skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Penyakit Vertigo Adalah …

Penyakit Vertigo Adalah …

Penyakit vertigo adalah salah satu bentuk dari gangguan keseimbangan pada telinga bagian dalam yang menyebabkan penderita merasa pusing atau keadaan disekitar serasa berputar.

Kelainan ini disebabkan adanya gangguan keseimbangan baik sentral atau perifer, kelainan pada telinga sering sekali menyebabkan vertigo. Untuk menentukan kelainan yang menyebabkan vertigo, dokter biasanya akan melakukan pemeriksaan elektronistagmografi.

Berikut adalah penyebab dari penyakit vertigo:

– Anda memiliki riwayat penyakit transient ischemic attack atau penyakit yang membuat fungsi dan kinerja otak terganggu. Nah, gangguan ini biasanya menyebabkan sirkulasi darah ke otak menjadi terhambat yang kemudian menyebabkan timbulnya gangguan keseimbangan pada otak.

– Penggunaan obat-obatan kimia yang berlebihan atau terkena paparan zat-zat yang berbahaya seperti timah, merkuri, dan timbal. Zat-zat kimia yang berbahaya tersebut akan menyebabkan ototoksitas yang akan menyebabkan kerusakan pada telinga bagian dalam Anda.

– Adanya gangguan pada telinga bagian dalam Anda.

– Adanya infeksi dan juga peradangan yang biasanya dilakukan oleh virus atau bakteri yang masuk ke dalam tubuh Anda.

– Penggunaan antibiotik seperti streptomisin dan gentamisin secara terus menerus yang akan menyebabkan ototoksitas atau kerusakan pada telinga bagian dalam Anda.

– Adanya pengaruh lingkungan, semisal mabuk udara, mabuk darat, atau mabuk laut.

Gejala Penyakit Vertigo

Berikut adalah gejala dari penyakit vertigo yang perlu diketahui:

– Telinga berdenging secara tiba-tiba yang disertai dengan munculnya keringat dingin pada kulit Anda.

– Gejala vertigo paling jelas adalah adanya ilusi bahwa diri Anda seakan-akan berputar-putar atau justru lingkungan di sekitar Anda yang berputar-putar.

– Karena adanya ilusi berputar-putar, maka Anda menjadi kesulitan dalam berjalan dan bahkan Anda merasa bahwa diri Anda mau roboh.

– Memiliki masalah dalam memfokuskan pandangan dan juga Anda menjadi kesulitan dalam berbicara.

– Adanya rasa mual dan ingin muntah secara terus menerus.

Akibat Penyakit Vertigo

Berikut ini adalah beberapa bahaya akibat penyakit vertigo:

  1. Menyebabkan penyakit lain

Menurus ahli sebenarnya vertigo memang bukan termasuk dalam salah satu penyakit tertentu, tapi gangguan yang menyebabkan vertigo biasanya selalu menjadi gejala awal dari sebuah penyakit tertentu yang berhubungan dengan otak dan telinga.

Biasanya vertigo juga menjadi penyebab serius dari gejala awal tumor otak. Tumbuhnya tumor otak ini dapat berupa adanya penyebab sakit kepala yang berkelanjutan.

  1. Kehilangan pendengaran

Gangguan vertigo memang menjadi indikasi serius terhadap gangguan pada telinga atau organ pendengaran. Infeksi yang terjadi pada bagian dalam telinga bisa menyebabkan kerusakan organ telinga sehingga penderita bisa kehilangan pendengaran secara permanen. Kondisi inilah yang harus diwaspadai oleh semua penderita vertigo.

  1. Kehilangan aktifitas

Penderita vertigo memang tidak bisa melakukan aktifitas seperti biasanya. Hal ini disebabkan karena serangan vertigo bisa muncul saja. Ancaman ini bisa menjadi kondisi serius karena penderita vertigo bisa kehilangan pekerjaan dan masa produktif.

  1. Mengancam nyawa

Penderita vertigo menghadapi resiko yang lebih serius. Kondisi ini terjadi ketika penderita sedang mengendarai kendaraan. Serangan vertigo saat sedang menyetir atau mengendarai motor akan menyebabkan penderita mengalami gangguan konsentrasi.

Jika kondisi ini diteruskan maka bisa mengancam nyawa penderita maupun orang lain yang memakai jalan tersebut. Untuk mengatasi hal ini sebaiknya penderita vertigo harus berhenti sementara dan meminta bantuan.

Obat Alami Penyakit Vertigo

Berikut adalah obat alami untuk penyakit vertigo:

  1. Jahe

Yang pertama adalah dengan menggunakan jahe. Semua orang pasti sudah mengenal jenis rempah-rempah yang satu ini. Selain digunakan untuk bumbu dapur, jahe juga berguna untuk mengobati vertigo. Kandungan zat baik yang terkandung dalam jahe dapat meningkatkan aliran darah di otak. Sehingga pusing dan kepala berputar dapat diatasi dan hilang dengan sendirinya.

  1. Lada dan lemon

Yang kedua adalah dengan menggunakan lada dan lemon. Bagi Anda yang memiliki riwayat vertigo, tak ada salahnya membuat obat alami untuk mencegah vertigo datang kembali. Yaitu dengan cara mencampurkan garam atau merica ke dalam jus lemon hangat. Minumlah ramuan tersebut secara teratur untuk mencegah dan mengatasi penyakit vertigo.

  1. Madu dan ketumbar

Obat vertigo alami selanjutnya adalah dengan menggunakan madu dan ketumbar. Sejak zaman dahulu madu memang sudah dipercaya untuk menjaga kesehatan tubuh, salah satunya yaitu untuk mengoati vertigo.

Caranya, rendam biji ketumbar selama 24 jam kemudian ambil airnya. Anda juga bisa menghangatkan air rendaman biji ketumbar kemudian campurkan dengan madu dan minum selagi hangat. Agar lebih segar Anda juga bisa menambahkan dengan perasan air lemon.

  1. Jus lemon

Para penderita vertigo, jus lemon merupakan salah satu minuman yang sangat menyegarkan. Jus lemon yang Anda minum sangat berguna untuk mengurangi rasa sakit kepala berputar, mual dan juga muntah.