ini sudah sering dibahas di forum kesehatan dan masyarakat sudah mengetahui ciri Penyakit ginjal yang satu ini.

Sayangnya masih banyak masyarakat yang tidak tahu mana sakit pinggang yang disebabkan oleh Penyakit ginjal dan mana yang merupakan sakit pinggang biasa.

Penyebab sakit pinggang dan rasa nyeri bisa muncul karena batu ginjal yang terjebak di saluran kemih atau ureter. Batu ginjal tersebutlah yang menyebabkan rasa nyeri berada di pinggang

Pada batu ginjal yang ukurannya semakin membesar, rasa nyeri pada pinggang akan sering terasa. Sakit pinggang sering kambuh dan hilangnya bisa berhari-hari atau berminggu-minggu.

  1. Hormon Terganggu

Orang yang menderita sakit ginjal akan memiliki ginjal yang tidak berfungsi sehingga kinerja ginjal tidak maksimal. Ginjal memiliki fungsi untuk memproduksi hormon. Fungsi ginjal yang menurun bisa membuat gangguan hormon. Gangguan hormon itu bisa mengakibatkan hormon pembuat tekanan di dalam darah meningkat sedangkan hormon-hormon lainnya menurun.

  1. Osteoporosis

Orang yang menderita sakit ginjal bisa terkena penyakit tulang seperti osteoporosis. Hal itu dikarenakan pada penderita ginjal, asupan vitamin D cenderung berkurang dikarenakan penderita ginjal tidak bisa mendapatkan asupan vitamin D dari makanan atau sinar matahari. Ketika kekurangan vitamin D, penderita ginjal akan mengalami penyakit tulang.

Mengatasi Penyakit Ginjal

Beberapa tehnik pengobatan yang dapat anda jalani yaitu:

  1. Kemoterapi

Menggunakan obat berbahan kimia, memang dapat membunuh sel kanker, dapat menghambat pertumbuhan sel tumor dan reproduksi, akan tetapi, penggunaan obat yang berbahan kimia juga dapat menurunkan kekebalan tubuh pasien, sel-sel jaringan yang normal menjadi rusak, sehingga banyak pasien kanker yang menjadi resisten terhadap pengobatan kemoterapi.

  1. Pengobatan Radioterapi

Sebelum melakukan operasi atau pembedahan ginjal, radioterapi digunakan secara luas sebagai terapi adjuvant. Selain itu, metode ini dapat meringankan rasa sakit yang dialami pasien, dan merupakan pengobatan lain dari karsinoma sel dalam metastasis ginjal.

Tetapi pengobatan metode ini memiliki efek samping yang sangat besar, seperti menyebabkan rasa nyeri yang hebat, sehingga banyak pasien yang menolak untuk melakukan pengobatan metode ini.

Selain metode diatas berikut beberapa herbal untuk mengatasi penyakit ginjal:

  1. Tapak Liman

Tanaman herbal satu ini memiliki daun yang rasanya pahit dan pedas seperti daun mint, memiliki sifat sebagai astrigen dan menyejukan. Tapak liman memiliki fungsi untuk mengatasi gangguan ginjal sebagai peredam dari demam (anti piretik), atibiotik, anti radang, peluruh kencing (diuretik), menghilangkan bengkak, dan sebagai penawar racun (detoksisan).

Bagian dari tumbuhan herbal ini yang dapat digunakan sebagai obat adalah daun, bunga dan akar tapak liman.

Bagian daun yang mengandung unsur senyawa alamiah seperti elephantopin, deoxy-elephantopin, isodeoxy-elephant pin, 11-13 dihydro-dioxy-elephant pin, elephantin, epifriedelinol, stigma sterol, draconian 1-ol, lupeol, lupeol acetat. Bunganya mengandung flavoinoda lute Olin 7, glucosidal dan bagian akarnya mengandung epiprielinol, lupeol, stigmasterin.

  1. Pegagan

Pegagan merupakan tanaman yang memiliki daun hijau rasanya manis, menyejukan. Memiliki khasiat yang cukup baik bagi tubuh, terutama untuk mengatasi segala gangguan ginjal.

Pegagan memiliki sifat tonik, anti-infeksi, anti-toksik, meluruhkan kemih/air seni (diuretik ringan), membersihkan darah dari racun, meredakan demam (antipiretik), sebagai penenang (sedatif), mepercepat penyembuhan luka dan millenrian pembuluh darah tepi (vasodilator perifer).

Tanaman herbal pegagan memiliki komponen senyawa kimia lamiah yang dimiliki seperti asiaticoside, thankuniside, isothankuniside, brahmoside, brahmin side, brahmic acid, madasiatic acis, hydrocotyline, mesoinositol, centellose, carotenoids. Garam mineral ( seperti garam kalium, natrium, magnesium, kalsium, besi), zat pahit vellarine dan zat samak.

Apa Itu RENALCARE?

Obat Penyakit Ginjal RenalCare, Produk PT. Autoimun Care Indonesia (PT. AICI) merupakan Formula Herbal yang diciptakan dengan teknologi canggih yaitu Autofermentasi Nanotechnology yang dikhususkan untuk mengatasi berbagai penyakit yang berhubungan dengan Organ Ginjal.
Formula Herbal Obat Penyakit Ginjal RenalCare yang kami produksi ini terbuat dari bahan 100% Herbal Alami dengan kualitas terbaik dan kami pastikan 0% bahan kimia, sehingga tidak ada efek samping jika Anda mengkonsumsinya.