skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Penyakit Ginjal : Penyebab, Gejala Dan Pengobatan

Penyakit Ginjal : Penyebab, Gejala Dan Pengobatan

Penyakit Ginjal : Penyebab, Gejala Dan Pengobatan – Gagal ginjal kronik (CRF) atau penyakit ginjal tahap akhir adalah gangguan fungsi ginjal yang menahun bersifat progresif dan irreversibel. Dimana kemampuan tubuh gagal untuk mempertahankan metabolisme dan keseimbangan cairan dan elektrolit, menyebabkan uremia (retensi urea dan sampah nitrogen lain dalam darah).

Dua pendekatan teoritis yang biasanya diajukan untuk menjelaskan gangguan fungsi ginjal pada gagal ginjal kronik tahap akhir, yaitu:

  1. Sudut pandang tradisional

Mengatakan bahwa semua unit nefron telah terserang penyakit namun dalam stadium yang berbeda-beda, dan bagian spesifik dari nefron yang berkaitan dengan fungsi –fungsi tertentu dapat saja benar-benar rusak atau berubah strukturnya, misalnya lesi organic pada medulla akan merusak susunan anatomic dari lengkung henle.

  1. Pendekatan hipotesis bricker atau hipotesis nefron yang utuh

Berpendapat bahwa bila nefron terserang penyakit maka seluruh unitnya akan hancur, namun sisa nefron yang masih utuh tetap bekerja normal. Uremia akan timbul bila jumlah nefron yang sudah sedemikian berkurang sehingga keseimbangan cairan dan elektrolit tidak dapat dipertahankan lagi.

Penyebab Penyakit Ginjal Kronik

Dua penyebab utama dari penyakit ginjal kronik diabetes dan tekanan darah tinggi, yang bertanggung jawab pada 2/3 kasus. Diabetes terjadi ketika gula darah Anda terlalu tinggi, menyebabkan kerusakan pada banyak organ dalam tubuh Anda, termasuk ginjal dan jantung, serta pembuluh darah, saraf dan mata.

Tekanan darah tinggi, atau hipertensi, terjadi ketika tekanan darah Anda terhadap dinding pembuluh darah meningkat. Jika tidak terkontrol, atau kurang terkontrol, tekanan darah tinggi bisa menjadi penyebab utama serangan jantung, stroke dan penyakit ginjal kronik. Penyakit ginjal kronik juga dapat menyebabkan tekanan darah tinggi.

Kondisi lain yang mempengaruhi ginjal adalah:

  • Glomerulonefritis, sekelompok penyakit yang menyebabkan peradangan dan kerusakan pada unit penyaringan ginjal. Gangguan ini adalah jenis ketiga yang paling umum dari penyakit ginjal.
  • Penyakit turunan, seperti penyakit ginjal polikistik, yang menyebabkan kista besar terbentuk di ginjal dan merusak jaringan di sekitarnya.
  • Malformasi yang terjadi saat bayi berkembang di dalam rahim ibunya. Misalnya, penyempitan dapat terjadi dan mencegah aliran normal urin serta menyebabkan urin mengalir kembali ke ginjal. Hal ini menyebabkan infeksi dan dapat merusak ginjal.
  • Lupus dan penyakit lain yang mempengaruhi sistem kekebalan tubuh.
  • Penghalang yang disebabkan oleh masalah seperti batu ginjal, tumor atau pembesaran kelenjar prostat pada pria.
  • Infeksi saluran kencing berulang.

Gejala Penyakit Ginjal Kronik

Kebanyakan orang mungkin tidak memiliki gejala yang parah hingga penyakit ginjal mereka berkembang lebih parah. Namun, Anda mungkin akan menyadari beberapa hal berikut:

  • Merasa lebih lelah dan memiliki lebih sedikit energi
  • Memiliki kesulitan dalam berkonsentrasi
  • Memiliki nafsu makan yang buruk
  • Mengalami kesulitan tidur
  • Mengalami kram otot di malam hari
  • Pembengkakan pada kaki dan pergelangan kaki
  • Bengkak di sekitar mata anda, terutama di pagi hari
  • Memiliki kulit kering, gatal dan mudah mengalami iritasi
  • Lebih sering buang air kecil, terutama pada malam hari.

Pengobatan Penyakit Ginjal Kronik

Perubahan yang terjadi dalam sirkulasi tubuh membuat pengidap penyakit ginjal kronis menjadi lebih berisiko menderita stroke atau penyakit jantung. Pada penderita gagal ginjal stadium akhir (End-Stage Renal Disease/ESRD) harus dilakukan cuci darah atau transplantasi ginjal untuk menggantikan fungsi ginjal yang telah rusak.

Apa Itu RENALCARE?

Obat Penyakit Ginjal RenalCare, Produk PT. Autoimun Care Indonesia (PT. AICI) merupakan Formula Herbal yang diciptakan dengan teknologi canggih yaitu Autofermentasi Nanotechnology yang dikhususkan untuk mengatasi berbagai penyakit yang berhubungan dengan Organ Ginjal.
Formula Herbal Obat Penyakit Ginjal RenalCare yang kami produksi ini terbuat dari bahan 100% Herbal Alami dengan kualitas terbaik dan kami pastikan 0% bahan kimia, sehingga tidak ada efek samping jika Anda mengkonsumsinya.