skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Penyakit Vertigo Bahaya Gak Sih?

Penyakit Vertigo Bahaya Gak Sih?

Vertigo adalah salah satu bentuk dari sakit kepala yang mana penderita vertigo ini akan mengalami sensasi seperti melayang dan berputar-putar. Munculnya rasa sakit kepala dan pusing yang hebat bahkan kadang dapat membuat penderita vertigo tidak bisa bergerak.

Meskipun tampak sepele namun penyakit ini cukup menyiksa karena gejalanya bisa muncul secara tiba-tiba tanpa mengenal kondisi dan waktu.

Vertigo adalah salah satu penyakit yang tidak mematikan namun sangat mengganggu. Seorang yang mengalami vertigo merasakan sakit kepala yang sangat parah sehingga lingkungan sekitar terasa seperti berputar putar. Kondisi yang seperti ini sangat membuat seseorang menjadi tidak nyaman tentunya dalam melakukan aktivitasnya.

Gejala Penyakit Vertigo

Saat terserang penyakit vertigo, umumnya mereka merasa seluruh benda di sekelilingnya berjalan memutar dengan diikuti telinga berdengung. Akibatnya, rasa mual dan ingin muntah pun tak bisa terhindarkan. Jika penyakit vertigo itu terus berlanjut, maka penderita tidak kuat lagi berdiri dan akan terus terjatuh jika ia memaksakan diri untuk berdiri.

Bahkan jika ia telah berbaring dan menutup mata, ia tetap akan merasa tubuhnya berputar-putar, rasa berdebar-debar sampai menimbulkan pingsan. Serangan awal vertigo biasanya berlangsung beberapa jam saja. Namun jika tidak segera ditanggulangi, vertigo akan selalu kambuh dan kambuh lagi. Kekambuhan vertigo yang berulang-ulang kemungkinan besar menyebabkan stroke.

Bahaya Penyakit Vertigo

Pnyakit vertigo banyak terjadi di kalangan masyarakat mengindikasikan bahwa bahaya dan akibat vertigo berkepanjangan ternyata dapat menimbulkan gejala komplikasi pada penyakit lain seperti jantung, tumor otak atau infeksi saraf.

Komplikasi vertigo ini telah banyak dialami oleh penderita dengan gangguan dan gejala yang makin hari makin parah. Penyakit vertigo tidak bisa dipandang enteng karena gejala yang dirasakan penderita begitu mengganggu dan menyiksa.

Ada beberapa indikasi komplikasi vertigo yang harus anda waspadai:

  1. Komplikasi vertigo sebagai gejala infeksi saraf

Bila terjadi gangguan pada sistem saraf manusia maka akan menimbulkan berbagai gangguan pada sistem organ tubuh, diantaranya keluhan sakit kepala vertigo dengan interval yang berbeda beda tergantung dari kondisi infeksi itu sendiri.

Bila infeksi yang terjadi pada saraf masih tergolong ringan maka keluhan yang dirasakanpun tidak terlalu parah, namun jika infeksi saraf telah sangat parah maka bisa jadi gejala yang dirasakan juga lebih parah dan kadang hingga pingsan.

Bahaya dan akibat vertigo berkepanjangan bisa menyebabkan seseorang mengalami kerusakan pada sistem saraf hingga penderita kadang menjadi tuli dan gangguan pada penglihatan. Penderita vertigo juga bisa mengalami penurunan daya ingat seiring dengan kondisi vertigo yang lebih parah.

Seseorang yang telah terindikasi memiliki gejala vertigo sebaiknya menghindari aktifitas yang terlalu padat dan tidak dibebani dengan pemikiran yang berat karena bahaya dan akibat dari penyakit vertigo ini bisa sangat fatal.

  1. Komplikasi vertigo pada gangguan jantung

Bahaya dan akibat vertigo berkepanjangan bisa mengarah pada gangguan fungsi jantung. Sistem kerja organ jantung sangat berhubungan dengan susunan sistem saraf, hingga jika terdapat gangguan vertigo sebagai gangguan sistem saraf maka akan secara langsung berpengaruh pada fungsi organ jantung sebagai bagian organ pernafasan.

  1. Komplikasi vertigo pada tumor otak

Bahaya dan akibat vertigo berkepanjangan yang mengarah pada penyakit tumor otak harus diwaspadai karena salah satu gejala tumor dan kanker otak adalah bila penderita sering merasakan sakit kepala seperti berputar layaknya vertigo.

Cara Mengatasi Penyakit Vertigo

Berikut adalah cara alami yang dapat dilakukan untuk mengatasi penyakit vertigo:

  1. Ginko Biloba

Tanaman ini terbukti serbaguna, termasuk mengobati vertigo. Selain efektif dalam mengurangi gejala vertigo seperti sakit kepala, mual dan pusing. Ginko Biloba juga mampu meningkatkan sirkulasi darah dari telinga tengah yang mempertahankan keseimbangan tubuh.

  1. Almond

Almond kaya akan asam lemak esensial, vitamin dan mineral. Nutrisi di dalamnya juga membantu tubuh untuk mengatasi serangan vertigo. Tidak hanya itu, almond juga berkhasiat untuk menyembuhkan kelelahan dan sakit kepala yang terjadi karena vertigo. Anda dapat mencampur bubuk almond dalam susu panas dan diminum di pagi hari.

  1. Jahe

Jahe sudah terbukti sejak dahulu kala sebagai obat untuk mual dan muntah. Di samping itu, jahe juga sangat efektif dalam mengobati gejala vertigo. Pasalnya, jahe meningkatkan aliran darah di otak sehingga perasaan pusing dan kepala berputar akan hilang.

  1. Minyak Wijen

Ini adalah salah satu cara alami yang mudah dan efektif untuk mengobati vertigo. Campur minyak wijen dengan bubuk kapulaga, lalu tempelkan di kepala Anda. Cara ini berguna untuk meningkatkan sirkulasi darah otak.

  1. Air Putih

Air putih dapat membantu untuk mengontrol serangan vertigo. Ketika Anda mulai merasakan serangan vertigo, segera minum empat gelas air es dingin. Cara ini juga berfungsi untuk meredakan mual, muntah, letih dan pusing.

  1. Fokus pada sebuah object

Berkonsentrasi atau fokus pada suatu objek tertentu selama lima menit juga berguna untuk mencegah pingsan dan kehilangan keseimbangan tubuh ketika Anda terserang vertigo. Anda dapat fokus pada setiap objek yang ada di depan Anda ketika Anda mengalami mual dan mengantuk.

  1. Duduk atau berbaring

Hindari berdiri ketika Anda terkena vertigo. Segeralah duduk atau berbaring. Jika Anda memaksakan untuk berdiri, bisa-bisa Anda akan pingsan. Cara ini berguna untuk meredakan sensasi berputar dan pusing. Ketika duduk, posisikan kaki Anda lebih tinggi dari kepala agar sirkulasi darah di otak berjalan lancar.