skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Penyebab Penyakit Ginjal Dan Cara Mengatasinya

Penyebab Penyakit Ginjal Dan Cara Mengatasinya

Penyebab Penyakit Ginjal Dan Cara Mengatasinya – Penyakit gagal ginjal adalah salah satu jenis penyakit yang menghantui banyak orang. Gagal ginjal adalah penyakit yang terjadi saat ginjal manusia mengalami gangguan dalam melaksanakan fungsinya. Ginjal itu sendiri berfungsi untuk membuang sisa metabolisme dalam tubuh manusia dan saat ginjal gagal untuk melakukan fungsi ini, muncullah istilah gagal ginjal.

Penyakit ini dapat dibagi menjadi dua macam yaitu gagal ginjal akut dan gagal ginjal kronis. Pengobatan yang teratur dapat menyembuhkan gagal ginjal akut namun untuk gagal ginjal kronis, sang penderita harus menjalai pengobatan seumur hidup. Untuk kali ini, kita akan membahas lebih lanjut mengenai gagal ginjal kronis dan semua ha yang terkait dengannya.

Ciri Penyakit Gagal Ginjal

Beberapa ciri penyakit ginjal yaitu:

  1. Osteoporosis / Pengeroposan Tulang

Kurangnya asupan vitamin D baik dari makanan atau cahaya matahari. Akan menyebabkan terjadinya pengeroposan tulang atau osteoporosis. Hal ini karena ginjal tidak mampu menyerap vitamin D baik yang diserap melalui makanan atau cahaya matahari.

  1. Sedikitnya Jumlah Urine yang Dikeluarkan

Fungsi utama ginjal adalah mengeluarkan sisa metabolisme berupa urine. Jika ginjal terganggu maka akan berpengaruh pada jumlah urine yang dikeluarkan. Jumlah urine yang dikeluarkan akan sedikit. Jika anda meminum dalam jumlah banyak namun jumlah urine yang dikeluarjan sedikit. Bisa jadi pertanda ginjal sedang dalam masalah.

  1. Lebih Mudah Lupa

Menurunnya asupan oksigen didalam tubuh, akan berpengaruh pada daya ingat atau memori otak. Penderita penyakit ginjal. Hal ini tentunya akan menyebabkan penderita mengalami cepat mudah lupa untuk mengingat sesuatu.

  1. Pembengkakan Pada Buah Zakar

Ciri-ciri penyakit ginjal pada pria yang paling dapat dilihat adalah adanya pembengkakan pada buah zakar. Jika ukuran buah zakar tidak norma dn lebih besr dari biasanya maka segera periksakan ke dokter. Bisa jadi inierupakan salah satu tanda anda mengalami penyakit ginjal.

  1. Pembengkakan Pada Lutut

Salah satu bagin tubuh yang akan mengalami pembengkakan karena penyakit ginjal adalah bagian lutut. Hal ini karena sisa cairan tibuh akan menumpuk di lutut.

  1. Timbul Busa Pada Urine

Ciri-ciri penyakit ginjal lainnya adalah timbulnya busa pada urine. Pada urine yang dikeluarkan akan timbul adanya buih yang lebih mirip dengan busa. Tentu hal ini terjadi pada kondiai ginjal yang sehat. Timbulnya busa ini bisa jadi adanya indikasi radang ginjal akibat kerusakan nefron ginjal.

  1. Hipertensi / Tekanan Darah Tinggi

Menyempitnya pembuluh darah akibat radang ginjal tentu akan menimbulka dampak lain pada tubuh. Salah satunya adalah terjadinya hipertensi / tekanan darah tinggi. Dengan demikian selain penyakit ginjal anda juga akan menderita komplikasi darah tinggi.

Penyebab Penyakit Ginjal Gagal Ginjal

Beberapa kondisi yang mungkin menjadikan gagal ginjal pada seseorang yaitu:

  1. Diabetes

Kandungan gula yang terlalu banyak dalam aliran darah membuat alirannya sedikit terhambat. Aliran darah yang tidak optimal akan menghambat kinerja organ ginjal.

  1. Kekurangan Sistem Kekebalan Tubuh

Tubuh yang tidak kebal akan mudah terserang berbagai jenis penyakit. Ketika ada suatu masalah sepele pada ginjal Anda, namun tubuh Anda tidak mampu mengatasinya, maka kondisinya akan semakin memburuk.

  1. Pengaruh Obat

Obat memang penting dikonsumsi ketika Anda mengalam suatu gangguan kesehatan, namun, tahukah Anda jika obat-obatan yang Anda konsumsi dalam waktu lama justru akan membuat kerusakan pada sel-sel ginjal.

  1. Penurunan Suplai Darah

Penyebab Penyakit ginjal yang pertama adalah menurunnya pasokan darah menuju organ ginjal akibat faktor tertentu. Ketika suplai darah tidak mencukupi, ginjal tidak bisa berfungsi secara optimal seperti seharusnya.

Pengobatan Gagal Ginjal

Dalam ilmu kedokteran, sebenarnya gagal ginjal tidak bisa disembuhkan dalam artian untuk mengembalikan fungsi ginjal ke keadaan semula. Pengobatan yang dilakukan pada gagal ginjal dewasa ini hanya mencegah semakin bertambahnya kerusakan pada ginjal dengan cara mengatasi penyebabnya. Oleh karena itu, terapi pada gagal ginjal bisa bervariasi tergantung dari penyebabnya.

Pada gagal ginjal akut, dokter akan berusaha memperbaiki aliran darah ke ginjal (prerenal), menghentikan penggunaan obat-obatan yang merusak ginjal (renal) atau mengangkat sumbatan pada saluran kemih penderita (postrenal). Jika diperlukan, dokter mungkin akan menyarankan proses cuci darah guna membuang zat-zat sisa metabolisme yang menumpuk di dalam tubuh.

Gagal ginjal kronik tidak dapat disembuhkan. Jadi tujuan terapi pada pasien dengan gagal ginjal kronik adalah:

– Memperlambat kerusakan ginjal yang terjadi.

– Mengatasi faktor yang mendasari gagal ginjal kronis (misalnya: kencing manis, hipertensi, dll).

– Mengobati komplikasi dari penyakit.

– Menggantikan fungsi ginjal yang sudah tidak dapat bekerja.

Untuk mencegah terjadinya kerusakan ginjal yang lebih parah dan mengatasi faktor yang memperburuk fungsi ginjal, maka diperlukan kontrol gula darah yang baik pada pasien diabetes mellitus, kontrol tekanan darah pada pasien hipertensi (usahakan tekanan darah di bawah 130/80 mmHg), dan pengaturan pola makan yang sesuai dengan kondisi ginjalnya.

Komplikasi dari gagal ginjal juga harus ditangani. Penumpukan cairan diatasi dengan pemberian obat, anemia diatasi dengan pemberian obat yang menstimulasi pembentukan sel darah merah dan kadang-kadang ditambah suplemen zat besi. Penyakit tulang dapat terjadi karena kegagalan ginjal untuk menghasilkan vitamin D bentuk aktif dan ketidakmampuan ginjal untuk membuang zat fosfor. Oleh karena itu dapat diberikan vitamin D bentuk aktif dan obat yang mengikat fosfor ke usus.

Pada gagal ginjal stadium akhir, fungsi ginjal dapat digantikan hanya dengan dialisis (cuci darah) atau transplantasi ginjal. Perencanaan dialisis atau transplantasi ginjal biasanya dimulai pada gagal ginjal kronik stadium IV.

Apa Itu RENALCARE?

Obat Penyakit Ginjal RenalCare, Produk PT. Autoimun Care Indonesia (PT. AICI) merupakan Formula Herbal yang diciptakan dengan teknologi canggih yaitu Autofermentasi Nanotechnology yang dikhususkan untuk mengatasi berbagai penyakit yang berhubungan dengan Organ Ginjal.
Formula Herbal Obat Penyakit Ginjal RenalCare yang kami produksi ini terbuat dari bahan 100% Herbal Alami dengan kualitas terbaik dan kami pastikan 0% bahan kimia, sehingga tidak ada efek samping jika Anda mengkonsumsinya.