skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Penyebab Penyakit Usus Buntu

Penyebab Penyakit Usus Buntu

Usus buntu (apendisitis) adalah kondisi yang ditandai dengan peradangan pada usus buntu. Appendectomy adalah prosedur pembedahan darurat yang paling umum dilakukan dan menyumbang 1-2% dari seluruh operasi bedah. Usus buntu akut cukup sering terjadi dan kebanyakan penderita adalah remaja dan dewasa muda.

Pada abad semenjak ditemukannya penyakit ini, belum ada kemajuan dalam menjelaskan etiologi dan patogenesis apendisitis. Menurut teori terkemuka, kejadian awal pada apendisitis akut adalah penyempitan lumen oleh faktor seperti benda asing, parasit usus, tumor, atau pembesaran folikel limfoid karena infeksi virus.

Namun, unsur penyempitan saluran juga telah diidentifikasi pada 30-40% radang usus buntu yang sudah dihilangkan.

Penyebab Penyakit Usus Buntu

Dengan mengetahui penyebab dari usus buntu diharapkan kita semua bisa menghindari penyakit yang satu ini. Menghindari penyebab penyakit usus buntu menjadi tindakan pencegahan yang efektif bagi kalangan masyarakat.

Berikut ini adalah berbagai macam penyebab penyakit usus buntu yang harus diwaspadai:

  1. Penyumbatan

Hal pertama yang bisa menjadi penyebab usus buntu seseorang menjadi sakit karena di dalam ususu buntu itu terjadi penyumbatan. Memang letak usus buntu yang menjorok bisa memungkinkan usus buntu bisa mengalami penyumbatan.

Penyumbatan ini bisa terjadi jika seseorang suka sekali makan cabai dengan bijinya dan buah jambu bersama dengan bijinya.

  1. Tersumbat dengan Feses

Penyakit usus buntu ada yang disebabkan obstruksi di saluran appendus dengan tinja yang keras. Saat tersumbat dengan feses yang keras, usus buntu menjadi media untuk perkembangbiakan bakteri. Bakteri inilah yang menyebabkan usus buntuk menjai radang dan menjadikannya sebagai penyakit usus buntu.

  1. Cacing dan Parasit

Penyebab lainnya yang bisa menyebabkan usus buntu adlaha cacing dan parasit. Cacing dan parasit ini berasal dari luar tubuh manusia, cacing dan parasit biasanya menempel di bagian yang kotor.

Saat manusia menyentuh tempat yang dipenuhi dengan cacing dan parasit kemudian dia mengkonsumsi makanan, maka cacing dan parasit itu akan ikut masuk ke dalam tubuh manusia. Cacing dan parasit itu bisa hidup di dalam tubuh manusia dan menyebabkan berbagai macam penyakit.

  1. Penyebab Lain

Selain beberapa penyebab yang telah disebutkan di atas, ada beberapa penyebab lain yang bisa menimbulkan penyakit usus buntu. Penyebab itu diantaranya adalah sebagai berikut ini:

  • Kanker usus
  • Pembesaran jaringan limfoid
  • Kanker primer dan striktur.

Gejala Penyakit Usus Buntu

Berikut adalah beberapa gejala umum penyakit usus buntu:

  • Penderita akan mengalami diare
  • Merasakan sakit pada bagian ulu hati dan rasa sakit tersebut akan berpindah secara perlahan ke bagian perut tengah hingga perut bagian bawah sebelah kanan.
  • Perut bawah sebelah kanan akan terlihat membesar atau mengalami pembengkakan
  • Mengalami mual seperti terserang penyakit vertigo dengan gejala vertigo. Setelah itu akan diikuti dengan hilangnya nafsu makan, apabila perut dimasuki makanan akan terasa sakit hingga muntah
  • Apabila penyakit ini masih belum diobati maka rasa sakit akan sering muncul dan rasa sakit yang muncul lebih luar biasa menyakitkan
  • Perut akan terasa sangat sakit saat perut bawah sebelah kanan ditekan, tidak hanya itu pada saat melipat kakipun akan terasa sakitnya
  • Saat usus buntu mulai mengalami peradangan dan pembengkakan suhu tubuh akan meningkat sehingga menyebabkan demam
  • Rasa nyeri dan sakit yang dirasakan akan semakin menyakitkan pada penderita batuk, berjalan, hingga membuat gerakan memutar
  • Kembung dan sulit buang gas. Memang kembung dan sulit buang gas tidak tampak seperti gejala yang berbahaya. Akan tetapi keadaan ini diikuti dengan rasa sakit pada bagian bawah perut.