skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Penyebab Penyakit Ginjal Dan Penanganannya

Penyebab Penyakit Ginjal Dan Penanganannya

Penyakit ginjal merupakan kondisi kesehatan yang sangat serius, namun dapat dimulai dengan gejala yang ringan, samar-samar sehingga sering tidak terdeteksi, namun perlahan tapai pasti Penyakit ginjal ini akan memberat dari waktu ke waktu.

Biasanya, kebanyakan pasien yang menderita Penyakit ginjal telah hidup dengan Penyakit ginjal selama beberapa waktu, sebelum ciri-ciri Penyakit ginjal muncul. Ginjal yang sehat adalah faktor penting yang menentukan umur panjang seseorang, sehingga mencermati setiap gejala dan tanda yang menunjukkan Penyakit ginjal adalah kunci utama untuk mencari pengobatan dini.

Penyebab Infeksi Penyakit Ginjal

Beberapa hal yang menjadikan seseorang terinfeksi penyakit ginjal yaitu:

  1. Hipertensi

Sesuatu yang berlebihan tidak akan memberi kebaikan, apalagi menyangkut tekanan darah. Tekanan darah yang terlampau melebihi batas normal menjadi salah satu penyebab gagal ginjal.

  1. Penurunan Suplai Darah

Penyebab Penyakit ginjal yang pertama adalah menurunnya pasokan darah menuju organ ginjal akibat faktor tertentu. Ketika suplai darah tidak mencukupi, ginjal tidak bisa berfungsi secara optimal seperti seharusnya.

  1. Kelainan Genetika

Tidak ada manusia yang ingin terlahir dengan suatu kelainan pada genetika maupun fisiknya. Namun, ketika hal ini terjadi pada Anda, ada kemungkinan bagi Anda untuk menderita suatu kelainan maupun penyakit, salah satunya adalah – gagal ginjal.

  1. Terlalu Banyak Racun Dalam Tubuh

Racun dan bahan kimia yang terlalu banyak di dalam tubuh akan memperberat kinerja ginjal dalam membuangnya. Mengkonsumsi terlalu banyak bahan kimia dalam waktu yang lama bisa mengantarkan Anda pada kondisi ini.

  1. Penyakit Diabetes

Kandungan gula yang terlalu banyak dalam aliran darah membuat alirannya sedikit terhambat. Aliran darah yang tidak optimal akan menghambat kinerja organ ginjal.

Gejala Penyakit Ginjal Yang Parah

Gejala yang mungkin terjadi saat penyakit ginjal menjadi parah yaitu:

  1. Sulit bernafas

Ciri lain dari penyakit ginjal yang parah adalah penderita akan sulit bernafas atau merasakan sesak nafas. Penyebab penderita ginjal menjadi sulit bernafas dikarenakan penumpukan cairan di dalam tubuh. Ginjal memiliki fungsi untuk membuang cairan sisa metabolisme berupa urin. Karena fungsinya terganggu, cairan hasil sisa metabolisme tersebut tidak keluar semuanya sehingga cairan itu akan menumpuk di dalam tubuh.

Penumpukan cairan di paru-paru itulah yang membuat penderita ginjal sulit bernafas. Seharusnya organ paru-paru berisi udara, namun pada penderita ginjal paru-paru justru berisi cairan sisa metabolisme. Jika cairan memenuhi rongga paru-paru akibatnya penderita ginjal akan mengalami sesak nafas yang akut.

  1. Anemia

Paru-paru adalah organ yang membutuhkan oksigen. Jika pasokan oksigen yang masuk ke dalam tubuh berkurang gara-gara kinerja paru-paru yang terganggu bisa membuat penderita ginjal mengalami anemia. Sel darah merah akan berkurang sebab pasokan oksigen yang sedikit di dalam tubuh.

  1. Memiliki nafas pendek-pendek

Pada manusia normal menghirup udara dan mengeluarkan udara di dalam tubuhnya bisa dengan jangka waktu sekitar 3 detik. Namun pada penderita ginjal, menghirup udara dan mengelurakan udara membutuhkan waktu kurang dari 3 detik sehingga dia cenderung memiliki nafas yang pendek-pendek.

  1. Osteoporosis

Orang yang menderita sakit ginjal bisa terkena penyakit tulang seperti osteoporosis. Hal itu dikarenakan pada penderita ginjal, asupan vitamin D cenderung berkurang dikarenakan penderita ginjal tidak bisa mendapatkan asupan vitamin D dari makanan atau sinar matahari. Ketika kekurangan vitamin D, penderita ginjal akan mengalami penyakit tulang.

  1. Sakit di sekitar pinggang

Orang yang menderita penyakit ginjal akan merasakan sakit pinggang meski tidak beraktivitas menggunakan otot. Ciri satu ini sudah sering dibahas di forum kesehatan dan masyarakat sudah mengetahui ciri penyakit ginjal yang satu ini. Sayangnya masih banyak masyarakat yang tidak tahu mana sakit pinggang yang disebabkan oleh penyakit ginjal dan mana yang merupakan sakit pinggang biasa.

Penyebab sakit pinggang dan rasa nyeri bisa muncul karena batu ginjal yang terjebak di saluran kemih atau ureter. Batu ginjal tersebutlah yang menyebabkan rasa nyeri berada di pinggang. Pada batu ginjal yang ukurannya semakin membesar, rasa nyeri pada pinggang akan sering terasa. Sakit pinggang sering kambuh dan hilangnya bisa berhari-hari atau berminggu-minggu.

  1. Nyeri saat berkemih

Orang yang terkena batu ginjal akan merasakan sakit ketika berkemih atau buang air kecil, hal itu dikarenakan saat saluran kemih digunakan berkemih batu ginjal akan menekan saluran kemih tersebut sehingga rasa nyeri akan muncul atau timbul.

  1. Hormon terganggu

Orang yang menderita sakit ginjal akan memiliki ginjal yang tidak berfungsi sehingga kinerja ginjal tidak maksimal. Ginjal memiliki fungsi untuk memproduksi hormon. Fungsi ginjal yang menurun bisa membuat gangguan hormon. Gangguan hormon itu bisa mengakibatkan hormon pembuat tekanan di dalam darah meningkat sedangkan hormon-hormon lainnya menurun.

Penangan Penyakit Ginjal

Beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk menangani penyakit ginjal ini yaitu:

  1. Operasi

Operasi merupakan salah satu metode pengobatan yang efektif untuk penderita kanker ginjal. Dalam melakukan operasi kanker ginjal terdapat beberapa cara, yaitu nephrectomy radikal, nephrectomy parsial dan sebagainya.

Jika kondisi dari pasien sangat memungkinkan, Exemu maka pengobatan dengan nephrectomy radikal adalah metode yang terbaik untuk menjalani pengobatan.

  1. Obat Pereda Nyeri

Untuk meredakan rasa sakit dan demam yang muncul akibat infeksi ginjal, dokter biasanya akan merekomendasikan paracetamol. Obat pereda rasa sakit golongan antiinflamasi nonsteroid (NSAIDs), seperti ibuprofen, aspirin, atau naproxen, tidak disarankan untuk digunakan pada kondisi ini karena dapat memperparah gangguan ginjal.

Untuk membantu mempercepat pemulihan, lakukanlah beberapa cara berikut ini di rumah:

– Konsumsilah banyak cairan untuk membuang bakteri dari ginjal, serta untuk menghindari dehidrasi.

– Gunakan bantal hangat pada perut, punggung, atau tubuh bagian samping.

– Pada wanita, tidak buang air kecil dalam posisi jongkok, melainkan dalam posisi duduk di atas toilet, sehingga pengosongan kandung kemih lebih baik.

Apa Itu RENALCARE?

Obat Penyakit Ginjal RenalCare, Produk PT. Autoimun Care Indonesia (PT. AICI) merupakan Formula Herbal yang diciptakan dengan teknologi canggih yaitu Autofermentasi Nanotechnology yang dikhususkan untuk mengatasi berbagai penyakit yang berhubungan dengan Organ Ginjal.
Formula Herbal Obat Penyakit Ginjal RenalCare yang kami produksi ini terbuat dari bahan 100% Herbal Alami dengan kualitas terbaik dan kami pastikan 0% bahan kimia, sehingga tidak ada efek samping jika Anda mengkonsumsinya.