skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Penyebab Penyakit Insomnia

Penyebab Penyakit Insomnia

Penyakit insomnia merupakan penyakit yang di tandai dengan sulit nya untuk di tidur pada saat malam hari. penyakit insomnia bisa terjadi pada siapapun, yang akan menyebabkan penyakit insomnia yaitu akibat tidak membiasakan untuk tidur di malam hari dan akibat nya akan menyebabkan insomnia.

Penyakit insomnia juga penyakit yang sering dialami, kebanyakan yang mengalami insomnia dari kalangana remaja dan orang dewasa. Akibat dari kebiasaan buruk untuk bermain game atau pun untuk menonton acara yang ada di tengah malam bisa menyebabkan penyakit insomnia terjadi.

Akibat yang akan pertama dialami oleh penderita insomnia yaitu kantung mata hitam sehingga bisa di ciri dengan mudah orang yang kurang tidur akibat insomnia.

Penyebab Penyakit Insomnia

Ada beberapa faktor penyebab insomnia yang pada akhirnya berujung kepada kondisi sulit tidur pada jangka waktu yang cukup lama. Mulai dari akibat gaya hidup dan masalah kenyamanan ruangan kamar, hingga akibat gangguan psikologi, masalah kesehatan fisik, dan efek samping obat-obatan.

Selain beberapa penyebab diatas, berikut faktor yang mungkin menyebabkan anda terkena penyakit insomnia:

  1. Stress

Stress pun juga bisa menjadi penyebab insomnia, karena stress akan menyebabkan saraf menjadi tegang dan membuat rasa ngantuk hilang. akan lebih parah lagi jika depresi karena bisa menghilangkan rasa ngantuk bahkan tidak akan tidur.

  1. Pola hidup kurang sehat

Penyebab insomnia pun juga bisa di sebabkan oleh pola hidup yang di lakukan kurang baik atau kurang sehat. pola hidup yang kurang sehat seperti hal nya minum alkohol, merokok dan pola hidup tidak sehat lain nya bisa menjadi penyebab insomnia.

Diagnosis insomnia

Ada beberapa hal yang mungkin ditanyakan dokter sebagai upaya mendiagnosis insomnia, di antaranya:

  • Rutinitas tidur Anda
  • Gaya hidup yang buruk, misalnya kebiasaan mengonsumsi kopi atau minuman keras secara berlebihan
  • Porsi olahraga Anda
  • Riwayat kesehatan (penyakit yang mungkin Anda derita)
  • Obat-obatan yang mungkin Anda konsumsi.

Selain itu, dokter juga akan meminta Anda membuat buku harian tidur minimal selama dua minggu. Langkah ini dapat membantu dokter memahami pola tidur dan mengukur tingkat keparahan insomnia Anda.

Beberapa informasi yang harus Anda cantumkan di dalam buku harian tidur biasanya meliputi waktu yang dibutuhkan untuk bisa terlelap, pukul berapa kira-kira Anda mulai tidur, berapa kali Anda terbangun di malam hari, dan pukul berapa Anda terbangun. Informasi yang lengkap akan membantu dokter menangani insomnia Anda secara tepat.

Pencegahan Penyakit Insomnia

Beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk mencegah terjadinya insomnia yaitu:

  1. Hindari Tidur Tengkurap

Tidur dengan posisi tengkurap justru akan mengganggu pernafasan. Selain itu, dengan tidur tengkurap juga menghambat kinerja jantung terganggu.

  1. Hindari Tidur Siang

Salah satu penyebab seseorang sulit tidur pada malam hari adalah tidur siang yang lama. Sebaiknya batasi tidur siang. Tidur siang yang berkualitas hanya berlangsung selama 30 menit. Lebih dari waktu tersebut hanya akan menyebabkan sulit tidur pada malam hari.

  1. Hindari Bermain Gadget Menjelang Tidur

Orang zaman sekarang kebanyakan lebih sering bermain gadget terlebih dahulu sebelum tidur untuk membuatnya lebih cepat mengantuk. Akan tetapi hal ini justru salah. Layar pada gadget justru akan membuat Anda semakin terjaga dan akhirnya sulit untuk beristirahat. Maka jauhkan gadget dari tempat tidur Anda.

  1. Jaga kesegaran udara

Kersegaran udara sangatlah menentukan kualitas tidur Anda. udara yang kotor dan penuh dengan polusi sangatlah buruk bagi kualitas tidur, bahkan bisa menyebabkan gangguan sistem pernapasan. Sangat penting kirannya Anda selalu menjaga kesegaran udara.

Apabila kamar Anda tertutup rapat, silahkan buka sedikit jendela agar oksigen segar bisa masuk kedalam kamar. Lebih baik lagi apabila Anda juga mengatasi susah tidur dengan alat pembersih udara. Dengan menggunakan alat tersebut selama 30 menit saja, Anda akan mendapatkan kualitas tidur yang sebenarnya.