skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Indikasi Bahwa Penyakit Ginjal Anda Parah

Indikasi Bahwa Penyakit Ginjal Anda Parah

Indikasi Bahwa Penyakit Ginjal Anda Parah – Ginjal merupakan organ berpasangan. Beratnya ± 125 gr, terletak pada posisi disebelah lateral vertebralis torakalis bawah, beberapa cm dsebelak kanan dan kiri garis tengah. Organ ini terbungkus oleh jaringan ikat tipis disebut kapsula renis. Disebelah anterior dipisahkan kavum abdomen dan isinya oleh lapisan peritoneum.

Disebelah posterior dilindungi oleh dinding toraks bawah. Darah dialirkan kedalam setiap ginjal melalui arteri renalis dan keluar dari dalam ginjal melalui vena renalis. Arteri renalis berasal dari aorta abdominalis dan vena renalis membawa darah kembali kedalam vena kava inverior. Urin terbentuk dalam unit-unit fungsional ginjal dalam nefron.

Ginjal terdiri dari bagian external (korteks), bagian internal (medulla), setiap ginjal terdiri dari ± 1 juta nefron. Fungsi nefron adalah proses pembentuka urin dimulai dari darah mengalir lewat glomerulus. Glomerulus yang merupakan struktur awal nefron (tersusun atas jonjot-jonjot kapiler) mendapat darah lewat vasa aferen dan mengalir balik lewat fasa eferen.

Ketika darah berjalan melewati struktur ini, filtrasi terjadi (air dan molekul-molekul kecil akan dibiarkan lewat, molekul besar tetap bertahan dalam aliran darah) cairan (filtrate) disaring lewat dinding jonjot-jonjot kapiler glomerulus dan memasuki tubulus ± 20% plasma lewat glomerulus disaring dalam nefron dengan jumlah sekitar 180 liter flitrat/hari.

Penyakit ginjal merupakan penyakit yang berbahaya. Karena ginjal berfungsi untuk menyaring semua bahan sisa dan kotoran dari dalam darah Anda yang akan dikeluarkan dalam bentuk urin. Ketika Penyakit ginjal kronis mencapai tahap lanjut, maka kadar dari cairan, elektrolit, dan bahan sisa yang berbahaya bisa menumpuk di dalam tubuh Anda.

Penyebab Penyakit Ginjal

Penyakit ginjal ini dapat disebabkan oleh:

  1. Tekanan darah tinggi (hipertensi)

Tekanan darah tinggi juga akan menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah yang tidak terkontrol, yang dapat menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah ginjal juga.

Tekanan darah juga sering meningkat akibat Penyakit ginjal kronis, dan tekanan darah yang sangat tinggi dapat merusak fungsi ginjal, sehingga tekanan darah tinggi dan kerusakan ginjal saling membuat hubungan sebab-akibat.

  1. Terlalu Banyak Racun Dalam Tubuh

Racun dan bahan kimia yang terlalu banyak di dalam tubuh akan memperberat kinerja ginjal dalam membuangnya. Mengkonsumsi terlalu banyak bahan kimia dalam waktu yang lama bisa mengantarkan Anda pada kondisi ini.

Kondisi lain yang dapat merusak ginjal dan menyebabkan Penyakit ginjal kronis meliputi:

– Penggunaan jangka panjang obat-obatan yang dapat merusak ginjal. Contohnya meliputi obat nonsteroidal anti-inflammatory (NSAID), seperti celecoxib dan ibuprofen, dan antibiotik tertentu.

– Penyakit ginjal dan infeksi, seperti Penyakit ginjal polikistik, pielonefritis, glomerulonefritis, atau masalah ginjal kongenital (bawaan lahir).

– Arteri renalis (pembuluh darah yang menyuplai ginjal) menyempit atau tersumbat.

Penyakit Ginjal Yang Parah

Komplikasi yang dapat timbul ketika penyakit ginjal dalam keadaan parah adalah:

  1. Serangan jantung

Ginjal tidak bekerja sebagaimana mestinya sehingga racun dan kelebihan cairan yang seharusnya dibuang menjadi tertimbun di dalam tubuh. Cairan ini dapat tertimbun secara berlebihan di jantung. Peningkatan cairan membuat jantung bekerja secara berlebihan dan menyebabkan kerusakan pada jantung.

Peningkatan cairan pada jantung akibat kerusakan fungsi ginjal juga dapat menyebabkan kemampuan tubuh mengontrol kadar potasium berkurang sehingga meningkatkan resiko serangan jantung.

  1. Lemah syahwat

Lemah syahwat adalah ketidakmampuan pada pria untuk mencapai ereksi dan mempertahankan ereksi yang diperlukan untuk melakukan hubungan seksual dengan pasangan. Penyakit ginjal dapat mengganggu sistem endoktron yang menyebabkan berkurangnya produksi testosteron. Hormon ini adalah hormon perangsang terbentuknya sperma dan sebagai fungsi seksual.

  1. Osteodistrofi renal

Osteodistrofi renal adalah kelainan tulang akibat gangguan metabolisme mineral. Hal ini disebabkan karena ginjal penyakit mempertahankan keseimbangan kadar kalsium dan fosfat dalam darah. Dalam keadaan normal, ginjal membentuk vitamin D yang membantu menyerap kalsium. Jika ginjal mengalami kerusakan, maka kadar vitamin D akan menurun dan penyerapan kalsium juga rendah.

Akibatnya, hormon paratiroid yang berfungsi mengambil kalsium dari tulang akan terus mengambilnya tanpa ada yang menggantikannya. Hormon paratiroid berfungsi untuk menjaga supaya tulang tidak kelebihan kalsium.

Penangan Penyakit Ginjal

Dialisis atau dikenal dengan nama cuci darah adalah suatu metode terapi yang bertujuan untuk menggantikan fungsi/kerja ginjal yaitu membuang zat-zat sisa dan kelebihan cairan dari tubuh.

Terapi ini dilakukan apabila fungsi kerja ginjal sudah sangat menurun (lebih dari 90%) sehingga tidak lagi mampu untuk menjaga kelangsungan hidup individu, maka perlu dilakukan terapi. Selama ini dikenal ada 2 jenis dialisis:

  1. Dialisis Peritoneal (cuci darah melalui perut)

Terapi kedua adalah dialisis peritoneal untuk metode cuci darah dengan bantuan membran peritoneum (selaput rongga perut). Jadi, darah tidak perlu dikeluarkan dari tubuh untuk dibersihkan dan disaring oleh mesin dialisis.

  1. Hemodialisis (cuci darah dengan mesin dialiser)

Hemodialisis atau HD adalah dialisis dengan menggunakan mesin dialiser yang berfungsi sebagai ginjal buatan. Pada prose ini, darah dipompa keluar dari tubuh, masuk kedalam mesin dialiser.

Di dalam mesin dialiser, darah dibersihkan dari zat-zat racun melalui proses difusi dan ultrafiltrasi oleh dialisat (suatu cairan khusus untuk dialisis), lalu setelah darah selesai dibersihkan, darah dialirkan kembali kedalam tubuh. Proses ini dilakukan 1-3 kali seminggu di rumah sakit dan setiap kalinya membutuhkan waktu sekitar 2-4 jam.

Apa Itu RENALCARE?

Obat Penyakit Ginjal RenalCare, Produk PT. Autoimun Care Indonesia (PT. AICI) merupakan Formula Herbal yang diciptakan dengan teknologi canggih yaitu Autofermentasi Nanotechnology yang dikhususkan untuk mengatasi berbagai penyakit yang berhubungan dengan Organ Ginjal.
Formula Herbal Obat Penyakit Ginjal RenalCare yang kami produksi ini terbuat dari bahan 100% Herbal Alami dengan kualitas terbaik dan kami pastikan 0% bahan kimia, sehingga tidak ada efek samping jika Anda mengkonsumsinya.