skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Penyakit Vertigo Apa Sih Dan Ciri Cirinya Apa Saja?

Penyakit Vertigo Apa Sih Dan Ciri Cirinya Apa Saja?

Vertigo merupakan pusing kepala yang tingkatnya lebih parah, karena bukan rasa sakit saja yang bisa dirasakan pada saat menderita vertigo tetapi juga kepala yang juga akan terasa berputar putar. Sensasi rasa berputar ini ciri khas dari penyakit vertigo yang akan dialami oleh penderita penyakit vertigo.

Penyakit vertigo bukan jenis penyakit yang berbahaya, namun penyakit vertigo membuat rasa tidak nyaman karena berputar putar yang akan dialami oleh penderita penyakit vertigo. Siapa saja dapat menderita penyakit vertigo, namun biasanya dialami oleh orang dewasa.

Baik wanita dan laki laki bisa menderita penyakit vertigo namun yang lebih sering menderita penyakit vertigo cenderung pada wanita di bandingkan laki laki, karena ada beberapa faktor yang membuat wanita lebih berisiko untuk menderita penyakit vertigo.

Gangguan keseimbangan dan koordinasi bagian syaraf tubuh di bagian otak dan juga telinga yang bisa menyebabkan sakit vertigo dialami oleh penderitanya. Karena itu sakit vertigo mengakibatkan bagian kepala terasa berputar putar.

Ciri Penyakit Vertigo

Berikut ini ciri penyakit vertigo yang harus diketahui, yaitu:

  1. Pingsan

Ciri-ciri yang terakhir adalah pingsan. Pingsan akibat vertigo memang mirip dengan pingsan karena faktor cuaca, kelelahan, atau perut yang kosong. Diperlukan pemeriksaan lebih lanjut untuk meneliti apakah pingsan ini disebabkan oleh vertigo atau bukan.

  1. Gangguan Pendengaran

Ketika Anda mengalami vertigo, maka kualitas dan kemampuan pendengaran Anda akan cenderung menurun. Hal ini mungkin bisa diakibatkan karena gangguan pada saraf pendengaran Anda.

  1. Pusing

Sudah jelas rasa pusing akan melanda Anda yang mengidap vertigo. Rasa pusing ini kerap muncul dalam intensitas yang berbeda.

  1. Susah Makanan

Ciri berikutnya adalah gejala susah untuk menelan makanan, penderita vertigo akan mengalami kesulitan menelan makan karena rasa mual yang dialami. Jika makan tertelan, penderita akan merasakan mual dan ingin muntah.

  1. Kehilangan Keseimbangan

Kehilangan keseimbangan terjadi karena adanya masalah pada sistem saraf Anda. Anda akan merasa sempoyongan dalam berdiri, berjalan, maupun dalam memegang sesuatu.

  1. Mual

Rasa mual dan hendak muntah timbul karena sensasi berputar tersebut membuat Anda menjadi pusing. Seperti halnya naik kendaraan, mual yang dirasakan akan menyerupai mabuk.

  1. Sering Berkeringat

Yang dimaksud keringat disini bukan keringat ketika aktifitas olahraga, akan tetapi keluar keringat dingin disertai pusing dan mual.

Penyebab Penyakit Vertigo

Berikut ini penyebab terjadinya penyakit vertigo, yaitu:

  1. Gangguan penglihatan

Mata selain untuk melihat juga dapat membantu dalam fungsi keseimbangan tubuh. Sehingga masalah yang terjadi pada penglihatan dapat mengakibatkan gangguan keseimbangan dan memicu penyakit vertigo.

  1. Gangguan telinga bagian dalam

Sebagian besar vertigo terjadi ketika seseorang tersebut dengan secara tiba-tiba mengubah posisi kepala, misalnya ketika bangun tidur atau berdiri dengan cepat. Pusing yang terjadi akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa menit. Vertigo jenis ini terjadi akibat masalah yang pada telinga bagian dalam dan dikenal sebagai Benign Paroxysmal Positional Vertigo.

  1. Penyakit sistem saraf pusat

Gangguan sistem saraf pusat karena beberapa penyakit seperti multiple sclerosis, kerusakan leher, tumor, atau stroke yang bisa menyebabkan penyakit vertigo.

  1. Migrain

Migrain merupakan salah satu jenis sakit kepala tetapi juga mempengaruhi penglihatan. Vertigo yang disebabkan karena migrain dapat berlangsung dalam beberapa menit hingga beberapa hari.

  1. Peradangan atau infeksi

Infeksi yang menyerang tubuh seperti pilek, flu, atau yang lainnya sehingga dapat mempengaruhi kinerja telinga bagian dalam dan akhirnya mengakibatkan vertigo.