skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Penyakit Paru Paru Basah Apa Bisa Menular

Penyakit Paru Paru Basah Apa Bisa Menular

Paru-paru basah (pneumonia) merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi jamur, bakteri dan virus yang menyebabkan fungsi dari paru-paru tersebut terganggu sehingga kantong udara pada paru-paru menjadi penuh (terendam air) dengan cairan dan nanah.

Di masyarakat kita, paru-paru basah biasa dikenal dengan nama bronkitis (bronchitis). Penyakit tersebut terjadi karena infeksi pada saluran pernafasan, gejala awalnya seperti pilek, flu yang lebih dari satu minggu. Jadi apabila menderita penyakit pilek atau flu lebih dari seminggu, segeralah untuk periksakan ke dokter untuk mendapat penanganan yang tepat.

Gejala Penyakit Paru Paru Basah

Banyak gejala dari penyakit paru-paru basah, seperti gejala dibawah ini:

– Mata berair.

– Merasa lelah dan lesu.

– Demam.

– Sakit dada.

– Sakit tenggorokan.

– Batuk berdahak (diawali dengan batuk kering).

Selain gejala paru paru basah seperti diatas, gejala lain terjadinya penyakit ini adalah nafsu makan menjadi berkurang. Akibatnya berat badan terus menurun drastis. Penderita paru-paru basah juga mengalami keringat dingin pada bagian telapak tangan dan kaki.

Dan apabila penyakit ini sudah parah, maka akan berakibat perubahan warna pada kulit karena kurangnya asupan oksigen pada tubuh. Perubahan tersebut menjadikan kulit berwarna keunguan. Maka dari itu perlu penanganan lebih lanjut apabila terjadi gejala seperti itu.

Penyebab Penyakit Paru Paru Basah

Seperti yang sudah dibahas diatas, bahwa penyebab paru paru basah adalah berasal dari infeksi jamur, bakteri dan virus. Namun ada hal lain yang menyebabkan seseorang menderita penyakit paru-paru basah.

Berikut adalah penjelasan mengenai penyebab dari paru-paru basah:

  1. Polusi

Polusi udara juga menjadi penyebab penyakit paru-paru basah, karena dalam polusi udara seperti polisi yang dihasilkan dari pabrik, penambang batu bara, mengandung zat yang sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh.

  1. Hindari minuman keras / alkohol

Minuman keras yang mengandung alkohol bisa memicu timbulnya berbagai macam penyakit termasuk paru-paru basah.

  1. Virus

Virus menjadi penyebab umum dari penyakit paru-paru basah. Virus ini dapat melemahkan dan membuat saluran udara bronkial menjadi iritasi sehingga mengakibatkan bronkitis kronis.

  1. Merokok

Buat yang sering merokok atau pecandu rokok, segeralah buang jauh-jauh rokok anda. Karena merokok dalam jangka yang panjang dapat mengakibatkan saluran bronkian menghasilkan lendir yang banyak sehingga rawan terkena penyakit bronkitis.

Cara Penularan Penyakit Paru Paru Basah

Setelah kuman-kuman tersebut masuk, biasanya mereka akan berada di kantung udara dan bagian-bagian lain pada paru-paru dan mereka akan berkembang biak dengan sangat cepat di sana. hal inilah yang menyebabkan katung-kantung udara tersebut terisi dengan cairan atau nanah.

Penyakit paru-paru basah bisa digolongkan ke dalam penyakit yang menular. Proses penularannya bisa melalui kontaminasi tak langsung dengan penderita dan bisa juga melalui udara.

Yang dimaksud kontaminasi tak langsung disini adalah dengan adanya penggunaan peralatan makan yang digunakan bersama-sama. Jika anda melakukan hal tersebut dengan penderita, maka secara otomatis anda bisa tertular penyakit ini. selain itu ketidaksengajaan terkena bersinan dari penderita juga bisa menyebabkan anda tertular penyakit ini.

Cara Mencegah Penyakit Paru Paru Basah

Pencegahan paru-paru basah dapat dilakukan dengan menerapkan pola hidup sehat. Misalnya, dengan tidak merokok dan mengurangi konsumsi minuman beralkohol. Namun tidak hanya itu, masih ada tindakan pencegahan lain yang bisa dilakukan, yaitu:

– Menutup mulut dan hidung dengan sapu tangan ketika bersin.

– Buanglah tisu atau alat pembersih lain yang memungkinkan kuman-kuman dapat tumbuh serta menyerang mulut dan hidung manusia

– Menjaga kebersihan demi menangkal penyebaran kuman. Mencuci tangan secara rutin demi menghindari penularan kuman dari orang yang satu ke lainnya atau ke benda yang disentuh.

Konsultasikan kepada dokter jika kesehatan Anda menurun karena gejala paru-paru basah. Segera periksakan diri Anda kepada dokter jika mengalami gejala paru-paru basah, seperti nyeri dada, sering merasa linglung, dan sesak napas.

 

Apa Itu Pulmohealer?

Pulmohealer adalah produk dari PT. Autoimuncare Indonesia ( PT. AICI ) yang khusus mengatasi berbagai penyakit paru-paru. Dengan penelitian formula herbal nanotechnology selama 15 tahun membuat Pulmohealer banyak dicari di dalam maupun luar negeri.

Pulmohealer bereaksi cepat, dijamin aman, dan tidak menimbulkan efek samping berbahaya bagi Tubuh Anda.