skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Penyakit Vertigo Dan Penyebabnya Adalah …

Penyakit Vertigo Dan Penyebabnya Adalah …

Penyakit Vertigo adalah gejala vertigo sensasi diri merasa berputar yang serangannya secara tiba-tiba. Serangan yang dirasakan terkadang menghambat rutinitas. Serangan Vertigo sendiri mulai dari pusing secara perlahan hingga berkala dan menyebabkan penderita sulit melakukan serangkaian aktivitasnya sehari-hari.

Seperti pusing secara tiba-tiba atau terkadang orang menyebutnya sebagai perasaan halusinasi seolah-olah lingkungan atau diri sendiri yang sedang bergerak.

Anda mungkin pernah merasakan pusing ketika bangkit dari duduk yang berlama-lama atau berbaring di tempat tidur kemudian terserang kepala yang berputar-putar. Kenali penyebabnya bisa saja itu bukan dikarenakan anemia melainkan penyakit vertigo telah menyerang anda.

Penyebab Penyakit Vertigo

Vertigo pada awalnya memang hanya gejala pusing yang biasa. Namun tanpa perawatan yang tepat maka pusing biasa akan menjadi vertigo sehingga menyebabkan penderita tidak bisa melakukan berbagai aktifitas. Penyebab dari penyakit vertigo biasanya adalah salah satu infeksi yang terjadi pada bagian dalam telinga. Berikut ini adalah beberapa penyebab vertigo secara khusus, yaitu:

  1. Gangguan Sistem Saraf Pusat

Saraf pusat adalah penanggung jawab keseimbangan tubuh. Namun jika ada kerusakan pada leher, stroke, tumor, dan multiple sclerosis, kinerja saraf pusat bisa jadi akan menurun.

  1. Infeksi atau Peradangan Akibat Bakteri dan Virus

Flu, pilek, atau peradangan lain bisa mengganggu keseimbangan tubuh dan meicu penyakit vertigo.

  1. Gangguan Telinga Bagian Dalam

Ketika anda mengubah posisi kepala secara tiba-tiba, resiko untuk terkena vertigo. Vertigo tipe ini disebabkan karena adanya masalah atau gangguan pada telinga khususnya bagian dalam.

  1. Migrain

anda mungkin akan menganggap sepele migrain, karena gangguan kesehatan ini mampu mempengaruhi penglihatan anda. Vertigo jenis ini diakibatkan karena migrain yang berlangsung selama beberapa waktu.

  1. Sering Mengkonsumsi Obat Tertentu

Jika anda sedang dalam tahap pengobatan, pastikan untuk menanyakan apakah obat yang dikonsumsi berefek samping untuk menimbulkan vertigo. Obat-obatan dengan kandungan kimia tertentu diyakini menjadi salah satu faktor penyebab vertigo.

  1. Konsumsi Obat Jangka Panjang

Mengkonsumsi obat tertentu selama jangka waktu yang panjang juga bisa menyebabkan kerusakan pada bagian dalam telinga. Kerusakan ini akan menyebabkan vertigo dan gangguan keseimbangan lain. Kondisi ini biasanya akan terjadi tanpa disadari sehingga sulit untuk menemukan perawatan yang tepat.

  1. Masalah Penglihatan

Ketika terdapat masalah pada penglihatan, maka keseimbangan tubuh akan terganggu. Jika keseimbangan tubuh terganggu, maka resiko untuk terkena vertigo akan meningkat.

  1. Cedera cada Kepala

Kepala yang terbentur, terjatuh, atau terkena pukulan dapat membuat cedera pada kepala. Namun tidak semua jenis cedera pada kepala akan menimbulkan vertigo. Hal ini hanya berlaku jika cedera terjadi pada bagian-bagian tertentu pada kepala anda.

  1. Stres

Beban hidup memang selalu datang, namun anda tidak harus terlalu memikirkannya. Yang harus anda lakukan adalah menyelesaikan masalah agar tidak berlarut-larut dan menjadi beban pada kepala anda.

  1. Merokok

Merokok akan mengikat oksigen dan menghambat peredaran darah. Hampir dapat dipastikan jika peredaran darah tidak lancar, maka anda akan merasa lemas, pusing, bahkan pingsan.

  1. Kurang Tidur

Tubuh manusia bukanlah robot yang bisa melakukan apa saja tanpa beristirahat. Kekurangan waktu untuk tidur dan beristirahat bisa mengaburkan konsentrasi dan pandangan serta membuat kepala pusing bahkan berputar.

  1. Sering Marah

Nah, untuk yang satu ini memang sudah sangat jelas. Ketika anda marah, tekanan darah akan naik secara spontan dan itu jelas tidak bagus dampaknya bagi kesehatan anda.