skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Penyakit Usus Buntu Disebabkan Oleh 5 Faktor Dibawah Ini!

Penyakit Usus Buntu Disebabkan Oleh 5 Faktor Dibawah Ini!

Usus buntu yang disebut juga sebagai Appendicitis ini akan sangat berbahaya jika telah meradang karena bisa pecah dan membahayakan nyawa anda. Orang yang mengidap usus buntu berbeda dengan maag karena rasa sakit yang ditimbulkan oleh usus buntu tidak akan berkurang berbeda dengan maag yang terkadang timbul rasa sakit yang luar biasa dan terkadang timbul rasa sakit yang ringan.

Usus buntu sangat jarang sekali diketahui dikarenakan gejala yang muncul memang terbilang ringan dan bisa dikatakan seperti sakit perut biasa namun sebenarnya usus buntu harus segera ditangani supaya tidak menimbulkan bahaya yang lebih parah dan dapat mengancam kematian.

Kegunaannya diperkirakan untuk membantu pertahanan tubuh dari beberapa ancaman penyakit. Akan tetapi selama usus buntu tak meradang atau mengalami infeksi tentu saja tidak akan terjadi apa-apa. Usus buntu akan mulai berbahaya jika telah mengalami infeksi.

Penyakit usus buntu yaitu adalah salah satu penyakit yang jika tak diperhatikan tentunya akan semakin parah, penderita mulai merasakan sakit lalu juga gejala-gejala lainnya jikalau penyakit usus buntu mulai menjangkit.

Usus buntu bisa mengalami peradangan yang harus secepatnya dilakukan operasi agar dapat menyembuhkannya. Peradangan yang timbul di usus buntu yakni masalah serius dan harus secepatnya diobati, salah satunya yaitu dengan melakukan operasi. Pecahnya radang pada usus buntu bisa berakibat fatal dan bahkan menimbulkan masalah serius di lapisan dan organ lain pada rongga perut.

Penyebab Penyakit Usus Buntu

Penyebab penyakit usus bantu belum diketahui secara pasti. Namun penyakit ini pada dasarnya timbul karena adanya sumbatan serta peradangan pada saluran usus buntu yang diakibatkan oleh faktor sebagai berikut, antara lain:

  1. Fese atau tinja

Letak usus buntu yang berhubungan dengan usus besar memungkinkan saluran ini tertutup atau terblokir oleh feses. Sebagaimana kita ketahui feses merupakan zat yang harus dikeluarkan dari tubuh karena merupakan sisa hasil pencernaan. Jika zat yang seharusnya dikeluarkan dari tubuh ini menyumbat saluran usus buntu maka area ini dapat terjadi peradangan.

  1. Infeksi mikroorganisme

Mikroorganisme atau kuman yang masuk ke usus besar juga dapat bersarang di usus buntu sehingga menjadi penyebab penyakit usus buntu. Organisme yang sering memicu timbulnya radang pada usus buntu yaitu virus Gastrointestinal dan bakteri Entamoeba Coli.

  1. Gas yang terperangkap

Gas yang timbul di saluran pencernaan yang terperangkap di dalam usus buntu juga dapat menyumbat saluran usus buntu, menyebabkan dindingnya semakin tipis, sehingga memicu terjadinya radang. Normalnya gas akan dikeluarkan oleh tubuh berupa kentut.

Tetapi pada kasus tertentu kentut susah dikeluarkan karena beberapa hal misalnya karena terlalu banyaknya makanan yang mengandung gas yang tertimbun di saluran pencernaan atau karena terlalu seringnya seseorang menahan kentut.

  1. Pembengkakan pada kelenjar getah bening

Pembengkakan kelenjar getah bening pada dinding usus juga dapat menyebabkan timbulnya penyakit usus buntu. Pembengkakan ini dapat menyumbat saluran usus buntu sehingga memudahkan terjadinya proses peradangan. Pembengkakan kelenjar getah bening ini pada umumnya berkembang setelah terjadi infeksi saluran pernafasan atas.

  1. Faktor Gaya Hidup

Gaya hidup pola makan yang buruk bisa menyebabkan usus buntu, misal sering menunda lapar terlalu lama, susah buang air besar, terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung rasa pedas, asam dan asin yang tinggi. Kondisi inipun bisa memicu penyakit asam lambung.