skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Penyakit Insomnia Pada Ibu Hamil

Penyakit Insomnia Pada Ibu Hamil

Biasanya wanita hamil muda dan tua merasakan sangat susah untuk tidur atau dalam konsdisi insomnia, mereka mengatakan perasaan tidak nyaman,Kaki terasa kram, perasaan cemas yang berlebihan dan sering ke kamar mandi.

Pada kondisi dalam masa kehamilan perubahan fisik dan juga emosi yang di rasakan juga berubah, jadi wajar-wajar saja kebanyakan wanita hamil mengalami yang namanya insomnia, sulit dan susah tidur.

Gejala insomnia pada masa kehamilan dapat di atasi dengan mudah yaitu dengan melakukan aktifitas yang menenangkan fikiran sebelum anda beranjak tidur. Gejala ini terjadi biasanya pada masa kehamilan dan juga 3 bulan setelah melahirkan.

Anda dapat melakukan kegiatan menyenangkan seperti mendengarkan musik, minum air hangat semisalnya teh, mandi air hangat atau anda bisa minta bantu kepada suami untuk menggosok kaki anda agar anda rileks sebelum berangkat tidur.

Penyebab munculnya gejala insomnia atau susah tidur pada ibu hamil secara medis bisa di sebabkan karena adanya progesteron yang merupakan hormon yang sangat penting untuk memelihara tubuh selama kehamilan.efek dari sekresi progesteron yang tinggi dari plasenta dapat mengakibatkan rasa lelah.

Berikut beberapa alasan susah tidur malam atau insomnia saat hamil:

  1. Rasa mual

Rasa mual yang dialami saat hamil muda dapat dialami sepanjang hari, termasuk malam. Tidak jarang rasa mual bahkan sampai muntah akan menyebabkan susah tidur malam atau membuat ibu hamil terbangun lebih cepat dari jadwal tidur. Biasanya ini terjadi pada 12 minggu pertama kehamilan.

  1. Sering buang air kecil

Hormon progesteron akan memengaruhi kelenturan otot dinding organ berkemih, sehingga ibu hamil kerap merasa ingin buang air kecil. Umumnya, ibu hamil terbangun untuk buang air kecil lebih dari satu kali pada malam hari. Hal ini tentunya akan menggangu waktu tidur malam.

  1. Nyeri ulu hati

Nyeri ulu hati dapat menggangu tidur ibu hami muda, bahkan membuat sang ibu tetap terbangun sepanjang malam. Apalagi ditambah nyeri akibat wasir. Kondisi ini juga bisa menambah kesulitan ibu hamil muda untuk jatuh tertidur.

  1. Peningkatan hormon progesteron

Meski ibu hamil muda sering merasa mengantuk seiring dengan peningkatan hormon progesteron, namun sayangnya, banyak yang mengalami gangguan kualitas tidur. Misalnya, sering terbangun saat tidur malam. Hal ini terbukti dalam sebuah studi yang meneliti pola tidur sekelompok wanita sebelum hamil dan setelah hamil.

Total waktu tidur saat hamil muda mengalami peningkatan, hanya saja, para wanita tersebut tidak dapat mencapai tidur nyenyak (berkualitas) yang kemudian diiringi dengan rasa lemas hingga depresi.

  1. Perubahan fisik yang mengganggu

Payudara saat hamial biasanya akan membesar dan nyeri saat tersentuh. Posisi tidur yang menekan payudara akan membuat ibu hamil muda sulit tidur. Apalagi jika ibu hamil terbiasa tidur tengkurap. Untuk itu, penting untuk menyesuaikan posisi tidur untuk ibu hamil muda.

Berikut adalah cara yang dapat dilakukan untuk mencegah penyakit insomnia pada ibu hamil:

  1. Melakukan terapi pernapasan

Melakukan terapi pernapasan dapat membantu ibu hamil muda menenangkan pikiran, meredakan ketegangan otot, mengurangi detak jantung anda sehingga anda merasa nyaman untuk tidur. caranya yaitu dengan berbaring di lantai yang bersih atau juga anda bisa melakukannya diatas tempat tidur.

Caranya yaitu dengan berbaring miring ke kiri, letakkan bantail di bawah sebelah kanan punggung anda sehingga posisi anda agak miring ke arah kiri. anda dapat meletakkan bantal di antara kaki. dan kaki biarkan memanjang. mulailah bernafas secara perlahan, tutup mulut anda, dan secara perlahan bernapas melalui hidung.

Anda dapat menikmati sensasi yang yang nikmat ketika pernapasan anda sampai ke dalam paru-paru. tahanlah pernapasan anda selama beberapa detik. setelah itu anda hembuskan napas anda melalui hidung sampai hitungan ke 4. anda bayangkan anda berada di tempat anda sukai misalkan tepi pantai, di atas puncak gunung, di taman bunga dan di manapun tempat yang anda suka dapat anda khayalkan.

Anda bayangkan dan khayalkan anda dapat merasakan aroma bau udara, suara-suara di tempat kesukaan anda itu. jika anda tidak mampu untuk memvisualisasikan khayalan ke tempat yang anda suka tersebut, cara mengatasinya yaitu anda dapat mempergunakan media gambar seperti misalnya gambar pemandangan yang ada di majalah.

  1. Hindari bekerja keras sebelum tidur

hal ini harus anda hindari yaitu jangan anda mengeluarkan keringat karena melakukan pekerjaan yang berat sebelum anda ingin tidur. lakukanlah pekerjaan, kesibukan dan selesaikan semuanya sebelum jadwal tidur anda.

  1. Melakukan yoga dan rileksasi

Tujuan dari melakukan yoga ini adalah untuk menghilangkan perasaan tegang dan cemas yang berlebihan dan juga untuk mengendurkan otot. anda dapat melakukannya sendiri yaitu dengan cara yang mudah yaitu dengan memijit secara perlahan beberapa bagian tubuh anda yang di mulai dari leher, bahu, betis dan paha terutama di bagian belakang dan juga punggung dan pinggang.

lakukan pemijitan itu secara terus menerus lebih baik lagi di lakukan sebelum anda beranjak tidur. jika anda tidak dapat melakukan pemijat sendiri, anda dapat meminta bantuan orang lain yang lebih profesional melakukannya. pada umumnya banyak dari wanita hamil memanggil tukang pijat yang khusus ibu hamil.