skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Pengertian Gejala Dan Pengobatan Penyakit Hemangioma!

Pengertian Gejala Dan Pengobatan Penyakit Hemangioma!

Hemangioma adalah pertumbuhan abnormal pembuluh darah yang berlebihan sehingga membentuk tumor pembuluh darah yang terdapat pada kulit atau organ internal, terutama hati.

Sebagian besar kasus, hemangioma ditemukan saat lahir sehingga sering disebut sebagai tanda lahir stroberi karena bentuknya yang menonjol kemerahan dan elastis pada kulit. Sebagian lainnya berkembang pada bulan-bulan awal kehidupan.

Hemangioma pada hati jarang menimbulkan gejala. Biasanya, kondisi ini hanya ditemukan tidak sengaja “temuan insidental.” saat dilakukan medical check up. Hemangioma pada kulit, terdapat pada bayi baru lahir yang terus membesar seiring bertambahnya usia.

Namun ada batasan tertentu, ketika sudah mencapai batas, maka biasanya akan berangsur menyusut dan umumnya akan menghilang pada usia 10 tahun.

Hemangioma biasanya berukuran kecil, tetapi pada beberapa kasus dapat tumbuh besar, atau menimbulkan kelainan pada kulit sehingga membutuhkan tindakan untuk menghilangkannya. Sayangnya, tidak ada cara yang dapat mencegah pertumbuhan hemangioma pada kulit ataupun organ dalam.

Kelainan ini dapat terlihat pada saat lahir, tetapi lebih sering muncul selama beberapa bulan pertama kehidupan. Ini dimulai sebagai tanda merah datar di mana saja pada tubuh, paling sering pada wajah, kulit kepala, dada atau punggung. Biasanya anak hanya memiliki satu tanda. Beberapa anak mungkin memiliki lebih dari satu.

Selama tahun pertama, tanda merah tumbuh pesat dan menjadi massa yang menonjol dari kulit. hemangioma kemudian memasuki fase istirahat dan, akhirnya, ia mulai perlahan-lahan menghilang.

Hemangioma kulit biasanya tampak seperti bercak atau benjolan kecil berwarna merah. Ketika tumbuh semakin besar, penampakannya mirip dengan tanda lahir berwarna merah. Kondisi ini terkadang disebut sebagai hemangioma stroberi, karena berwarna merah terang. Jenis ini lebih banyak ditemukan pada leher atau wajah.

Hemangioma pada kulit ini biasanya tidak menimbulkan masalah kesehatan atau gejala sejak kemunculannya. Namun, dapat menyebabkan beberapa gejala jika tumbuh besar, jika ada beberapa hemangioma, atau jika tumbuh di daerah yang sensitif, misalnya di sekitar mata.

Tes Untuk Penyakit Hemangioma

Tidak ada tes khusus yang digunakan untuk mendiagnosa hemangioma kulit. Dokter dapat mendiagnosa dengan melihat selama pemeriksaan fisik. Hemangioma pada organ biasanya terlihat selama tes pencitraan, seperti USG, MRI, atau CT scan, dan biasanya terdeteksi sebagai temuan insidental.

Cara Mengatasi Hemangioma Pada Bayi Dengan Cara Bedah

Hemangioma kecenderungan untuk menghilang seiringnya jangka, sehingga doktor umumnya tidak membutuhkan perawatan sebab dpt memberikan efek samping pada kulit. Namun, bilamana hemangioma mulai memengaruhi pandangan atau potensi dalam berkegiatan, doktor dpt memberikan beberapa perawatan:

Theraphy scara konservatif yaitu dimana secara tradisionalah hemangioma mengalami perobahan dalam bulan-bulan pertama, lantas menggapai besar maksimum dan sesudah itu berlangsung regresi (penurunan dan penciutan) otomatis sekitar umur 12 bulan. Hemangioma terus mengalami regresi mencapai umur 5 thn.

Metode Bedah

Perawatan dengan aksi bedah sudah banyak meningkat, beberapa diantaranya:

– Eksisi

– Laser

– Bedah krio dan sklerotheraphy

Metode bedah dilaksanakan bilamana berlangsung indikasi: terdapat ciri–ciri perkembangan yang teramat cepat, misalnya dalam beberapa pekan lesi menjadi 3 mencapai 4 kali lebih besar.

Hemangioma yang besar dengan trombositopenia. Tidak ada regresi otomatis, misalnya tidak berlangsung pengecilan sesudah 6-7 thn.

– Laser

Pemakaian laser sudah banyak dipakai untuk merawat hemangioma. Aksi bedah memakai argon laser sudah ditersentuhl dalam memberikan hasil yang lebih bagus.

– Bedah krio

Perawatan dengan bedah krio ialah aplikasi dingin dengan memakai nitrogen cair.

– Eksisi

Eksisi umumnya jarang dilaksanakan sebab hemangioma kecenderungan untuk mengeluarkan darah. Eksisi dilaksanakan dengan cara digabungkan dengan sklerotheraphy untuk mengecilkan pendarahan tsb.