skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Penyakit Usus Buntu

Penyakit Usus Buntu

Usus buntu adalah bagian usus normal yang memiliki bentuk seperti cacing sehingga disebut juga dengan umbai cacing. Nama usus buntu sendiri merupakan istilah yang menggambarkan bahwa usus itu memang memiliki ujung yang buntu, tidak seperti usus lainnya yang ujungnya berlubang sampai anus.

Usus buntu yang juga memiliki nama apendix ini secara normal terletak di bagian perut kanan bawah, penyakit usus buntu terjadi ketika usus buntu mengalami peradangan, atau dalam istilah medis disebut Apendisitis. Ketika terjadi radang, usus buntu akan membengkak, penuh dengan nanah yang terdiri dari bakteri dan sel-sel mati sebagai akibat dari infeksi.

Jika penyakit radang usus buntu tidak diobati, maka usus buntu bisa semakin membengkak dan akhirnya bisa pecah (meledak), dan membuat isinya menyebar ke seluruh rongga perut sehingga berpotensi menyebabkan infeksi yang luas dan mengancam nyawa.

Penyebab Penyakit Usus Buntu

Berikut adalah beberapa makanan penyebab penyakit usus buntu:

  1. Daging unggas

Makanan jenis lainnya yang dapat menyebabkan penyakit usus buntu ialah daging unggas yang telah disuntik dengan vaksin.

Daging unggas yang beredar dipasaran pada dasarnya masih berada dalam masa pertumbuhan atau masih belum cukup umur untuk kita konsumsi, namun karena canggihnya teknologi unggas yang belum cukup umur tersebut dapat berubah lebih besar dari segi fisiknya. Hal ini terjadi karena suntik waksin yang diberikan pada unggas tersebut.

  1. Makanan yang dibakar langsung

Ternyata makanan yang prosesnya dibakar secara langsung seperti sate atau ikan bakar, akan sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Makanan yang dibakar langsung diatas arang tentunya akan membawa zat kimia yang menempel pada makanan tersebut.

  1. Makanan yang digoreng

Jenis makanan yang harus dihindari oleh penderita usus buntu dan juga makanan yang menyebabkan usus buntu ialah jenis makanan yang digoreng.

Pada dasarnya makanan yang digoreng berbahaya bagi kesehatan kita, tidak hanya memicu usus buntu semata. Makanan yang diproses dengan cara digoreng mengandung zat yang bernama karsinoksigen. Nah, zat inilah yang menjadi pemicu kanker dan sel perusak dalam tubuh manusia.

  1. Daging instan

Jenis makanan yang satu ini memang sangat disukai oleh banyak orang, ya daging instan yang dijual banyak dipasaran. Daging yang diolah secara instan dan kita konsumsi ialah makanan yang sangat berbahaya bagi kesehatan dan menyebabkan penyakit usus buntu.

Daging instan biasanya menggunakan bahan pengawet dan bahan perasa buatan yang akan meningkatkan kadar karsinoksigen dalam tubuh yang sangat berbahaya bagi organ hati.

Gejala Penyakit Usus Buntu

Berikut adalah beberapa gejala umum penyakit usus buntu:

  • Merasakan sakit pada bagian ulu hati dan rasa sakit tersebut akan berpindah secara perlahan ke bagian perut tengah hingga perut bagian bawah sebelah kanan
  • Perut bawah sebelah kanan akan terlihat membesar atau mengalami pembengkakan
  • Mengalami mual seperti terserang penyakit vertigo dengan gejala vertigo. Setelah itu akan diikuti dengan hilangnya nafsu makan, apabila perut dimasuki makanan akan terasa sakit hingga muntah
  • Penderita akan mengalami diare
  • Apabila penyakit ini masih belum diobati maka rasa sakit akan sering muncul dan rasa sakit yang muncul lebih luar biasa menyakitkan
  • Perut akan terasa sangat sakit saat perut bawah sebelah kanan ditekan, tidak hanya itu pada saat melipat kakipun akan terasa sakitnya
  • Saat usus buntu mulai mengalami peradangan dan pembengkakan suhu tubuh akan meningkat sehingga menyebabkan demam
  • Rasa nyeri dan sakit yang dirasakan akan semakin menyakitkan pada penderita batuk, berjalan, hingga membuat gerakan memutar
  • Kembung dan sulit buang gas. Memang kembung dan sulit buang gas tidak tampak seperti gejala yang berbahaya. Akan tetapi keadaan ini diikuti dengan rasa sakit pada bagian bawah perut.