skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Penyakit Hepatitis A Apakah Yang Menular?

Penyakit Hepatitis A Apakah Yang Menular?

Penyakit Hepatitis adalah penyakit yang menyerang bagian hati sering desebut juga radang hati. Fungsi utama dari hati atau liver adalah menyaring racun-racun yang ada pada darah. Selain itu, masih ada sekitar 500 fungsi lain dari hati.

Jika seseorang menderita hepatitis, yang merupakan peradangan pada hati atau liver ini, maka hal ini dapat menghancurkan kesehatan orang tersebut secara keseluruhan karena racun tetap mengendap pada darah dan merusak atau mengganggu kerja organ lain. Akibat lainnya adalah hati menolak darah yang mengalir sehingga tekanan darah menjadi tinggi dan pecahnya pembuluh darah.

Rusaknya fungsi hati atau liver ini dapat disebabkan karena seseorang mengkonsumsi alkohol secara berlebihan atau karena termakan racun yang membebani kerja liver dan mengakibatkan fungsi hati menjadi rusak. Tetapi, pada kebanyakan kasus, hepatitis disebabkan oleh virus yang ditularkan penderita hepatitis.

Penyakit Hepatitis A

Virus hepatitis A biasa terdapat pada kotoran penderitanya. Virus dapat hidup pada air atau es batu. Cara penyebaran virus ini adalah karena meminum air yang tercemar VHA.

Bisa juga karena mengkonsumsi makanan yang tidak dimasak dengan benar sehingga virus tetap hidup pada makanan atau karena orang yang mempersiapkan makanan tidak terbiasa cuci tangan dengan benar terlebih dahulu, padahal mungkin saja pada tangannya terdapat virus hepatitis A.

Penyakit Hepatitis A Apakah Yang Menular?

Virus hepatitis A biasanya terdapat pada kotoran si penderita, dan virus ini dapat hidup pada air atau es batu.

Virus ini menyebar karena seseorang meminum air yang tercemar VHA atau mengkonsumsi makanan yang tidak dimasak dengan benar sehingga virus tetap hidup pada makanan atau bisa juga karena orang yang mempersiapkan makanan tidak mencuci tangan dengan benar terlebih dahulu, padahal mungkin saja pada tangannya terdapat virus hepatitis A.

Tidak mencuci tangan sehabis menggunakan toilet juga menyebabkan virus ada pada kotoran manusia ini akhirnya berpindah.

Hepatitis A juga dapat menular melalui mulut (sering melalui makanan dan minuman). Ditandai dengan infeksi kornis tanpa kerusakan dalam jangkat waktu yang lama. Dapat sembuh dan memiliki kekebalan sepanjang hidupnya serta pengobatan dapat diberikan dengan pemberian antibodi dan vaksin hepatitis A.

Penyakit Hepatitis A meski menular namun dapat sembuh dengan sendirinya dalam kurun waktu 1-2 bulan. Sehingga tidak ada pengobatan yang spesifik untuk mengobati hepatitis A. Namun ada banyak cara untuk menghindari dan mencegah penularan dari hepatitis A yang mungkin jarang kita sadari.

Mencegah Hepatitis A

Pencegahan yang bisa dilakukan adalah dengan dorongan teman, saudara dan juga diri sendiri. Cara yang bisa dilakukan adalah:

  1. Buatlah fasilitas toilet yang standar kesehatannya terjaga dan juga sudah ditentukan.
  2. Jika Anda ingin maka sebaiknya menggunaka sendok garpu, gelas dan juga alat makan sendiri dan jangan bersamaan dengan orang lain, setelah makan maka sebaiknya segera bersihkan alat makan Anda.
  3. Dan disaat Anda menggunakan handuk, pasta gigi, serta menggunakan sikat gigi disaat sedang mandi maka pakaialah milik Anda sendiri.
  4. Menjaga kebersihan lingkungan dan paling utama adalah toilet.

Menu Makanan

Berikut ini adalah beberapa makanan dan yang perlu diperhatikan untuk menyehatkan organ hati:

– Sebaiknya pilih sayur-sayuran yang sedikit mengandung serat seperti bayam, wortel, bit, labu siam, kacang panjang muda, buncis muda, daun kangkung dan sebagainya.

– Hindari makanan yang dapat menimbulkan gas, seperti timun, ubi, singkong, kacang merah, kol, sawi, lobak, nangka, durian dan lain-lain.

– Hindari penggunaan kelapa, minyak kelapa, minyak hewan, margarin dan mentega.

– Batasi penggunaan daging hingga 3 kali seminggu, makanlah sering ikan atau ayam tanpa lemak sebagai pengganti.

– Hindari makanan yang telah diawetkan seperti sosis, ikan asin, kornet, dan lain-lain.

– Pilihlah bahan makanan yang kandungan lemaknya tidak banyak seperti daging yang tidak berlemak, ikan segar, ayam tanpa kulit.

– Bumbu-bumbu jangan terlalu merangsang. Salam, laos, kunyit, bawang merah, bawang putih dan ketumbar boleh dipakai tetapi jangan terlalu banyak.

– Hindarkan makanan yang terlalu berlemak seperti daging babi, usus, babat, otak, sum-sum dan santan kental.

Apa Itu Livercare?

Livercare marupakan Formula Organik produk PT. Autoimun Care Indonesia (PT.AICI) yang di produksi khusus dengan teknologi canggih yaitu Autofermentasi Nanotechnology dan Formula Organik Livercare yang diproduksi adalah hasil terbaik dari berbagai penelitian yang dilakukan oleh Tim Formulator kami selama bertahun-tahun dengan melibatkan berbagai bahan-bahan Organik dengan kualitas terbaik.

Kandungan-kandungan alami yang terkandung dalam Formula Organik Livercare dapat berperan sebagai anti virus yang menyerang Liver seperti Hepatitis A dan Hepatitis B, Anti peradangan yang diakibatkan oleh aktivitas virus, Memperbaiki fungsi organ Liver serta kelenjar Empedu yang berperan sebagai sintesa lemak dalam darah, Mencegah dan mengurangi timbulnya plak dalam pembuluh darah.