skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Penyebab Dan Ciri-Ciri Penyakit Ginjal

Penyebab Dan Ciri-Ciri Penyakit Ginjal

Penyakit ginjal atau gagal ginjal merupakan penyakit yang ditandai dengan gagalnya fungsi ginjal untuk tubuh. Kondisi Penyakit ginjal bisa terjadi pada orang yang sudah menderita penyakit tertentu dan Penyakit ginjal menjadi resiko atau bahaya dari Penyakit ginjal tersebut.

Namun Penyakit ginjal juga bisa terjadi pada orang yang sebelumnya sehat namun tidak merasakan gejala sehingga terlanjur menyebabkan kerusakan ginjal.

Pada waktu terjadi kegagalan ginjal sebagian nefron (termasuk glomerulus dan tubulus) diduga utuh sedangkan yang lain rusak (hipotesa nefron utuh). Nefron-nefron yang utuh hipertrofi dan memproduksi volume filtrasi yang meningkat disertai reabsorpsi walaupun dalam keadaan penurunan GFR / daya saring.

Metode adaptif ini memungkinkan ginjal untuk berfungsi sampai ¾ dari nefron–nefron rusak. Beban bahan yang harus dilarut menjadi lebih besar daripada yang bisa direabsorpsi berakibat diuresis osmotik disertai poliuri dan haus.

Penyebab Penyakit Ginjal

Berikut ini 3 penyebab utama penyakit ginjal:

– Adanya kerusakan langsung pada organ ginjal itu sendiri.

– Sumbatan urine.

– Aliran darah yang kurang lancar ke ginjal.

Ketiga hal tersebut di atas dapat terjadi jika:

– Mengalami pembesaran prostat yang memblokir aliran urin

– Sedang mengonsumsi obat tertentu.

– Mengalami komplikasi saat kehamilan, seperti eklampsia dan preeklampsia, atau yang terkait dengan HELLP Syndrome.

– Seorang atlit terutama pelari memiliki risiko kerusakan ginjal jika tidak minum cukup cairan saat sedang berlaga di jarak jauh.

– Anda mengalami cederta traumatis sehingga anda kekurangan banyak darah.

– Anda mengalami dehidrasi.

– Masuk ke fase shock ketika tubuh mengalami peradangan akibat infeksi yang disebut sepsis.

Penyebabnya adalah timbulnya kerusakan pada jaringan otot, dimana saat itu terjadi, tubuh akan melepaskan sejumlah besar protein ke dalam aliran darah yang disebut mioglobin yang dapat merusak ginjal.

Ciri Penyakit Ginjal

  1. Perasaan mengantuk atau melamun

Ciri-ciri ini bisa menjadi tanda bahwa organ ginjal bermasalah. Biasanya penderita kurang responsif bila dipanggil atau diajak bicara, dan dirinya lebih sering melamun.

Hilangnya atau menurunya tingkat kesadaran ini disebabkan oleh beberapa hal, utamanya karena penumpukan racun yang berlebihan, tidak bisa secara optimal dibuang keluar tubuh melalu proses urinisasi. Hal ini dipicu karena fungsi organ ginjal yang bermasalah.

  1. Sulit Tidur

Sebenarnya ada cukup banyak hal yang membuat seseorang sulit tidur, salah satunya akibat Penyakit ginjal yang dialami.

Hal ini karena kondisi organ ginjal yang bermasalah, menimbulkan masalah sesak nafas dan masalah pada organ perut, tentunya gejala ini menimbulkan masalah susah tidur.

  1. Nyeri saat berkemih

Orang yang mengalami batu ginjal bisa beresiko mengalami sakit ketika berkemih atau buang air kecil, penyebabkan karena saat saluran kemih digunakan (untuk berkemih), maka batu ginjal akan menekan saluran kemih tersebut, hal ini menimbulkan rasa nyeri.

  1. Urin berwarna keruh

Ciri penderita yang mengalami infeksi ginjal adalah kondisi urinnya berwarna keruh. Dimana bakteri dan virus yang masuk ke dalam tubuh akan menginfeksi ginjal, yang menyebabkan fungsi ginjal menurun dalam menyaring urin.

Urin yang dapat disaring ginjal dengan baik, ketika dikeluarkan warnanya bening. Sedangkan, jika terjadi masalah pada fungsi ginjal (untuk menyaring urin), mengakibatkan urin yang keluar akan berwarna keruh. Bentuk warna urin yang keruh, berupa warna cenderung cokelat dan merah darah.

  1. Demam

Orang yang terkena infeksi ginjal, bisa mengalami demam ringan. Demam sebenarnya merupakan gejala suatu penyakit.

Orang yang sakit ginjal bisa ditandai dengan gejala demam, dan seringnya demam tidak kunjung sembuh, atau lama sekali sembuhnya (tidak wajar) walaupun sudah diberikan obat khusus penurun demam.

Anjuran Untuk Penderita

Apabila anda merasakan atau memang mengalami gejala penyakit ginjal, maka menjalani gaya hidup sehat adalah wajib, terutama jika Anda memiliki diabetes, tekanan darah tinggi, atau keduanya.

Bicarakan dengan ahli diet Anda, ahli diabetes, atau perawatan kesehatan profesional lainnya tentang tindakan yang paling penting bagi Anda untuk Anda lakukan. Seperti yang akan Anda lihat, banyak dari tindakan ini saling terkait:

– Minum obat sesuai dengan cara yang disarankan oleh dokter Anda.

– Jagalah tekanan darah Anda di target yang ditetapkan oleh dokter Anda. Bagi kebanyakan orang, target tekanan darah kurang dari 140/90 mm Hg. Aturlah agar kadar sodium kurang dari 2.300 miligram (mg) setiap hari.

– Jika Anda memiliki diabetes, kontrollah kadar glukosa darah Anda. Kontrol glukosa darah yang baik dapat membantu mencegah atau menunda komplikasi diabetes, termasuk penyakit ginjal.

– Jika Anda merokok, ambillah langkah-langkah untuk berhenti. Merokok dapat membuat kerusakan ginjal parah.

– Menjadi lebih aktif. Aktivitas fisik baik untuk tekanan darah Anda, serta glukosa darah dan tingkat kolesterol darah Anda.

– Menurunkan berat badan jika Anda kelebihan berat badan. Kelebihan berat badan membuat ginjal Anda bekerja lebih keras. Kehilangan berat badan membantu ginjal Anda bertahan lebih lama.

– Jaga kolesterol darah Anda dalam rentang target Anda. Diet, aktif, menjaga berat badan yang sehat, dan obat-obatan, semua bisa membantu mengontrol kadar kolesterol darah Anda.

Apa Itu RENALCARE?

Obat Penyakit Ginjal RenalCare, Produk PT. Autoimun Care Indonesia (PT. AICI) merupakan Formula Herbal yang diciptakan dengan teknologi canggih yaitu Autofermentasi Nanotechnology yang dikhususkan untuk mengatasi berbagai penyakit yang berhubungan dengan Organ Ginjal.
Formula Herbal Obat Penyakit Ginjal RenalCare yang kami produksi ini terbuat dari bahan 100% Herbal Alami dengan kualitas terbaik dan kami pastikan 0% bahan kimia, sehingga tidak ada efek samping jika Anda mengkonsumsinya.