skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Penyebab Dan Cara Mengobati Penyakit Vertigo Pada Tubuh!

Penyebab Dan Cara Mengobati Penyakit Vertigo Pada Tubuh!

Vertigo adalah sensasi berputar yang dirasakan pasien. Pasien merasa badannya berputar terhadap ruangan atau ruangan yang berputar terhadap badannya. Intinya ada sensasi berputar terhadap lingkungan sekitar.

Gejala dari vertigo yang dialami bisa enteng, mungkin juga berat. Ada yang menyembuh sendiri, ada pula yang perlu operasi untuk penyembuhannya. Sensasi berputar itu dikenal dengan istilah Benign Paroxysmal Positional Vertigo (BPPV). Kejadian itu melibatkan kanalis semisirkulari posterior pada bagian dalam telinga.

Penyebab Penyakit Vertigo

Beberapa hal yang mungkin menjadi penyebab penyakit vertigo yaitu:

  1. Konsumsi Obat Jangka Panjang

Mengkonsumsi obat tertentu selama jangka waktu yang panjang juga bisa menyebabkan kerusakan pada bagian dalam telinga. Kerusakan ini akan menyebabkan vertigo dan gangguan keseimbangan lain. Kondisi ini biasanya akan terjadi tanpa disadari sehingga sulit untuk menemukan perawatan yang tepat.

  1. Trauma Kepala

Orang yang pernah mengalami kecelakaan dan menyebabkan trauma pada kepala bisa menyebabkan vertigo. Cedera yang terjadi pada kepala dan leher yang tidak dirawat dengan tepat bisa menyebabkan vertigo pada saat tertentu.

  1. Migrain

Orang yang menderita migren lebih rentan mengalami gangguan penyakit vertigo. Migrain adalah salah satu jenis penyakit kepala atau pusing yang terjadi selama beberapa saat namun pada salah satu sisi saja. Kondisi ini perlu mendapatkan perawatan serius sebelum menjadi vertigo.

  1. Stroke

Gangguan stroke pada lanjut usia bisa menjadi pemicu vertigo. Penyakit ini akan menyebabkan gangguan syaraf yang berhubungan dengan keseimbangan pada tubuh atau fisik dan penyakit pada otak dan telinga. Gejala stroke ringan bisa saja terjadi jika vertigo muncul dalam jangka waktu yang sering.

Cara Mengobati Penyakit Vertigo

Beberapa mengobati penyakit vertigo:

  1. Makan strawberry

Buah ini memiliki bentuk yang unik dan warna yang cerah, sehingga menimbulkan rasa ketertarikan untuk memakannya. Buah ini terkadang memiliki rasa asam dan kalian bisa menggunakan strawberry untuk memutihkan gigi. Dan bukan hanya itu saja yang bisa di atasi, tapi obat vertigo dari bahan alami juga bisa memakai bahan tersebut. Cara membuat ramuan ini, untuk penyembuhan vertigo, bisa di blender yang di campurkan dengan yogurt. Konsumsi lah dengan rutin, agar penyakitnya dapat cepat sembuh. Kandungan strawberry terdiri dari vitamin e, k, a, b1, b2, b3, dan b6.

  1. Minum Teh dan Jahe

Jahe menjadi salah satu obat yang sangat ampuh untuk mengatasi kepala sering pusing, vertigo, serta mual dan muntah karena sakit kepala berlebihan. Anda bisa mencoba untuk membuat teh panas dengan gula sedikit kemudian tambahkan beberapa potong jahe mentah yang sudah bersih.

Minuman ini akan membuat sakit kepala menjadi berkurang, mengurangi rasa mual dan muntah serta mengatasi masalah tekanan darah.

  1. Ramuan Madu dan Ketumbar

Anda bisa mencoba untuk membuat ramuan madu dan ketumbar dengan cara menyeduh biji ketumbar. Rendam dalam air selama 24 jam kemudian ambil airnya. Anda juga bisa menghangatkan airnya kemudian mencampurnya dengan madu serta minum selagi masih hangat. Bisa juga ditambahkan perasan air jeruk lemon agar minuman terasa lebih segar.

Pantangan Penyakit Vertigo

Saat anda sedang menjalani pengobatan penyakit vertigo perhatikan juga beberapa pantangannya seperti:

  1. Makanan bersantan

Masyarakat Indonesia juga terkenal gemar memakan makanan bersantan. Perlu diingat, santan juga dapat menambah kandungan kolesterol dalam tubuh. Apa lagi bagi penderita vertigo yang sangat sensitif tubuhnya. Karena bisa-bisa menambah rasa pusing datang ataupun rasa mual.

  1. Gorengan

Makanan yang digoreng juga wajib dihindari bagi penderita penyakit vertigo. Minyak sayur tidak begitu baik untuk tubuh. Kalaupun ingin memakan makanan yang digoreng perhatikan minyak yang digunakan.

Cobalah gunakan minya zaitun ataupun olive oil agar lebih sehat. Atau yang lebih baik tentu makanlah makanan yang direbus atau dikukus. Karena bahaya gorengan bukan hanya untuk vertigo, melainkan juga berdampak untuk kanker.

  1. Kopi

Kopi mengandung banyak kafein yang tinggi. Bagi penderita penyakit vertigo, mengkonsumsi kopi dapat menimbulkan rasa mual akibat lambung yang sedang lemaah dan sensitif. Tentu rasa mual tersebut akan memicu kambuhnya vertigo lebih sering. Lebih baik pperbanyak minum air putih bagi penderita penyakit vertigo.

  1. Olahan nasi

Hidangan yang merupakan olahan nasi seperti nasi uduk dan nasi kuning juga lebih baik dihindari. Kandungan santan dan terlalu banyak rempah-rempah juga dapat memicu kambuhnya vertigo bagi penderita penyakit vertigo.