skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Penyakit Vertigo Dan Pencegahannya Dengan Hidup Sehat!

Penyakit Vertigo Dan Pencegahannya Dengan Hidup Sehat!

Penyakit vertigo adalah suatu kondisi medis dimana seseorang merasakan bahwa ruangan di sekitarnya atau dirinya seolah sedang berputar. Kata vertigo itu sendiri berasal dari bahasa yunani yaitu kata vetere yang artinya berputar. Artikel ini akan menjelaskan lebih jauh apa itu vertigo dan bagaimana cara mengobatinya.

Vertigo adalah sensasi berputar yang dirasakan oleh seseorang baik pada dirinya sendiri maupun pada lingkungan di sekitarnya. Vertigo sebenarnya bukanlah suatu penyakit yang berdiri sendiri, melainkan ini merupakan gejala dari penyakit yang menjadi penyebabnya.

Vertigo bisa berlangsung sebentar hanya beberapa menit, berlangsung hingga beberapa jam, dan bisa sampai beberapa hari. Vertigo bisa saja terjadi saat sedang dalam perjalanan jauh, sedang menaiki kendaraan di jalan yang berliku dan sebagainya.

Penyebab Penyakit Vertigo

Vertigo disebabkan karena gangguan keseimbangan di telinga bagian dalam (alat keseimbangan atau bagian vestibular) atau mungkin di otak.

Bentuk paling sering dari vertigo adalah Benign Paroxymal Positional Vertigo (BPPV), yaitu adanya ilusi gerakan yang disebabkan oleh gerakan kepala secara mendadak atau gerakan kepala ke arah tertentu. Jenis seperti ini umumnya tidak berat dan dapat diatasi.

Penyebab lain dari penyakit vertigo adalah terjadinya peradangan pada telinga bagian dalam (labirintis), yang ditandai dengan kejadian vertigo yang tiba-tiba dan kadang diikuti dengan kehilangan pendengaran.

Penyebab paling sering adalah infeksi vrial atau bakteri. Beberapa penyakit lain juga bisa menyebabkan vertigo, seperti menire disease, perdarahan di otak, multiple sclerosis, cedera kepala dan migrain.

Penyakit vertigo yang disebabkan oleh penyakit meniere ini dapat terjadi akibat adanya peningkatan yang terjadi pada endolimfe yang juga memiliki hubungan dengan distensi seluruh sistem endolinfatik.

Pada penyakit meniere ini lah yang dapat mengakibatkan telinga bagian dalam pada penderita memiliki cairan yang pada akhirnya akan dapat mempengaruhi keseimbangan tubuh dari penderita dan menyebabkan kambuhnya penyakit vertigo yang dialami.

Sedangkan penyakit vertigo yang disebabkan oleh penyakit migrain ini merupakan salah satu jenis sakit kepala tetapi juga dapat mempengaruhi pengelihatan penderita. Vergitu yang anda alami yang disebabkan oleh penyakit migrain ini dapat berlangsung selama beberaoa menit hingga dapat juga terjadi hingga beberapa hari.

Pencegahan Penyakit Vertigo

Berikut ini adalah beberapa macam tindakan pencegahan untuk vertigo, antara lain:

  1. Menerapkan gaya hidup sehat

Gaya hidup sehat dengan konsumsi makanan seimbang nutrisi dan olahraga ringan bisa menjadi pencegahan untuk vertigo. Anda bisa mengurangi konsumsi makanan cepat saji, dan selalu menerapkan latihan ringan. Tidak hanya untuk pencegahan penyakit vertigo, menerapkan gaya hidup sehat juga baik bagi kesehatan tubuh. Salah satunya gaya hidup sehat awet muda.

  1. Mengurangi semua faktor resiko seperti mencegah stroke, kolesterol tinggi, kadar gula tinggi dan berat badan berlebih

Kondisi ini diperlukan untuk tetap mempertahankan kondisi kesehatan dalam tahap yang stabil dan baik. Resiko vertigo selalu lebih tinggi pada orang yang beresiko menderita stroke.

  1. Penderita vertigo bisa mengendalikan gangguan ini dengan menjalani perawatan sesuai dengan penyebabnya

Jika penyebabnya infeksi telinga maka harus melakukan perawatan untuk mengatasi masalah infeksi pada telinga.

  1. Konsumsi berbagai jenis buah-buahan yang mengandung banyak air

Buah yang banyak mengandung air seperti buah pir, apel, belimbing dan jenis buah lain. Selain itu asupan sayuran hijau juga sangat baik untuk mencegah vertigo.

  1. Mengendalikan diri agar kondisi pikiran dan perasaan tidak terlalu tertekan sehingga terhindar dari setres.