skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Penyakit Vertigo Sentral Adalah …

Penyakit Vertigo Sentral Adalah …

Vertigo sentral adalah salah satu jenis penyakit vertigo yang sering terjadi pada banyak pasien vertigo kami. Banyak dari mereka yang mengeluhkan rasa pusing pening pada kepala mereka pada saat tertentu dan sering kehilangan keseimbangan adalah salah satu ciri dari penyakit ini.

Dari kebanyakan pasien kami saat terjadi pusing sering mereka mengkonsumsi obat vertigo resep dokter sebagai usaha mengurangi gejala pusing yang terjadi namun yang perlu anda catat adalah pengurangan gejala tidak bisa menyembuhkan secara total ke pusat penyebab sakit kepala dan pusing akan kembali lagi.

Biasanya obat dari dokter berupa obat vertigo generik selain hanya mengurangi gejala juga nanti akan berakibat buruk pada masa mendatang.

Penyebab Vertigo Sentral

Penyebab vertigo sentral adalah akibat adanya gangguan pada batang otak manusia atau pada serebelum. Mungkin anda bertanya bagaimana kita akan tahu kalau vertigo yang terjadi itu adalah sentral atau perifier.

Kata dokter spesialis vertigo untuk menentukan hal ini anda bisa memahami dari beberapa ciri khas penyakit vertigo sentral sehingga anda bisa memastikan jenis vertigo yang sedang anda alami.

Vertigo sentral (central vertigo) melibatkan proses penyakit yang memengaruhi batang otak (brain stem) atau cerebellum. Beberapa penyakit yang dapat menyebabkan vertigo sentral antara lain:

– Cerebellar infarction.

– Cerebellar hemorrhage.

– Vertebrobasilar insufficiency.

– Acoustic schwannomas atau meningiomas.

– Cerebellar pontine angle tumors.

Gejala Vertigo Sentral

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, vertigo sentral pada umumnya menyerang bagian otak bawah atau di bagian batang otak (serebellum). Cara mudah untuk menentukan apakan gangguan vertigo berada pada bagian batang otak kita dapat menyelidikinya sendiri.

Apakah gejela vertigo sentral menimbulkan gejala lain yang khas bagi gangguan di batang otak tersebut, seperti diplopia (pandangan double), parestesi (kesemutan), perubahan senstibilitas dan fungsi motorik. Sudah banyak penderita penyakit ini yang mengeluhkan rasa lemah pada tubuh.

Selain itu kita juga harus membedakan antara kelemahan umum yang biasa terjadi dengan kelemahan yang disebabkan oleh adanya gangguan di batang otak.

Gangguan pada serebellum terkadangan sangat sulit ditentukan. Misalnya pada stroke serebelar gejalanya bisa seperti gangguan vetibular periferal. Anda harus mencari gejala gangguan serebelar lainnya, seperti yang terjadi pada gangguan koordinasi.

Seorang penderita gangguan serebelar kemungkinan akan memiliki kesulitan dalam melaksakan gerak supinasi dan pronasi tangannya secara berturut-turut.

Sebelum anda melakukan pemeriksaan sederhana untuk membedakan antara penyakit vertigo dengan pusing kepala biasa, biasanya dokter akan terlebih dahulu menanyakan gejala-gejalanya. Terkadang dokter juga akan menganjurkan untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut apabila diperlukan.

Tips ketika gejala vertigo menyerang adalah:

– Ketika bisa berbaring, pertahankan posisi tersebut sampai serangan vertigo berkurang, atau hilang.

– Buka mata pelan-pelan, lalu coba miringkan badan, atau kepala ke kiri dan ke kanan. Jika dengan gerakan ini serangan vertigo ternyata datang kembali, maka itu berarti Anda harus segera memejamkan mata, atau kembali ke posisi semula.

– Bila karena proses perifera vertigo cepat berkurang, maka segeralah konsultasi ke dokter syaraf.

– Kalau di rumah Anda tersedia obat antivertigo, maka Anda bisa mengonsumsi obat tersebut. Demikian pula jika di rumah Anda tersedia obat anti muntah, maka Anda bisa mengkomsinya.

– Jangan panik begitu gejala vertigo menyerang. Tarik napas dalam-dalam, pejamkan mata, dan segeralah berusaha mencari posisi yang memungkinkan Anda berbaring. Jika tidak memungkinkan, maka segeralah duduk.

– Pastikan Anda dalam posisi aman (berpegangan tangan). Tunggu beberapa menit untuk memastikan apakah serangan vertigo berkurang, atau tidak.

– Jika Anda merasa mual dan ingin muntah, maka segeralah mencari bantuan orang-orang di dekat Anda untuk membantu Anda ke toilet. Pada beberapa kasus, setelah muntah keluhan vertigo ini menjadi berkurang.