skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Penyebab Penyakit Usus Buntu Akut

Penyebab Penyakit Usus Buntu Akut

Usus buntu adalah suatu masalah yang ditandai dengan peradangan pada usus buntu, yaitu kantong kecil yang terhubung pada usus besar. Usus buntu mungkin memerlukan operasi darurat tergantung pada jenis radang usus buntunya.

Meskipun kecil, usus buntu telah menjadi bahan perdebatan di antara para ahli kesehatan ketika mereka mencoba mengetahui apa sebenarnya peran usus buntu.

Sebuah penelitian pada tahun 2012 menyebutkan bahwa usus buntu dapat memberikan perlindungan bagi bakteri baik yang menjaga usus tetap sehat. Namun demikian, mengangkat organ ini sebagian atau keseluruhan tidaklah memengaruhi proses pencernaan.

Disebut akut jika usus buntu terjadi secara tiba-tiba. Sebagian besar kasus dianggap akut dan memerlukan operasi secepatnya. Jika tidak, usus buntu bisa pecah dan menyebabkan lubang, di mana racun dapat menyebar ke perut. Kondisi ini dapat mengancam jiwa.

Berikut adalah penyebab dari penyakit usus buntu akut:

  1. Memiliki dinding usus buntu yang tipis

Angin yang masuk ketubuh seharus nya keluar dengan bentuk gas atau kentut. Namun jika tidak keluar maka akan membuat dinding usus menipis. Sehingga jika ingin megeluarkan gas maka sebaiknya segera di keluarkan. Karena gas yang terjebak di dalam tubuh akan memicu penyakit usus buntu akut.

  1. Fases

Karena ketika mengalami penyakit usus buntu akan mengalami hambatan atau pemblokiran aliran yang terhubung ke usus besar maka akan membuat penyakit usus buntu akut terjadi.

  1. Pembengkakan kelenjar getah bening

Terjadi nya pembengkakan kelenjar gatah bening juga dapat memicu penyakit usus buntu akut. Dan dinding usus mengalami infeksi, sehingga inflamasi yang membuat usus buntu pecah. Jika hal ini terjdadi sangat berbahaya karena sudah termasuk dalam penyakit usus buntu akut.

  1. Infeksi

Gastrointestinal adalah sebuah virus yang dapat menular dan menyebabkan penyakit usus buntu akut. Virus ini akan berkembang dengan cepat sehingga akan menimbulkan peradagan pada usus. Dan akibat virus ini juga mengalami inflamasi yang akan bernanah. Yang jika sudah terjadi seperti ini maka akan membuat usus buntu menjadi pecah.

Jika anggota tubuh ada yang terluka maka tubuh akan mencoba menyembuhkan nya sendiri, termasuk juga dengan hal ini, namun karena proses penyembuhan maka akan terjadi komplikasi abses, jala terakhir yang harus di lakukan adalah melakukan operasi di rumah sakit.

Penyakit Komplikasi Akibat Usus Buntu

Jika penyakit usus buntu akut di diamkan tidak segera di obati maka akan semakin parah. Dan jika parah akan menimbulkan berbagai penyakit yang dapat membahayakan tubuh juga. Ada dua penyakit yang dapat terjadi jika penyakit usus buntu di biarkan yaitu, abses dan juga perironotis.

  1. Abses

Abses merupakan penyakit yang ditimbulkan oleh penyakit usus buntu yang akut. Abses merupakan penyebab kantong nanah muncul pada usus. Abese merupakan penyakit yang diakibatkan oleh tubuh yang berusaha menyembuhkan usus buntu yang pecah.

Dan cara meyembuhkan nya melakukan operasi dan dokter, akan melakukan sedot nanah dan membersihkan nya hingga tidak terdapat nanah lagi di dalam nya dengan menggunakan antibiotik.

  1. Perironotis

Usus buntu yang sudah akut juga bisa menimbulkan bakteri yang menyebabkan infeksi oleh selaput yang melindungi perut dalam. Banyak gejala yang akan di timbulkan diantaranya adalah mengalami mual mual, detak jantung meningkat, demam, perut juga akan mengalami pembengkakan.

Cara untuk mengobati nya adalah dengan melakukan operasi agar bagian perut yang terinfeksi di bersihkan dengan antibiotik. Karena antibiotik akan membantu membunuh kuman kuman yang dapat membahayakan tubuh.

Jaga kesehatan adalah hal yang paling penting. Karena jika tidak sehat anda tidak akan bisa melakukan berbagai aktifitas. Sehingga anda harus mengeluarkan banyak uang untuk pengobatan untu menyembuhkan penyakit yang sudah ada pasa tubuh.