skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Penyebab Dan Ciri-Ciri Penyakit Gagal Ginjal

Penyebab Dan Ciri-Ciri Penyakit Gagal Ginjal

Penyakit gagal ginjal ialah hilangnya fungsi ginja baik secara keseluruhan maupun sebagian. Gagal ginjal Kronis adalah kondisi dimana fungsi ginjal akan menurun secara pelan pelan dan bertahap. Gagal ginjal kronis adalah kerusakan ginjal seperti kelainan jaringan, komposisi darah dan urin yang dialami dalam kurun waktu lebih dari 3 bulan.

Pada penderita gagal ginjal kronis pada awalnya tidak menimbulkan gejala, hal ini membuat para pengidap penyakit tidak menyadari penyakit ini sampai pada akhirnya penyakit ini memasuki tahap kronis.

Penyebab Penyakit Gagal Ginjal

Ada beberapa penyebab dari penyakit gagal ginjal kronik baik dari penanggulangan yang kurang baik pada saat masih berupa gagal ginjal akut ataupun penyebab lainnya. Penyakit ini juga dapat disebabkan oleh gangguan kondisis kesehatan lain seperti hipertensi (tekanan darah tinggi), diabetes melitus (kencing manis) dan juga glomerulonefritis.

Secara medis, penyakit ini bisa terjadi pada bagian ginjal yang berbeda dan hal ini menjadi salah satu dasar pengklasifikasian penyakit ini, yaitu Vaskular, Glomerulus, Tubulointerstitial, dan Obstruktif.

Pembagian atau klasifikasi dari penyakit ginjal berdasarkan bagian ginjal yang diserang memang cukup membingungkan bagi sebagian besar orang. Sebagian besar orang lebih mengenal istilah gagal ginjal saja dan bukannya istilah-istilah medis seperti yang disebutkan diatas.

Bagaimana dengan cara mendiagnosa penyakit ini sendiri? Diagnosa itu sendiri sangat penting karena hal ini dapat membedakan antara gagal ginjal kronis dan gagal ginjal akut yang bisa disembuhkan. Pengukuran ukuran ginjal bisa dilakukan untuk mendeteksi penyakit gagal ginjal kronis.

Orang yang menderita penyakit ini biasanya memiliki ukuran ginjal yang lebih kecil (dibawah 9 cm) daripada ginjal normal. Tes dengan mengukur kadar serum kreatinin dalam urin seseorang juga bisa digunakan untuk membedakan orang yang menderita gagal ginjal akut dan kronis.

Gagal ginjal kronis ditandai dengan peningkatan kadar serum kreatinin secara bertahap (dalam hitunngan bulan atau tahun) sedangkan pada penderita gagal ginjal akut, kadar serum kreatininnya akan meningkat secara mendadak.

Ciri Penyakit Gagal Ginjal

Beberapa ciri dari penyakit ginjal yaitu:

  1. Nafas yang Pendek-pendek

Pada kondisi normal waktu yang diperlukan untuk menarik nafas dan menghembuskannya adalah sekitar 3 detik. Pada kondisi penderita penyakit ginjal waktu yang diperlukan untuk menarik dan menghembuskan nafas bisa kurang dari 3 detik. Sehingga penderita penyakit ginjal akan memiliki nafas yang pendek-pendek. Penyebabnya tidak lain adalah karena orag paru-paru yang tidak dapat bekerja sebagaimana fungsinya.

  1. Mengalami Pusing Kepala

Penyebab utama pusing kepala yang dirasakan penderita penyakit ginjal adalah karena anemia yang diderita. Konsentrasi kadar oksigen dan sel darah merah dalam tubuh yang sedikit menyebabkan pasokan sel darah merah dan oksigen ke otak menjadi menurun. Kondisi inilah yang menyebabkan rasa pusing yang akan dialami.

  1. Lebih Mudah Lelah

Serangan anemia yang diderita penderita penyakit ginjal akan menyebabkan kondisi mudah kelelahan. Rasa kelelahan bisa melanda walupun tidak melakukan aktivitas yang berat. Kondisi ini diperparah dengan rasa pusing yang terus muncul.

  1. Gatal yang Ekstrim pada Bagian Tubuh

Penderita penyakit ginjal akan mengalami kondisi gatal yang ekstrim. Gatal yang dirasakan bukan seperti gatal biasa akibat gigitan semut atau ulat. Rasa gatal tersebut durasakan terutama pada bagian dada, kaki dan tangan. Rasa gatal itu terus datang dan jika digaruk maka akan menimbulkan bekas luka walaupun dengan garukan yang ringan.

  1. Kesulitan Bernafas

Kondisi dimana penderita mengalami kesulitan bernafas disebabkan karena adany cairan yang menumpuk pada paru-paru. Cairan tersebut menutupi organ paru dan membuat udara didalam paru-paru hanya sedikit. Sehingga hal ini membuat penderita akan mengalami sesak nafas akibat adanya timbunan cairan di paru-paru.

  1. Mengalami Anemia

Anemia atau kekurngan sel darah merah disebabkan karena produksi sel darah merah dalam tubuh berkurang. Berkurangnya produksi ini disebabkan oleh menurunnya kadar oksigen dalam paru-paru sehingga produksi sel darah merah juga mengalami penurunan. Kondisi paru-paru yang dipenuhi cairan menyebabkan kadar oksigen menurun sehingga kinerja paru-paru untuk memproduksi sel darah merah menjadi terhambat.

Pengobatan Penyakit Gagal Ginjal

Gagal ginjal akut masih dapat disembuhkan jika dilakukan pengobatan secara tepat. Sedangkan gagal ginjal kronik tidak dapat disembuhkan dan harus menjalani pengobatan seumur hidup.

Berikut cara mengatasi penyakit ini:

  1. Minum Air Putih yang Banyak

Banyak minum air putih sudah terbukti baik untuk meningkatkan kesehatan organ-organ tubuh, termasuk bagian ginjal.

Dengan terapi air putih setidaknya 2 liter per hari, walau kemungkinan mengobatinya hingga sembuh sangat kecil, tubuh akan senantiasa terhidrasi dan air yang masuk ke dalam tubuh juga akan membantu agar ginjal dapat membuang racun-racun yang ada pada tubuh Anda.

Air jugalah yang memiliki peran penting dalam mempertahankan konsentrasi serta volume darah, melancarkan pencernaan, dan mengendalikan suhu tubuh sehingga perawatan ginjal akan lancar.

  1. Menghindari Konsumsi Obat tanpa Resep Dokter

Dalam mengonsumsi obat medis apapun, hindari konsumsi jika Anda tidak diberi resepnya oleh dokter karena kemungkinan besar dapat menaikkan risiko parahnya kondisi ginjal Anda. Segala jenis obat kimia tentu setelah dikonsumsi akan melalui ginjal sehingga ginjal perlu menyaringnya.

Namun apabila ginjal sendiri sudah kurang begitu berfungsi, beban racun malah justru bisa bertambah. Itulah alasan mengapa sangat penting untuk menuruti resep dokter dan mengonsumsi obat dengan dosis yang sudah ditetapkan oleh ahli medis ketimbang menentukan dosis sendiri.

  1. Menggunakan Daun Sukun

Telah diteliti bahwa daun sukun adalah bahan alami yang dapat mengobati gagal ginjal tanpa penderita harus cuci darah. Kondisi ginjal pun diketahui dapat dikembalikan seperti semula fungsinya karena adanya kandungan flavonoid, tanin, serta asam hidrosianat bahkan riboflavin dan aseticolin juga akan membantu pemulihan kondisi ginjal.

Selain ginjal, penyakit kardiovaskuler serta penyakit diabetes mampu diatasi juga dengan daun sukun ini. Caranya tidak akan ribet karena Anda hanya perlu menyiapkan daun sukun beberapa lembar saja yang kemudian Anda bisa cuci bersih lebih dulu. Selanjutnya, daun tersebut bisa direbus dengan air secukupnya dan biarkan sampai mendidih.

Pastikan bahwa dalam air tersebut daun telah hancur. Tinggalkan beberapa waktu sampai benar-benar dingin, lalu disaring sehingga yang tersisa hanya air rebusannya saja. Minumlah sehari 2 kali (pagi dan sore hari setelah makan) demi hasil terbaik.

Apa Itu RENALCARE?

Obat Penyakit Ginjal RenalCare, Produk PT. Autoimun Care Indonesia (PT. AICI) merupakan Formula Herbal yang diciptakan dengan teknologi canggih yaitu Autofermentasi Nanotechnology yang dikhususkan untuk mengatasi berbagai penyakit yang berhubungan dengan Organ Ginjal.
Formula Herbal Obat Penyakit Ginjal RenalCare yang kami produksi ini terbuat dari bahan 100% Herbal Alami dengan kualitas terbaik dan kami pastikan 0% bahan kimia, sehingga tidak ada efek samping jika Anda mengkonsumsinya.