skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Pengertian Gejala Dan Penyebab Penyakit Hepatitis A!

Pengertian Gejala dan Penyebab Penyakit Hepatitis A!

Hepatitis A adalah suatu penyakit yang menyerang fungsi organ hati atau lever. Penyakit ini akan merusak metabolisme tubuh karena lever tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Penyebab hepatitis A adalah virus hepatitis tipe A.

Virus hepatitis yang menyerang hati dapat menyebabkan peradangan dan infiltrat pada hepatocytes oleh sel mononukleus. Proses ini menyebabkan degenerasi dan nekrosis sel parenchym hati.

Respon peradangan menyebabkan pembengkakan dalam memblokir sistem drainage hati, sehingga terjadi destruksi pada sel hati.

5 kategori virus yang menjadi agen penyebab yaitu Virus Hepatitis A (HAV), Virus Hepatitis B (HBV), Virus Hepatitis C (HVC), Virus Hepatitis D (HDV), Virus Hepatitis E (HEV).

Walaupun kelima agen ini dapat dibedakan melalui petanda antigeniknya, tetapi kesemuanya memberikan gambaran klinis yang mirip, yang dapat bervariasi dari keadaan sub klinis tanpa gejala hingga keadaan infeksi akut yang total.

Penyebab tersebut adalah beberapa jenis virus yang menyerang dan menyebabkan peradangan dan kerusakan pada sel-sel dan fungsi organ hati.

Hepatitis memiliki hubungan yang sangat erat dengan penyakit gangguan fungsi hati. Hepatitis banyak digunakan sebagai penyakit yang masuk ke semua jenis penyakit peradangan pada hati (liver). Banyak hal yang menyebabkan hepatitis itu dapat terjadi yang tidak hanya dikarenakan adanya infeksi virus dari suatu sumber tertentu.

Penyebab hepatitis juga dapat berasal dari jenis obat-obatan tertentu, jenis makanan tertentu atau bahkan pada hubungan seksual yang salah satu dari pasangan memiliki penyakit hepatitis.

Penyakit hepatitis A disebabkan oleh infeksi virus. virus yang menyebabkan penyakit hepatitis A mudah ditemui pada makanan atau pun dari minuman, biasanya dari jenis makanan yang kurang higienis atau dalam proses pembuatannya tidak perhatikan dengan baik kebersihan bahan makanan tersebut sehingga hal ini mengakibatkan penyakit hepatitis A.

Penularan untuk penyakit hepatitis A bisa dari kontak dengan berhubungan seks, jarum suntik, melakukan hubungan seks pria dengan pria,atau sering berada di lingkungan yang kotor seperti selokan.

Gejala Hepatitis A biasanya ringan, dan bahkan banyak yang terinfeksi tapi mungkin tidak menyadari bahwa mereka sedang sakit.

Gejala Hepatitis A akut seperti telah disebutkan diatas yakni demam, lemah, tidak nafsu makan, mual muntah, dan kulit, mata serta air seni menjadi kuning. Virus heatitis A hampir selalu hilang dengan sendirinya dan tidak menyebabkan kerusakan hati jangka panjang, artinya tidak menyebabkan hepatitis kronis.

Hepatitis A sangat menular dan dapat menyebar dari orang ke orang melalui rute fecal-oral (lewat makanan yang tercemar). Makanan dapat tercemar ketika disentuh oleh penderita hepatitis A yang tidak mencuci tangan setelah BAB.

Sehingga sejumlah kecil tinja yang terinfeksi berpindah atau menyebar ke makanan. Jika makanan yang tercemar dimakan orang lain, maka ia dapat tertular. Dengan demikian sangat mudah menyerang orang lain dan dapat mewabah.

Ketika terdapat tanda-tanda dan gejala Hepatitis, maka dokter akan melakukan pemeriksaan darah untuk mendeteksi adanya hepatitis A. Pengobatan bersifat supportif artinya hanya memberi obat-obatan sesuai gejala yang ada, terkadang pasien perlu perawatan di rumah sakit karena kebenyakan mengalami muntah, badan lemah, dan pasien harus istirahat total.

Untuk mengurangi dampak kerusakan pada hati sekaligus mempercepat proses penyembuhan, beberapa langkah penanganan berikut ini akan diberikan saat dirawat di rumah sakit.

  1. Istirahat

Tujuannya untuk memberikan energi yang cukup bagi sistem kekebalan tubuh dalam memerangi infeksi.

  1. Istirahatkan hati

Fungsi hati adalah memetabolisme obat-obat yang sudah dipakai di dalam tubuh. Karena hati sedang mengalami sakit radang, maka obat-obatan yang tidak perlu serta alkohol dan sejenisnya harus dihindari selama sakit.

  1. Anti mual

Salah satu dampak dari infeksi hepatitis A adalah rasa mual, yang mengurangi nafsu makan. Dampak ini harus diatasi karena asupan nutrisi sangat penting dalam proses penyembuhan.

Apa Itu Livercare?

Livercare marupakan Formula Organik produk PT. Autoimun Care Indonesia (PT.AICI) yang di produksi khusus dengan teknologi canggih yaitu Autofermentasi Nanotechnology dan Formula Organik Livercare yang diproduksi adalah hasil terbaik dari berbagai penelitian yang dilakukan oleh Tim Formulator kami selama bertahun-tahun dengan melibatkan berbagai bahan-bahan Organik dengan kualitas terbaik.

Kandungan-kandungan alami yang terkandung dalam Formula Organik Livercare dapat berperan sebagai anti virus yang menyerang Liver seperti Hepatitis A dan Hepatitis B, Anti peradangan yang diakibatkan oleh aktivitas virus, Memperbaiki fungsi organ Liver serta kelenjar Empedu yang berperan sebagai sintesa lemak dalam darah, Mencegah dan mengurangi timbulnya plak dalam pembuluh darah.