skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Penyakit Vertigo Itu Apa?

Penyakit Vertigo Itu Apa?

Vertigo adalah sakit kepala akibat gangguan keseimbangan kepala sekitar telinga bagian dalam sehingga menyebabkan penderita merasa pusing bahkan mual dalam artian keadaan ruang atau lingkungan sekelilingnya terasa seolah-olah berputar ataupun melayang.

Penyakit vertigo yang menyerang seseorang akan diikuti oleh berbagai gejala. Gejala-gejala dari penyakit vertigo ini dapat membuat tubuh seseorang menjadi lebih sakit dan bahkan menimbulkan bahaya lain yang disebabkan oleh gejala-gejala tersebut.

Penyebab Penyakit Vertigo

Penyakit vertigo di fase awal adalah sakit kepala biasa. Namun penanganan yang tidak tepat dapat menimbulkan bahaya vertigo menjadi lebih parah. Berikut adalah beberapa hal yang menyebabkan penyakit vertigo:

  1. Trauma pada bagian kepala

Penyebab bahaya dari penyakit vertigo yang pertama adalah trauma yang dialami oleh kepala. Trauma pada bagian kepala sering disebabkan oleh kecelakaan atau benturan yang menyebabkan kepala menjadi mengalami vertigo yang lebih parah.

Anda harus mewaspadai resiko trauma kepala ini dengan meminimalisir peluang kecelakaan dan benturan yang mungkin mengancam anda. Jadi jagalah kesehatan kepala anda dengan tidak membahayakan diri anda akibat dari trauma pada bagian kepala.

  1. Gangguan pada telinga bagian dalam

Vertigo dan bahayanya juga dapat disebabkan oleh gangguan pada telinga bagian dalam yang sering menyerang pendengaran seseorang. Jenis gangguan ini dapat berupa luka di saluran pendengaran atau hal-hal lain yang sangat membahayakan jika tidak diketahui lebih cepat.

Gangguan pada saluran pendengaran ini dapat menyerang sistem saraf yang menjaga keseimbangan tubuh. Oleh sebab itu, anda harus menjaga gangguan saraf tetap terjaga dengan menjaga kesehatan telinga bagian dalam anda

  1. Efek samping migrain

Penyebab bahaya dari penyakit vertigo yang lainnya adalah efek samping sakit kepala sebelah (migrain) yang menyerang manusia. Migrain pada satu bagian kepala sering disebabkan oleh konsumsi makanan yang tidak sehat, stress, dan penyebab-penyebab lainnya.

Oleh karena itulah, anda harus mewaspadai resiko dari efek samping migran ini dengan meminimalisir peluang dari penyebab migrain dapat menyerang seseorang. Jadi jagalah kesehatan kepala anda dengan tidak membuat vertigo menjadi lebih parah akibat migrain yang juga amat parah efek sampingnya untuk kesehatan kepala anda.

  1. Infeksi pada telinga bagian dalam

Seperti yang sudah diketahui infeksi pada bagian telinga bagian dalam sangat berbahaya karena akan mengganggu keseimbangan tubuh seseorang. Keseimbangan tubuh yang terganggu ini dapat menyebabkan berbagai hal menyerang seseorang, terutama vertigo yang sangat bahaya gejalanya.

Oleh sebab itu, anda harus mencegah infeksi pada telinga dalam terjadi untuk menghindari bahaya dari vertigo yang mengancam anda.

Gejala Penyakit Vertigo

Tentu anda ingin mengetahui apa saja bahaya vertigo yang disebabkan oleh gejala-gejala ini. Berikut ini adalah gejala-gejala dari penyakit vertigo:

  1. Keringat dingin menyerang

Selanjutnya gejala vertigo yang sering membahayakan adalah keringat dingin yang menyerang. Seorang penderita vertigo yang pusing dan keringat dingin akan menyebabkan seseorang menjadi lebih lemah dari biasanya. Penderita akan mengalami kesulitan dalam menopang tubuhnya dan kemudian jatuh pingsan.

Itulah sebabnya mengapa seseorang yang menderita vertigo dapat menyebabkan keringat dingin dan kemudian membahayakan diri seseorang. Jadi anda lebih baik mencegah berbagai bahaya dari vertigo dengan melakukan perawatan tubuh dengan mencegah terjadinya keringat dingin menyerang.

  1. Mata tidak lagi peka dan reflek

Gejala lain yang dapat menyebabkan bahaya akibat vertigo adalah mata yang tidak lagi peka dan reflek. Oleh sebab itu, anda diharapkan dapat menghindari bahaya mata yang tidak lagi peka dan reflek. Anda dapat menjaga mata yang tidak peka dan reflek dengan mengurangi aktivitas yang membahayakan anda karena penggunaan mata yang tidak peka dan reflek.

Oleh sebab itu, lakukanlah aktivitas yang lebih mudah dan tidak beresiko ketika anda sedang mengalami vertigo yang kambuh. Cara ini dipercaya ampuh untuk dapat menjaga anda dari bahaya bahaya yang ditimbulkan oleh penyakit vertigo.

  1. Rasa mual dan muntah yang berlebihan

Mual dan muntah yang berlebihan pun merupakan adalah gejala dari vertigo yang sering membahayakan penderitanya. Gejala yang satu ini dapat membahayakan karena efeknya untuk kesehatan lambung sangatlah banyak. Lambung yang sering merasakan mual dan muntah dapat terganggu kesehatannya dalam melakukan pengolahan makanan.

Itulah sebabnya, penderita vertigo pun akan banyak kehilangan nafsu makan. Mengenai gejala kehilangan nafsu makan ini akan dijelaskan pada bagian selanjutnya. Oleh sebab itu, waspadailah gejala mual dan muntah yang sering menyerang anda.

  1. Sulit untuk beraktivitas dengan normal

Gejala lain yang ditimbulkan oleh vertigo adalah sulitnya beraktivitas karena mobilitas yang mayoritas terganggu. Mobilitas ini terganggu akibat dari gangguan gerak, dengar, dan lihat yang pasti dialami oleh penderita vertigo saat penyakitnya kambuh.

Itulah sebabnya, penderita vertigo sangat disarankan untuk mengurangi aktivitasnya mengingat gangguan aktivitas ini akan sangat membahayakan anda jika sewaktu-waktu vertigo tersebut kambuh. Hal ini penting untuk diperhatikan karena ada banyak keadaan yang menyebabkan aktivitas yang terlalu padat pada penderita vertigo berujung pada bahaya.

  1. Gangguan penglihatan karena pandangan kabur

Penderita vertigo saat vertigo kambuh pun seringkali mengalami gangguan penglihatan. Keberadaan gangguan penglihatan ini contohnya adalah dalam hal kaburnya gambaran dari suatu hal yang dilihat oleh mata. Fokus mata yang kabur ini dapat menyebabkan seseorang dengan penyakit vertigo berbahaya keadaannya.

Keadaan bahaya yang dimaksud ini adalah bahaya ketika seseorang beraktivitas dengan kondisi mata yang kabur dan tidak fokus. Bahkan mungkin saja, gangguan penglihatan ini dapat berujung kematian karena ketidak hati-hatian penderita itu sendiri.