skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Penjelasan Penyebab Penyakit Ginjal

Penjelasan Penyebab Penyakit Ginjal

Penyakit ginjal merupakan salah satu kondisi pada ginjal yang menyebabkan kemampuan serta fungsi dalam menyaring racun, zat sisa dan juga cairan berlebih yang berasal dari darah hilang dengan perlahan. Karena organ ginjal bisa dengan mudah beradaptasi pada gangguan di fungsinya, tanda gejala Penyakit ginjal biasanya baru akan muncul setelah kondisi penyakitnya semakin parah.

Penyakit ginjal disebut sebagai silent disease. Dan banyak dari pasien yang melakukan pemeriksaan ke dokter dan dokter menyarankan mereka untuk melakukan cuci darah. padahal selama ini mereka merasa tidak merasakan tanda gejala atau keluhan apapun.

Bahkan ada yang juga memeriksakan ke dokter yang lain karena merasa tidak yakin dengan diagnosis yang dilakukan dokter pertama.

Penyebab Penyakit Ginjal

Tidak ada sebab tanpa akibat. Begitupun dengan penyakit, tidak ada ciri-ciri penyakit ginjal jika tidak ada penyebabnya.

Berikut akan diuraikan penyebab-penyebab penyakit ginjal yang wajib anda ketahui.

  1. Adanya Gangguan pada Sistem Auto Imun

Sistem imun atau sistem kekebalan tubuh memiliki fungsi untuk menjaga tubuh dari serangan-serangan bakteri ataupun virus yang bisa menganggu kesehatan tubuh. Sedangkan kondisi auto imun terjadi ketika sistem imun malah merusak dan menganggu kinerja organ tubuh. Dengan kata lain sistem imun malah berbalik menyerang tubuh. Kondisi yang demikian terjadi pada penderita penyakit Lupus dan HIV/AIDS. Kedua penderita penyakit tersebut akan otomatis menderita penyakit ginjal. Pada penderita lupus dan HIV/AIDS sistem imum akan menyerang organ ginjal dan membuatnya tidak bisa bekerja sebagaimana fungsinya.

  1. Adanya Infeksi pada Ginjal

Infeksi terjadi pada saat bakteri dan virus berhasil masuk kedalam tubuh. Virus dan bakteri kemudian menginfeksi ginjal dan membuat terjadinya peradangan pada ginjal. Infeksi ini dapat berasal dari leptospira atau bakteri yang berada pada kencing tikus. Infeksi leptospira akan membuat kapsul ginjal mengalami peregangan dan pembengkakan. Akibatnya seseorang yang tekena infeksi ginjal akan mengalami nyeri yang luar biasa serta dibarengi dengan demam yang tinggi.

  1. Terjadinya Inflamasi pada Filter Ginjal

Kerusakan pada sistem penyaringan atau filter ginjal akan menyebabkan penyakit nefritis glomerulus. Penyakit ini akan menyebabkan terjadinya peradangan pada ginjal. Akibatnya ginjal tidak memiliki kemampuan untuk menyaring urin dan kotoran. Sehingga kotoran dan limbah akan menumpuk didalam tubuh.

  1. Penggunaan Obat-obatan Terlarang

Mengkonsumsi obat-obatan terlarang dalam jangka waktu yang lama akan membuat ginjal bekerja ekstra keras. Hal ini tentunya akan membebani kinerja ginjal. Kemampuan ginjal akan terus menurun karena dipaksa untuk teris berkerja dalam durasi waktu yang lama. Menurunnya kemampuan ginjal akan berakibat pada timbulnya penyakit ginjal.

  1. Komplikasi dari Penyakit Kronis

Penyakit seperti Hepatitis B, diabetes, dan hipertensi akan mengakibatkan komplikasi dan berujung pada terganggunya fungsi ginjal. Komplikasi tersebut terjadi akibat dari beratnya kerja ginjal. Sehingga lama kelamaan ginjal akan mengalami kerusakan dan tidak bisa menjalankan fungsi sebagaimana mestinya.

  1. Terbentuknya Batu Ginjal

Batu ginjal tebentuk dari urine yang mengalami pengkristalan. Batu ginjal menyebabkan penyumbatan pada saluran kencing. Akibatnya akan menimbulkan perasaan nyeri dan timbulnya rasa sakit. Hal ini disebabkan karena aliran urin terhenti akibat adanya batu ginjal yang menghambat. Kondisi demikian menyebabkan pembengkakan pada kandung kemih.

Gejala Sakit Ginjal

Beberapa gejala yang mungkin timbul pada orang yang sedang mengalami sakit ginjal:

  1. Nafsu makan berkurang

Kondisi perut yang bermasalah dan kurang nyaman, membuat penderita ginjal menurun nafsu makannya. Hal ini membuat berat badan dari penderita ginjal akan menurun.

  1. Kencing berdarah

Tanda seseorang terkena Penyakit ginjal hematuria adalah urin yang dikeluarkan dapat bercampur dengan darah. Hal ini terjadi karena kondisi filter ginjal yang tidak maksimal fungsinya, ginjal tidak mampu untuk menyaring urin yang dikeluarkan melalui ginjal. Darah di dalam tubuh bisa keluar saat kencing karena fungsi filter ginjal yang bermasalah.

  1. Mual

Penderita ginjal beresko mengalami gejala mual, penyebabnya terjadi penumpukan cairan di dalam perut. Saa perut penuh dengan cairan, lambung menjadi tertekan, akhirnya menimbulkan rasa mual.

  1. Tubuh mengalami bengkak

Penumpukan cairan hasil sisa metabolisme yang tidak bisa dikeluarkan, bisa beresiko buruk bagi penderita Penyakit ginjal , berupa bagian tubuh mengalami bengkak.

dimana tubuh penderita Penyakit ginjal akan mengalami seperti menggembung, karena adanya penumpukan cairan di dalam tubuh. Bagian tubuh yang umumnya mengalami bengkak yaitu tangan, kaki dan perut.

Penumpukan cairan di dalam tubuh, juga bisa menyebabkan penderita merasakan perut kembung dan perut terasa tidak nyaman.

Apa Itu RENALCARE?

Obat Penyakit Ginjal RenalCare, Produk PT. Autoimun Care Indonesia (PT. AICI) merupakan Formula Herbal yang diciptakan dengan teknologi canggih yaitu Autofermentasi Nanotechnology yang dikhususkan untuk mengatasi berbagai penyakit yang berhubungan dengan Organ Ginjal.
Formula Herbal Obat Penyakit Ginjal RenalCare yang kami produksi ini terbuat dari bahan 100% Herbal Alami dengan kualitas terbaik dan kami pastikan 0% bahan kimia, sehingga tidak ada efek samping jika Anda mengkonsumsinya.