skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Apa Penyakit Sirosis Hati Dan Obatnya!

Apa Penyakit Sirosis Hati Dan Obatnya!

Sirosis hati adalah penyakit hati menahun yang mengenai seluruh organ hati. Keadaan tersebut terjadi karena infeksi akut dengan virus hepatitis dimana terjadi peradangan sel hati yang luas dan menyebabkan banyak banyak kematian sel.

Akibatnya bentuk hati yang normal akan berubah disertai terjadinya penekanan pada pembuluh darah dan terganggunya aliran darah. Pada sirosis dini biasanya hati membesar, teraba kenyal, tepi tumpul, dan terasa nyeri bila ditekan.

Gejala Penyakit Sirosis Hati

Penderita sirosis hati dapat mengalami beberapa gejala gangguan hati atau malah tidak mengalami gejala apapun.

Beberapa gejala mungkin tidak terlalu spesifik sehingga penderita tidak menduga gangguan hatilah penyebab gejala tersebut.

Beberapa gejala sirosis hati yang dapat ditemukan adalah:

– Merasa sangat lelah.

– Badan terasa lemas.

– Kulit atau bagian putih mata tampak kekuningan akibat penumpukkan bilirubin di dalam darah.

– Hilangnya nafsu makan.

– Badan terasa gatal.

– Mudah merah akibat penurunan produksi faktor pembekuan darah karena adanya gangguan pada hati.

Obat Penyakit Sirosis Hati

  1. Gooseberry

Kita semua pasti sudah pernah mendengar tentang gooseberry di mana ini adalah bahan yang berkandungan vitamin C tinggi sehingga tak hanya menjadi cara meningkatkan daya tahan tubuh saja.

Gooseberry pun diketahui sangat efektif dalam memberikan perlindungan terhadap organ hati dari segala bentuk kerusakan.

Mengonsumsi gooseberry secara rutin sebagai campuran salad sangatlah disarankan. Konsumsi rutin akan membantu supaya organ hati berfungsi secara normal dan baik kembali.

Jika memungkinkan, Anda pun bisa mencoba untuk mengunyahnya supaya sari-sarinya keluar sehingga vitamin C menjadi lebih cepat diperoleh oleh tubuh. Namun cara apapun yang Anda hendak lakukan, tetap gooseberry tak boleh dilewatkan.

  1. Teh Hijau

Obat alami lainnya yang pastinya bisa Anda coba adalah teh hijau yang kita tahu penuh dan kaya akan antioksidan.

Sifat antioksidan di dalam teh hijau inilah yang mampu mengurangi tekanan oksidasi yang menjadi pemicu sirosis pada jaringan organ hati. Karena kandungan antiviralnya jugalah, teh hijau mampu melawan hepatitis.

Untuk menggunakannya, Anda hanya perlu mengambil sesendok teh bubuk teh hijau atau sekantong teh dan kemudian diseduh ke dalam secangkir air panas.

Seduhlah sekitar 5 menit lamanya dan kemudian bisa Anda buang kantongnya. Berilah madu murni sebagai pemanis dan Anda bisa meminumnya sehari 3 kali untuk mendapatkan hasil terbaik.

  1. Akupuntur

Dalam mengobati sirosis hati, obat tidak selalu dalam bentuk herbal atau kimia, tapi Anda juga bisa mencoba untuk memilih akupuntur.

Akupuntur adalah sebuah metode pengobatan alternatif yang mampu meredakan ketidaknyamanan akibat gejala sirosis hati.

Meski kelihatannya menyeramkan karena pemakaian jarum dalam prosedur penyembuhan, Anda tetap akan merasakan efektivitasnya.

Apabila tertarik, pastikan bahwa Anda datang kepada ahli atau terapis akupuntur yang benar-benar bereputasi dan terpercaya.

Berdasarkan pada gejala yang dialami oleh pasien, ahli akupuntur akan menangani penyakit sirosis hati secara terpercaya.

Bahkan akupuntur yang berasal dari Cina ini terbilang lebih baik dan sederhana ketimbang obat-obatan kimia.

  1. Milk Thistle

Bagi Anda yang mencari obat sirosis hati ampuh, milk thistle adalah obat lainnya yang amat terekomendasi.

Milk thistle ini merupakan sebuah jenis tanaman yang termasuk sering dipakai untuk mengobati masalah kesehatan pada organ hati.

Hati yang rusak akibat inflamasi, penyakit kuning, keracunan jamur Amanita phalloides dan bahan kimia bisa diobati secara efektif.

Kandungan antioksidan di dalam milk thistle termasuk tinggi dan untuk itulah bahan ini sangat baik dalam mengurangi risiko kerusakan hati.

Biji milk thistle bisa disediakan beberapa dan kemudian direbus di dalam air secukupnya. Air rebusan inilah yang bisa digunakan dengan cara mengonsumsinya agar organ hati menjadi lebih baik.

  1. Obat Kortikosteroid

Bila ingin mengatasi pemicu dasar dari organ hati yang rusak, biasanya kalau Anda ke dokter, maka obat steroid adalah yang diresepkan secara umum.

Obat ini memiliki istilah lain, yakni kortikosteroid atau imunosupresan di mana pemberian obat ini hanyalah ketika pasien mengidap hepatitis autoimun.

  1. Obat Antivirus

Obat antivirus biasanya juga adalah yang bakal diberikan atau diresepkan oleh dokter bagi pasien dengan gejala sirosis hati.

Pemberian obat ini hanyalah untuk pasien dengan kondisi hepatitis virus. Untuk lebih lengkap dan jelasnya, Anda bisa menanyakan pula kepada dokter tentang apa saja kemungkinan efek samping dari konsumsi obat ini.

  1. Herbal Licorice

Tak banyak yang tahu, tapi herbal licorice merupakan salah satu jenis obat alami yang bisa digunakan untuk mengatasi kerusakan hati dan bahkan mencegahnya.

Dipercaya juga herbal licorice ini mampu mengobati infeksi hepatitis C, jadi tak salah bila Anda memilih obat ini dan mulai menggunakannya.

Ada herbal licorice yang datang dalam bentuk suplemen, tapi ada pula yang bisa dibuat menjadi teh herbal.

Kegunaan keduanya adalah sama saja, yakni untuk meningkatkan fungsi hati yang sudah terancam kehilangan fungsinya karena rusak.

Hanya saja, untuk orang-orang yang memiliki tekanan darah tinggi obat ini justri perlu dihindari dan tidak begitu dianjurkan.

  1. Katuki

Dikenal juga dengan istilah garam katuki di mana memang katuki ini adalah sebuah obat herbal yang dipercaya mampu mengatasi sirosis hati secara efektif.

Yang paling mujarab adalah bagian akarnya, sehingga banyak orang yang tertarik untuk memanfaatkan akar dari herbal ini. Tak hanya untuk kesehatan hati, segala bentuk gangguan pencernaan pun bisa diatasi.

  1. Biji Pepaya

Untuk mengobati sirosis hati secara alami, Anda bisa mencoba biji pepaya yang bisa dengan mudah didapatkan.

Bahkan biji pepaya ini sangat terpercaya dalam hal mendetoksifikasi bagian hati supaya segala bentuk racun bisa dikeluarkan dari tubuh yang artinya bisa menjadikan hati sehat kembali.

Dalam penggunaannya, Anda bisa menumbuk atau menggiling hingga halus biji pepaya demi memperoleh ekstraknya sebanyak 1 sendok makan.

Jus biji pepaya ini kemudian bisa ditambahkan dengan 10 tetes jus lemon. Ramuan inilah yang bisa Anda minum sehari 1-2 kali setiap hari dan paling tidak perlu dikonsumsi selama sebulan penuh.

  1. Jus dari Bayam dan Wortel

Penyembuhan sirosis hati secara alami juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi bayam sebagai makanan yang mengandung zat besi tinggi.

Anda bisa menyiapkan seikat bayam berikut juga ditambah beberapa buah wortel di mana kemudian Anda bisa menghancurkan kedua bahan. Buatlah adonan pasta dari kedua bahan tersebut.

Setelah itu, lanjutkan dengan menyaringnya dan ambil jusnya saja. Jus inilah yang bisa Anda konsumsi setiap hari untuk mengobati sirosis hati dengan maksimal.

Karena wortel juga kaya akan betakaroten, maka kedua bahan ini sangatlah tepat untuk menjaga kesehatan dan menutrisi organ hati Anda.

  1. Cuka Sari Apel

Selain menjadi obat kolesterol tinggi alami yang ampuh, cuka sari apel juga bisa dimanfaatkan sebagai obat sirosis hati yang luar biasa efektif juga.

Anda bisa menggunakan cuka sari apel ini sebagai pendetoks organ hati. Ambil saja segelas air dan tambahkan sesendok makan cuka sari apel berikut sesendok teh madu murni. Campurkan dan konsumsilah sehari 3 kali secara teratur.

  1. Pepaya

Kalau sebelumnya ada biji pepaya yang dipercaya mampu memberikan hasil efektif bagi kesembuhan sirosis hati, buah pepaya pun sama besar kegunaannya.

Selain mencegah maupun mengatasi sembelit, pepaya adalah buah yang juga diyakini ampuh menjaga kesehatan organ hati.

Anda bisa mengonsumsinya secara langsung setiap hari, tapi bila hendak membuat minuman jus pepaya pun boleh-boleh saja.

Alternatifnya, Anda bisa mengambil jus pepaya sebanyak 2 sendok makan yang kemudian ditambah dengan jus lemon segar sebanyak 1 ½ sendok teh untuk kemudian dikonsumsi setiap hari. Untuk aturan pakainya, Anda bisa mengonsumsi sehari 3-4 kali demi hasil memuaskan.

  1. Biji Rami

Kaya akan fitonutrien, biji rami pun merupakan obat sirosis hati yang bisa dimanfaatkan dan juga dipercaya ampuh dalam mengobati.

Memang betul bahwa biji rami tak secara langsung mampu memberikan keuntungan bagi kesehatan hati Anda. Tapi, tak dapat dipungkiri bahwa bahan alami ini dapat mengurangi risiko kerusakan liver.

Fitonutrien yang ada di dalam biji rami adalah kandungan yang sangat bermanfaat untuk mencegah kelebihan hormon atau hormon yang tidak diharapkan untuk berada dan mengalir pada peredaran darah.

Tambahkan saja biji rami ke dalam salad atau bahkan makanan lainnya seperti sandwich, bahkan untuk campuran smoothies pun sangat baik.