skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Penjelasan Penyakit Vertigo Dan Obat Herbal!

Penjelasan Penyakit Vertigo Dan Obat Herbal!

Penyakit vertigo adalah gangguan keseimbangan yang terjadi pada telinga bagian dalam sehingga penderita vertigo merasa pusing atau ruang di sekelilingnya terasa berputar atau melayang. Penyakit vertigo menunjukkan bahwa telah terjadi ketidakseimbangan dalam tonus vestibular.

Ketidakseimbangan tonus vestibular dapat terjadi akibat telah hilangnya masukan perifer yang disebabkan kerusakan pada labirin dan saraf vestibular atau dapat disebabkan oleh kerusakan unilateral dari sel inti vestibular atau pada aktivitas vestibulocerebellar.

Pada umumnya, vertigo merupakan gejala yang dipicu oleh gangguan mekanisme keseimbangan pada telinga bagian dalam. Namun, ada beberapa penyakit lain yang juga bisa menjadi penyebabnya.

Gejala Penyakit Vertigo

Beberapa gejala dari penyakit vertigo yaitu:

– Otot terasa sakit.

– Mual dan muntah-muntah.

– Memori dan daya pikir menurun.

– Sensitif pada cahaya terang dan suara.

– Berkeringat.

– Pandangan gelap.

– Rasa lelah dan stamina menurun.

– Jantung berdebar.

– Hilang keseimbangan.

– Tidak mampu berkonsentrasi.

– Merasa seperti mabuk.

Dampak Penyakit Vertigo

Penyakit vertigo ini dapat berdapak terjadinya kelainan atau gangguan lain yang lebih berbahaya, seperti:

  1. Vertigo dapat menyebabkan Anda jatuh karena kehilangan keseimbangan

Jatuh dari posisi berdiri dapat menyebabkan cedera, termasuk patah tulang pinggul.

  1. Meningkatkan risiko kecelakaan saat berkendara

Apabila Anda menderita vertigo dan masih menggunakan kendaraan pribadi, berhati-hatilah, karena risiko kecelakaan bisa mengancam jiwa Anda.

  1. Berisiko terkena stroke atau masalah otak lainnya

Penyakit vertigo kerap membuat Anda menjadi kehilangan keseimbangan. Jika ketidakseimbangan berlangsung lebih dari beberapa hari, atau jika vertigo disertai kelemahan dan tidak adanya koordinasi pada salah satu bagian tubuh Anda, dapat dicurigai menderita stroke atau masalah otak lainnya.

  1. Membuat Anda kesulitan melakukan aktivitas sehari-hari

Penyakit vertigo dapat membuat kehidupan normal Anda menjadi sangat sulit. Hal ini juga kerap akan mengganggu aktivitas Anda, karena Anda menjadi kesulitan untuk berdiri atau pun berjalan. Terlebih jika Anda memiliki rutinitas bepergian sebagai aktivitas harian.

  1. Kehilangan pendengaran

Seseorang yang mengalami vertigo bisa saja kehilangan pendengarannya. Karena beberapa penyebab vertigo seperti penyakit Meniere dan Labirinitis berpotensi menyebabkan kehilangan pendengaran.

Obat Herbal Penyakit Vertigo

Untuk mengobati penyakit vertigo secara alami berikut beberapa

  1. Amla

Tanaman ini sangat manjur untuk menyembuhkan vertigo secara alami.caranya dengan membuat jus amla setiap kali sehari. Amla juga banyak mengandung vitamin C yang bagus untuk tubuh.

  1. Jahe

Jahe sangat efektif untuk menyembuhkan penyakit pusing maupun vertigo. jahe mampu meningkatkan dan memperlancar aliran darah ke otak sehingga sangat bagus untuk menyembuhkan penyakit vertigo dan pusing.

  1. Lada dan lemon

Caranya campurkan garam dan merica dalam jus lemon kemudian minum. Resep ini sangat efektif untuk menyembuhkan dan mencegah penyakit vertigo.

  1. Minyak wijen

Cara menyembuhkan penyakit vertigo dengan minyak wijen adalah dengan cara mencampur dengan kapulaga. kemudian tempelkan di kepala anda.

Manuver Epley Untuk Vertigo

Manuver epley adalah terapi yang bertujuan untuk mengeluarkan partikel kecil kalsium tadi dari saluran telinga dalam dan mengembalikannya pada posisi seharusnya. Proses ini memanfaatkan efek guncangan dan efek dari sistem gravitasi.

Proses dari manuver epley sendiri berupa gerakan-gerakan tertentu dari tubuh dan kepala dengan posisi-posisi khusus yang dilakukan secara berlawanan.

Setiap posisi dipertahankan selama setidaknya 30 detik, untuk memberi waktu bagi partikel kecil tadi untuk bergerak ke arah lain dari saluran telinga dengan mengandalkan tarikan dari gravitasi.