skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Apa Itu Penyakit Vertigo Perifer?

Apa Itu Penyakit Vertigo Perifer?

Vertigo perifer paling sering disebabkan oleh vertigo posisional benigna. Serangan vertigo ini dapat dicetuskan oleh perubahan posisi kepala. Bila kepala bergerak, misalnya berguling sewaktu tidur atau menengadah menjatah barang di rak yang lebih tinggi maka akan timbul pusing berputar, sempoyongan, terasa goyang, seperti mau jatuh. Vertigo ini berlangsung beberapa detik dan kemudian mereda.

Penyakit vertigo perifer disebabkan karena gangguan keseimbangan di telinga bagian dalam (alat keseimbangan atau bagian vestibular) atau mungkin di otak.

Bentuk paling sering dari vertigo adalah Benign Paroxymal Positional Vertigo (BPPV), yaitu adanya ilusi gerakan yang disebabkan oleh gerakan kepala secara mendadak atau gerakan kepala ke arah tertentu, jenis seperti ini umumnya tidak berat dan dapat dibatasi.

Penyebab lain penyakit vertigo perifer adalah peradangan pada telinga bagian dalam (labrinitis) yang ditandai dengan kejadian vertigo yang tiba-tiba dan kadang diikuti dengan kehilangan pendengaran. Penyebab lain dari vertigo adalah peradangan telinga bagian dalam (labrinitis) yang ditandai dengan kejadian vertigo yang tiba-tiba dan kadang diikuti dengan kehilangan pendengaran.

Penyebab paling sering adalah infeksi viral atau bakteri. Beberapa penyakit lain juga bisa menyebabkan penyakit vertigo seperti meniere disease, pendarahan diotak, multiple sclerosis, cedera kepala dan migrain.

Gejala Penyakit Vertigo Perifer

Gejala vertigo perifer adalah pandangan yang kabur/gelap, letih, lesu, lelah dan stamina menurun, sakit kepala, detak jantung yang berdebar dengan cepat, kehilangan keseimbangan, kehilangan konsentrasi, nyeri otot terutama di leher dan punggung, mual, muntah. kemampuan kognitif menurun, muncul perasaan seperti sedang mabuk, serta sensitif terhadap cahaya dan bunyi serta berkeringat.

Gangguan kesehatan yang biasanya berhubungan dengan penyebab vertigo perifel antara lain adalah penyakit-penyakit seperti gangguan akibat kesalahan pengiriman pesan. Gangguan ini dapat mengakibatkan penderita melakukan respon yang salah terhadap suatu hal.

Penyakit meniere atau gangguan kesembangan yang sering kali dapat menjadi penyebab hilangnya pendengaran. Terjadinya peradangan pada sel-sel saraf. Dan juga karena adanya radang di bagian dalam dari pendengaran anda.

Diagnosis Penyebab Vertigo Perifer

Sebelum dokter memulai pengobatan, harus ditentukan sifat dan penyebab dari penyakit vertigo yang diderita oleh seseorang. Gerakan mata yang abnormal menunjukkan adanya kelainan fungsi telinga pada bagian dalam atau saraf yang menghubungkan saraf mata dengan saraf otak.

Nistagmus adalah gerakan mata yang cepat dari kiri ke kanan atau dapat juga dari atas ke bawah. Arah dari gerakan mata tersebut dapat membantu diagnosis penyakit vertigo yang jelas Penyebab Vertigo Perifer telah diketahui.

Nistagmus dapat dirangsang dengan menggerakkan kepala penderita yang dilakukan secara tiba-tiba atau dengan meneteskan air dingin ke dalam telinga penderita. Untuk menguji keseimbangan tubuh, penderita diminta untuk berdiri kemudian berjalan dalam satu garis luruh dengan awal gerakan mata yang terbuka kemudian dengan mata tertutup.

Tes pendengaran juga seringkali bisa digunakan untuk mengentukan adanya kelainan telinga yang dapat mempengaruhi keseimbangan dan pendengaran.

Pemeriksaan lain yang dapat digunakan untuk membantu diagnosis penyakit vertigo yang dialami adalah dengan melakukan CT scan, arai MRI kepala, yang bisa menunjukkan kelainan yang terjadi pada tulang penderita atau tumor yang menekan saraf otak penderita. Jika ada dugaan mengenai terdapatnya penurunan aliran darah ke otak, maka harus dilakukan pemeriksaan angiogram.

Pemeriksaan yang dilakukan berfungsi untuk melihat adanya sumbatan pada pembuluh darah yang menuju ke otak yang menjadi penyebab vertigo perifer.

Pengobatan Penyebab Vertigo Perifer

Untuk penderita penyakit vertigo dapat diringankan dengan memberikan pengobatan. Pengobatan yang dapat anda berikan adalah dengan menggunakan resep dokter seperti:

  1. Antiemetik

Adalah jenis obat-obatan yang sering digunakan dalam penatalaksanaan mual dan muntah yang sering menjadi gejala dari penderita penyakit vertigo.

  1. Benzodiazepin

Sekelompok obat golongan psikotropika yang memiliki efek antiansietas. Benzodiazepin ini memiliki 5 efek famakologis sekaligus yaitu anxiolisis, sedasi, anti konvulsi, relaksasi otot melalui medula spinalis, dan amnesia retrograde.

  1. Antihistamin

Obat yang bekerja dengan menghalangi efek dari protein yang disebut dengan histamin. Obat antihistamin ini tersedia dalam bentuk tablet atau kapsul, krim, lotion, dan gel.