skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Penyakit Insomnia Bisa Disembuhkan Dengan Cara?

Penyakit Insomnia Bisa Disembuhkan Dengan Cara?

Insomnia adalah gangguan kesehatan dimana penderitanya kesulitan untuk tidur, ini berarti sang penderita memiliki kesulitan untuk memulai atau tetap tidur. Insomnia juga didefinisikan sebagai kondisi yang menghasilkan kualitas tidur buruk dengan gangguan fungsional pada siang hari.

Diagnosa klinis insomnia biasanya diberikan jika kondisi kesehatan ini terjadi minimal tiga kali dalam seminggu. Menurut National Institute of Health, sekitar 30% dari total populasi memiliki gejala dari gangguan tidur ini, dengan wanita yang lebih banyak dibandingkan pria, biasanya karena perubahan hormon.

Kondisi ini juga lebih umum terjadi pada mereka yang berusia lanjut, di atas 60 tahun, karena munculnya perubahan siklus tidur dan perkembangan penyakit lainnya yang yang timbul seiring pertambahan usia.

Gejala Penyakit Insomnia

Berikut ini gejala penyakit insomnia yang sering terjadi, antara lain:

  1. Masih merasa lelah

Anda sudah tidur 8 jam, tapi ketika bangun badan tetap lelah? Ini salah satu tanda anda terkena insomnia.

Padahal, normalnya saat tidur, ‘cahaya tubuh’ akan meredup. Jika ‘cahaya tubuh’ ini masih aktif, otak akan mencegah tubuh untuk beristirahat. Inilah yang membuat anda terus terjaga sehinga tubuh tidak bisa berisirahat dan tetap merasa lelah.

  1. Depresi

Sama halnya dengan stress, seorang yang kekurangan tidur akan mengalami strress, bahkan stress yang berlebihan ini akan mengakibatkan depresi.

Bila hal ini terjadi pada anak, apalagi pada anak saat masa pertumbuhan anak, akan mengakibatkan pertumbuhan menjad tidak optimal. Jika depresi terjadi pada anak maka lakukan cara mengatasi depresi pada anak sehingga anak akan tenang.

  1. Sering tak bisa tidur

Ini adalah tanda yang paling utama. Tapi, banyak orang mengabaikannya, bahkan tidak mau berkonsultasi ke dokter. Mereka menganggap, insomnia umum terjadi. Padahal, jika berlangsung terus menerus, akan muncul penyakit kronis yang bisa menyerang otak.

  1. Obesitas

Penyebab obesitas salah satunya adalah kurang tidur dimalam hari. Untuk itu seorang yang kurang tidur dimalam hari akan menyebabkan obesitas pada penderita insomnia.

Penyembuhan Penyakit Insomnia

Berikut ini cara menyembuhkan penyakit insomnia yang mudah dan efektif, anatar lain:

  1. Teh

Minum teh sebelum tidur yang hangat bisa membantu mencegah insomnia juga. Karena teh akan membuat tubuh lebih rileks sehingga akan membuat mata ngantuk dan juga akan membantu menyembuhkan insomnia. Oleh sebab itu minum teh hijau hangat sebelum tidur.

  1. Ceri

Terapi jus ceri yang dilakukan secara efektif akan membuat anda bisa tertidur dengan lelap karena dalam buah ini terkandung senyawa melatonin yang bisa mengatur sel tidur dalam saraf otak.

  1. Lavender

Tanaman obat ini untuk penderita insomnia yang banyak diramu dalam bentuk aromaterapi. Lavender mengandung zat sedative yang bersifat menenangkan saraf. Zat ini banyak ditemukan pada obat obat penenang kimia namun penggunaan lavender tentu lebih aman dan tanpa efek samping dibanding penggunaan obat penenang kimia.

  1. Minum susu

Minum susu sebelum tidur pun juga akan membantu untuk mengatasi penyakit insomnia. Minum susu hangat pada saat sebelum tidur, dan jika takut gemuk maka bisa minum susu yang memiliki rendah lemak.

  1. Daun selada

Jenis tanaman ini sering dijadikan sebagai sayuran. Menurut berbagai penelitian kandungan zat yang terdapat dalam selada mengandung zat lectucarium yang bisa merangsang tidur. Jika anda mengkonsumsi air rebusan daun selada maka itu akan meredakan gangguan insomnia yang anda alami.

  1. Adas manis

Selain digunakan sebagai bumbu anda bisa menggunakan adas manis sebagai tanaman obat untuk penderita insomnia.

Seduh adas bersama satu gelas air panas dan tambahkan satu sendok makan madu murni. Setelah agak hangat saring dan minum satu jam sebelum tidur. Konsumsi seduhan adas ini akan merangsang keinginan untuk tidur.