skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Penyakit Usus Buntu Disebabkan Karena Apa!

Penyakit Usus Buntu Disebabkan Karena Apa!

Penyakit usus buntu atau apendisitis bisa terjadi ketika usus buntu meradang, pecah, dan mengalami infeksi. Biasanya yang banyak terserang penyakit usus buntu adalah anak-anak dan juga para remaja karena pola makan yang tidak dijaga dengan baik.

Usus buntu bisa menyebabkan rasa sakit dan bahkan harus dirawat dengan cara operasi. Akan sangat baik jika Anda mengetahui gejala awal usus buntu sebelum terlambat.

Dengan mengetahui penyebab dari usus buntu diharapkan kita semua bisa menghindari penyakit yang satu ini. Menghindari penyebab penyakit usus buntu menjadi tindakan pencegahan yang efektif bagi kalangan masyarakat. Berikut ini adalah berbagai macam penyebab penyakit usus buntu yang patut diwaspadai:

  1. Penyumbatan

Hal pertama yang bisa menjadi penyebab usus buntu seseorang menjadi sakit karena di dalam ususu buntu itu terjadi penyumbatan. Memang letak usus buntu yang menjorok bisa memungkinkan usus buntu bisa mengalami penyumbatan. Penyumbatan ini bisa terjadi jika seseorang suka sekali makan cabai dengan bijinya dan buah jambu bersama dengan bijinya.

  1. Tersumbat dengan Feses

Penyakit usus buntu ada yang disebabkan obstruksi di saluran appendus dengan tinja yang keras. Saat tersumbat dengan feses yang keras, usus buntu menjadi media untuk perkembangbiakan bakteri. Bakteri inilah yang menyebabkan usus buntuk menjai radang dan menjadikannya sebagai penyakit usus buntu.

  1. Penyebab Lain

Selain beberapa penyebab yang telah disebutkan di atas, ada beberapa penyebab lain yang bisa menimbulkan penyakit usus buntu. Penyebab itu diantaranya adalah sebagai berikut ini:

– Kanker primer dan striktur.

– Kanker usus.

– Pembesaran jaringan limfoid.

  1. Cacing dan parasit

Penyebab lainnya yang bisa menyebabkan usus buntu adlaha cacing dan parasit. Cacing dan parasit ini berasal dari luar tubuh manusia, cacing dan parasit biasanya menempel di bagian yang kotor.

Saat manusia menyentuh tempat yang dipenuhi dengan cacing dan parasit kemudian dia mengkonsumsi makanan, maka cacing dan parasit itu akan ikut masuk ke dalam tubuh manusia. Cacing dan parasit itu bisa hidup di dalam tubuh manusia dan menyebabkan berbagai macam penyakit.

Gejala Penyakit Usus Buntu

Penderita penyakit buntu akan merasakan yang sangat pada bagian perut kanan bawah. Penyakit usus buntu biasanya disebabkan oleh beberapa hal, seperti tinja yang mengeras, atau karena adanya infeksi yang ada di dalam usus buntu itu sendiri. Ketika orang menderita penyakit usus buntu, maka ada beberapa gejala sakit usus buntu yang menyerang, gejala tersebut seperti berikut:

  1. Sering kembung

Meski terlihat sepele, teryata ada berbagai macam penyakit yang ditandai dengan perut kembung. Perut kembung sering dianggap sebagai gejala masuk angin biasa namun siapa menyangka jika perut kembung bisa menjadi gejala dari penyakit usus buntu dan juga penyakit kanker rahim atau kanker ovarium.

Kembung yang dialami oleh penderita usus buntu bisa terjadi setiap hari dan dalam waktu yang lama. Perut kembung itu tidak bisa diatasi dengan obat perut kembung biasa dsebab perut kembung penderita usus buntu hanya bisa hilang saat uusus bunt itu diangkat dan dioperasi.

  1. Perut sering kram

Gejala suus buntu lainnya adalah penderita akan sering merasakan kram. Kram itu sering terjadi di sebelah perut kanan bahkan bisa mendominasi semua permukaan perut. Rasa kram yang dialami penderita usus buntu sangat terasa dan tidak bisa mereda dalam waktu yang singkat.

  1. Demam

Salah satu ciri orng yang mengalami penyakit usus buntu dan kondisinya sudah parah adalah dia akan mengalami demam. Demam yang dia alami bisa diakibatkan oleh infeksi atau peradangan di usus buntu. Jika belum mengalami peradangan kemungkinan demam tersebut tidak akan muncul.

Peradangan pada usus buntu akan menyebabkan rasa sakit dan nyeri yang luar biasa sehingga penderitanya bisa sangat kesakitan ketika usus buntu tidak segera diatasi dan muncul peradangan.

  1. Kesulitan buang gas

Banyak yang meyakin bahwa usus buntu berhubungan dengan buang gas di organ pencernaan manusia. Saat usus buntu terkena penyakit akibatnya adalah seseorang akan kesulitan buang gas. Jia orang kesulitan dalam buang gas akibatnya dia akan sakit perut dan perut tidak nyaman.

Gas akan menumpuk di perut dan tidak bisa dikeluarkan, saat gas menumpuk di perut akibatnya adalah perut akan terasa lebih besar dibandingkan biasanya, perut juga aka terasa penuh. Saat sudah seperti itu, ketidaknyaman di perut akibat sakit usus buntu semakin bertambah.

  1. Diare

Diare adalah salah satu gejala penyakit usus buntu yang tidak disadari oleh banyak orang. Kebanyakan orang yang terkena diare hanya beranggapan bahwa dirinya hanya terkena masuk angin biasa atau salah makan sehingga perutnya menjadi bermasalah.

Padahal diare merupakan salah satu ciri dari orang yang terkena usus buntu. Alasan orang yang menderita usus buntu bisa terkena diare adalah pencernaan menjadi tidak normal, selain itu gas pada perut membuat perut terasa tidak nyaman akibatnya diare bisa muncul.

  1. Sakit perut sebelah kanan

Ada cara tradisional dan ada cara mudah untuk mengetahui apakah nda tekrena usus buntu ataukah tidak. Cara mudahnya dan cara tradisionalnya adalah denga melakukan penekanan terhadap perut di sebelah kanan. Jika perut di sebelah kanan ditekan terasa sakit maka bisa dipastikan jika anda terkena usus buntu. Hal itu dikarenakan letak usus buntu itu terletak di perut bagian kanan.

  1. Mual dan muntah

Gejala usus buntu lainnya adalah penderta akan merasakan mual dan muntah. Mual dan muntah ini disebabkan oleh perut yang terasa penuh ditambah lagi kesulitan penderita usus buntu yang tidak bisa buang gas. Perut terasa tertekan sehingga saat terisi dengan makanan penderita akan mual dan juga muntah.

Yang harus menjadi bahan perhatian adalah orang yang mengalami usus buntu dan mengalami mual dan muntah lebih dari 12 jam lamanya sebaiknya langsung dibawa ke rumahsakit, sebab orang yang mengalami mual dan muntah dengan sangat hebat bisa terkena dehidrasi.