skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Penyakit Hepatitis A Dan B Adalah …

Penyakit Hepatitis A Dan B Adalah …

Hepatitis virus akut merupakan penyakit infeksi yang penyebarannya luas dalam tubuh walaupun efek yang menyolok terjadi pada hepar. Telah ditemukan 5 kategori virus yang menjadi agen penyebab yaitu Virus Hepatitis A (HAV), Virus Hepatitis B (HBV), Virus Hepatitis C (HVC), Virus Hepatitis D (HDV), Virus Hepatitis E (HEV).

Walaupun kelima agen ini dapat dibedakan melalui petanda antigeniknya, tetapi kesemuanya memberikan gambaran klinis yang mirip, yang dapat bervariasi dari keadaan sub klinis tanpa gejala hingga keadaan infeksi akut yang total.

Bentuk hepatitis yang dikenal adalah HAV ( Hepatitis A ) dan HBV (Hepatitis B). kedua istilah ini lebih disukai daripada istilah lama yaitu hepatitis infeksiosa dan hepatitis serum, sebab kedua penyakit ini dapat ditularkan secara parenteral dan non parenteral.

Penyakit Hepatitis A

Hepatitis A merupakan salah satu jenis penyakit akut yang disebabkan oleh virus hepatitis A. Adapun penularan virus hepatitis A terjadi melalui tinja penderita hepatitis A. Umumnya hepatitis A tidak akan menyebabkan komplikasi yang fatal bagi penderitanya.

Bisa dikatakan bahwa hepatitis A merupakan jenis hepatitis yang paling ringan. Meski demikian tentu siapa saja harus mewaspadai penyakit ini karena penularannya yang sangat mudah terjadi.

Berdasarkan data dari WHO, penderita hepatitis A di dunia mencapai jumlah 1,4 juta jiwa setiap tahunnya.

Sementara itu, di Asia Tenggara jumlah penderita hepatitis A akut mencapai angka 400.000 orang setiap tahunnya dengan angka kematian mencapai 800 jiwa. Kebanyakan penderita hepatitis A adalah anak-anak meskipun tidak menutup kemungkinan orang dewasa juga bisa menderita penyakit ini.

Gejala Penyakit Hepatitis A

Pertama, Anda harus mengetahui bahwa tidak semua penderita memiliki gejala. Gejala dapat terjadi, biasanya pada bulan pertama yang disertai oleh infeksi dan beberapa kondisi yang termasuk:

– Air seni yang berwarna gelap seperti teh,

– Gatal pada seluruh tubuh,

– Sakit kuning atau ikterik, yaitu kulit dan mata yang berwarna kekuningan,

– Buang air besar yang berwarna seperti tanah liat dan pucat seperti dempul.

Penyakit Hepatitis B

Hepatitis B adalah penyakit infeksi yang sering terjadi dan disebabkan oleh virus Hepatitis B. Virus ini menyerang hati, menyebabkan peradangan dan menimbulkan terjadinya gejala penyakit. Infeksi Hepatititis B dapat terjadi secara berkepanjangan/kronis maupun tiba-tiba/akut. Infeksi yang berkepanjangan/kronis dapat menyebabkan pengerasan/sirosis hati dan kerusakan hati yang berat.

Berdasarkan World Health Organization, lebih dari 200 juta orang terkena penyakit ini di seluruh dunia. Di beberapa area di dunia, misalnya Afrika dan Asia, angka infeksi telah tercatat sebesar 10% dari populasi.

Kondisi ini khususnya terjadi pada pasien yang terinfeksi pada usia muda. Mendekati angka 90% pasien yang mendapatkan infeksi selama bayi dan 30-50% pasien yang mendapatkan infeksi sebelum usia 5 tahun akan menjadi Hepatitis B kronis pada usia yang lebih tua. Lebih dari 70% pasien mati karena gejala dan komplikasi infeksi Hepatitis B setiap tahunnya.

Gejala Hepatitis B

Gejala hepatitis B sering kali tidak langsung terasa dan bahkan ada yang sama sekali tidak muncul selama sistem kekebalan tubuh si penderita berjuang melawan virus. Karena itulah banyak orang yang tidak menyadari bahwa dirinya telah terinfeksi. Penularan tetap dapat terjadi selama virus masih ada di dalam tubuh penderita.

Jika ada gejala pun, masa inkubasi hepatitis B berkisar antara dua sampai lima bulan sejak terpapar virus. Inkubasi adalah jarak waktu antara masuknya virus ke dalam tubuh hingga munculnya gejala. Gejala tersebut biasanya akan hilang dalam waktu 30-90 hari.

Yang termasuk dalam gejala hepatitis B antara lain:

– Kehilangan nafsu makan

– Mual dan muntah.

– Diare.

– Penurunan berat badan.

– Gejala yang menyerupai flu seperti lelah, nyeri pada tubuh, sakit kepala, dan demam tinggi (sekitar 38ºC atau lebih).

– Nyeri perut.

– Lemas dan lelah.

– Sakit kuning (kulit dan bagian putih mata yang menguning).

Penyebab munculnya sakit kuning adalah bilirubin (senyawa hasil limbah sel darah merah) yang tidak dapat dilenyapkan oleh hati yang mengalami kerusakan. Senyawa ini juga dapat mengubah warna urine menjadi kuning pekat dan warna tinja menjadi pucat.

Apa Itu Livercare?

Livercare marupakan Formula Organik produk PT. Autoimun Care Indonesia (PT.AICI) yang di produksi khusus dengan teknologi canggih yaitu Autofermentasi Nanotechnology dan Formula Organik Livercare yang diproduksi adalah hasil terbaik dari berbagai penelitian yang dilakukan oleh Tim Formulator kami selama bertahun-tahun dengan melibatkan berbagai bahan-bahan Organik dengan kualitas terbaik.

Kandungan-kandungan alami yang terkandung dalam Formula Organik Livercare dapat berperan sebagai anti virus yang menyerang Liver seperti Hepatitis A dan Hepatitis B, Anti peradangan yang diakibatkan oleh aktivitas virus, Memperbaiki fungsi organ Liver serta kelenjar Empedu yang berperan sebagai sintesa lemak dalam darah, Mencegah dan mengurangi timbulnya plak dalam pembuluh darah.