skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
3 Penyebab Penyakit Hepatitis A Menurut Dokter!

3 Penyebab Penyakit Hepatitis A Menurut Dokter!

Penyakit Hepatitis adalah kondisi medis yang disebabkan oleh adanya peradangan (pembengkakan) pada hati. Hati atau liver adalah organ penting untuk berbagai fungsi dalam tubuh.

Fungsi hati diantaranya mengatur metabolisme, membuat protein, menyimpan vitamin dan zat besi, mengeluarkan racun dan memproduksi empedu. Jika hati tidak berfungsi dengan baik, maka dapat menyebabkan penyakit serius atau bahkan kematian.

Penyebab Penyakit Hepatitis A

Berikut ini adalah hal yang dapat menyebabkan penyakit hepatitis a:

  1. Jarum Suntik

Menggunakan jarum suntik yang sama juga memungkinkan penularan hepatitis A dari penderita kepada orang lain. Jarum suntik yang telah digunakan oleh penderita hepatitis A sudah tentu telah terkontaminasi oleh virus hepatitis A karena darah penderita hepatitis A mengandung virus yang terkait. Jika jarum suntik yang telah dipakai oleh penderita hepatitis A digunakan oleh orang lain maka orang lain yang menggunakan jarum suntik tersebut sudah tentu akan tertular oleh penyakit yang sama.

  1. Berhubungan Seks dengan Penderita

Meskipun tergolong jarang, namun penularan virus hepatitis A melalui hubungan seksual juga sangat mungkin terjadi, terutama jika seseorang melakukan hubungan seks anal dengan penderita. Hubungan seks anal memungkinkan virus hepatitis A pada penderita hepatitis A masih tertinggal di area anus.

Akibatnya, hubungan seks anal akan memungkinkan penularan virus hepatitis A dari penderita kepada pasangannya. Untuk itulah apabila Anda memiliki suami atau pasangan yang menunjukkan gejala penyakit hepatitis A maka segeralah melakukan pemeriksaan medis dan hindari melakukan hubungan seksual dengan penderita.

  1. Sistem Sanitasi yang Buruk

Sanitasi yang buruk biasanya menjadi penyebab utama mengapa virus hepatitis A sangat mudah menular. Ketika sistem sanitasi sebuah wilayah tertentu tidak diatur dengan baik maka kemungkinan virus hepatitis A akan mudah terkandung di dalam sistem pengairan. Kondisi ini umumnya terjadi pada suatu wilayah dengan tingkat kepadatan penduduk yang sangat tinggi.

Tingkat kepadatan penduduk yang sangat tinggi biasanya menyebabkan pengaturan wilayah pembuangan tinja (septictank) dengan sumber air bersih berada dalam lingkup yang sangat dekat. Hal itulah yang menyebabkan virus hepatitis A dengan sangat mudah mengontaminasi sumber air bersih dan menular kepada orang lain karena air bersih diminum.

Ciri-Ciri Penyakit Hepatitis A

Setelah masa inkubasi akan masuk dalam fase penyerangan. Pada fase ini akan terjadi gangguan kesehatan pada pengidapnya. Dimulai dari demam tinggi dan muntah-muntah secara terus menerus. Selera makan orang yang terserang hepatitis akan menurun bahkan hilang sehingga badannya lemas tak bertenaga.

Ada yang terasa mengganjal di ulu hati dikarenakan lever mengalami pembengkakan dan peradangan. Perubahan yang tampak di mata kita adalah perubahan warna kulit pengidap hepatitis A.

Warna kulitnya akan berubah menjadi kuning pucat, bahkan orang yang berkulit gelap sekalipun akan terlihat. Air kencing juga menjadi keruh pekat seperti air teh. Pengidap hepatitis A sangat sensitif terhadap bau menyengat dan akan mual jika menciumnya.

Cara Mencegah Hepatitis A

Pencegahan yang bisa dilakukan adalah dengan dorongan teman, saudara dan juga diri sendiri. Cara yang dapat dilakukan adalah:

  1. Dan disaat Anda menggunakan handuk, pasta gigi, serta menggunakan sikat gigi disaat sedang mandi maka pakaialah milik Anda sendiri.
  2. Menjaga kebersihan lingkungan dan paling utama adalah toilet.
  3. Buatlah fasilitas toilet yang standar kesehatannya terjaga dan juga sudah ditentukan.
  4. Jika Anda ingin makan sebaiknya menggunaka sendok garpu, gelas dan juga alat makan sendiri dan jangan bersamaan dengan orang lain, setelah makan maka sebaiknya segera bersihkan alat makan Anda.

Apa Itu Livercare?

Livercare marupakan Formula Organik produk PT. Autoimun Care Indonesia (PT.AICI) yang di produksi khusus dengan teknologi canggih yaitu Autofermentasi Nanotechnology dan Formula Organik Livercare yang diproduksi adalah hasil terbaik dari berbagai penelitian yang dilakukan oleh Tim Formulator kami selama bertahun-tahun dengan melibatkan berbagai bahan-bahan Organik dengan kualitas terbaik.

Kandungan-kandungan alami yang terkandung dalam Formula Organik Livercare dapat berperan sebagai anti virus yang menyerang Liver seperti Hepatitis A dan Hepatitis B, Anti peradangan yang diakibatkan oleh aktivitas virus, Memperbaiki fungsi organ Liver serta kelenjar Empedu yang berperan sebagai sintesa lemak dalam darah, Mencegah dan mengurangi timbulnya plak dalam pembuluh darah.