skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Penyebab Penyakit Gula Darah Rendah Pada Tubuh

Penyebab Penyakit Gula Darah Rendah Pada Tubuh

Pengertian hipotensi sendiri adalah keadaan ketika tekanan darah di dalam arteri lebih rendah daripada tekanan darah normal. Untuk mengetahui apakah anda memiliki tekanan darah rendah atau tidak, anda perlu melakukan tes tensi darah.

Ketika anda melakukan tes tekanan darah akan muncul dua angka. Angka yang pertama (angka yang muncul paling atas) menunjukkan tekanan sistolik tekanan pada arteri di mana jantung berdetak dan diisi oleh darah. Angka yang kedua (angka yang muncul di bawah) menunjukkan tekanan diastolik – tekanan pada arteri saat jeda jantung pada setiap detakan.

Jika hasil tes tersebut 90/60 (90 mm Hg per 60 mm Hg), artinya anda memiliki tekanan darah rendah. Ada berbagai macam hal yang menyebabkan tekanan darah rendah, seperti kehamilan, alergi, faktor psikologi, atau masalah pada jantung. Meskipun tidak semua tekanan darah rendah merupakan kondisi serius, anda tetap tidak boleh meremehkannya.

Dalam kasus yang fatal, tekanan darah rendah bisa saja menyebabkan kematian. Tekanan rendah cukup sama mengganggunya dengan tekanan darah tinggi karena selalu ada dampak negatifnya juga untuk para penderitanya.

Rutinitas harian pun akan turut terpengaruh karena saat tekanan darah begitu rendah, penderita dapat mengalami sakit kepala bahkan ada juga yang bisa sampai pingsan.

Penyebab Penyakit Gula Darah Rendah

Tekanan darah rendah dapat diakibatkan oleh volume darah yang kurang, perubahan hormonal, pelebaran pembuluh darah, pengaruh obat-obatan, kurang darah, masalah jantung atau masalah kelenjar endokrin.

Kurangnya volume darah atau hypovolemia adalah penyebab utama tekanan darah rendah. Hal ini dapat diakibatkan adanya pendarahan (hemorrhage), kurangnya asupan cairan, misalnya sangat kelaparan, atau kehilangan cairan yang berlebihan karena mencret-mencret atau muntah-muntah. Kurangnya volume darah seringkali sebagai akibat pemakaian pelancar kencing (diuretic).

Tekanan darah rendah juga dapat diakibatkan oleh paparan matahari dalam jangka waktu lama (heat stroke). Bisa saja tubuh cukup cairan, tetapi kekurangan elektrolit. Tidak adanya keringat, kepala terasa ringan dan air seni berwarna kuning tua bahkan cenderung coklat merupakan indikator-indikator kurangnya cairan.

Pengobatan-pengobatan dapat menimbulkan tekanan darah rendah dengan berbagai cara. Pengunaan alpha blockers atau beta blockers dapat menyebabkan tekanan darah rendah. Beta blocker dapat menyebabkan tekanan darah rendah dengan mengurangi denyut jantung dan mengurangi kemampuan pemompaan darah oleh jantung sekaligus.

Berkurangnya kemampuan jantung dalam kondisi volume darah yang normal, disebabkan gagal jantung yang berat (congestive heart failure), luasnya serangan jantung (myocardial infarction), masalah katup jantung, atau denyut jantung/nadi yang sangat lemah (bradycardia), seringkali menimbulkan tekanan darah rendah.

Dan dapat berubah cepat menjadi syok jantung (cardiogenic shock). Irama/ritme jantung tidak teratur (Arrhythmia) seringkali timbul pada kondisi tekanan darah melaui mekanisme semacam ini.

Beberapa kondisi jantung dapat memicu hipontensi, termasuk denyut jantung/nadi yang sangat lemah (bradycardia), masalah katup jantung, serangan jantung dan gagal jantung. Kondisi-kondisi ini dapat menjadi penyebab tekanan darah rendah, karena tubuh menjaga agar sirkulasi darah tetap berjalan.

Pelebaran pembuluh darah yang berlebihan (Excessive vasodilation), atau tidak cukupnya pembuluh darah menahan tekanan (terutama pada arterioles), akan menyebabkan tekanan darah rendah.

Hal ini dapat disebabkan berkurangnya kemampuan sympathetic nervous system atau meningkatnya kegiatan parasympathetic sebagai akibat dari luka pada otak atau tulang belakang (spinal cord) atau dysautonomia, ketidakabnormalan melekat pada sistem syaraf otonom.

Pelebaran pembuluh darah yang berlebihan dapat juga terjadi karena sepsis, acidosis, atau obat-obatan, seperti Glyceryl trinitrate, calcium channel blockers, atau AT1 receptor antagonists (Angiotensin II receptor type 1). Banyak obat dan cara anestesi, termasuk spinal anesthesia dan kebanyakan anestesi yang dihirup, menimbulkan pelebaran pembuluh darah yang mencolok.

Meditasi, yoga, atau mental-physiological disciplines lainnya dapat mengurangi akibat dari tekanan darah rendah. Tekanan darah rendah juga dapat diakibatkan oleh akibat samping herbal tertentu, yang mana herbal tersebut dapat berinteraksi dengan obat-obatan hipotensi.

Sebagai contoh adalah theobromine yang terdapat dalam Theobroma cacao, yang menurunkan tekanan darah dengan cara melebarkan pembuluh darah (vasodilator) dan juga sebagai diuretik (pelancar kencing), dan telah digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi.

Mengatasi Penyakit Darah Rendah

– Konsumsi makanan yang kaya akan kandungan garam karena sodium bisa menaikkan tekanan darah. Khusus untuk anda yang berusia lanjut, konsultasikan dahulu dengan dokter anda sebelum menambahkan takaran garam di dalam diet sehari-hari.

– Tidur dengan 2-3 bantal agar ketika bangun dan berdiri tidak terjadi penurunan drastis pada tekanan darah.

– Mengonsumsi secangkir kopi di pagi hari bisa membantu.

– Minum lebih banyak air putih untuk meningkatkan volume darah dan mencegah dehidrasi yang bisa menyebabkan hipotensi.

– Mengubah posisi dengan perlahan atau tidak berdiri terlalu lama.

– Hindari minuman beralkohol.

– Gunakan stoking kompresi untuk megurangi terkumpulnya darah di tungkai.

Apa Itu Staminacare!?

Staminacare, Produk PT. Autoimun Care Indonesia (PT. AICI) merupakan Formula Nanotechnology Organik yang di produksi khusus untuk mengatasi masalah Anda, yaitu Menjaga Stamina tubuh dan Memperkuat atau Meningkatkan Daya Tahan tubuh. Formula Organik Staminacare adalah hasil terbaik dari berbagai penelitian yang Tim Formulator kami lakukan.

Formula Organik Staminacare mengandung asam amino esensial yang berfungsi untuk regenerasi sel. Berbagai protein esensial yang terkandung dalam Formula ini mudah untuk diserap oleh tubuh dan memberikan energi yang cukup untuk proses metabolisme tubuh..