skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Penyebab Penyakit Vertigo Dan Cara Penyembuhan Paling Efektif!

Penyebab Penyakit Vertigo Dan Cara Penyembuhan Paling Efektif!

Vertigo adalah salah satu bentuk gangguan keseimbangan dalam telinga bagian dalam sehingga menyebabkan penderita merasa pusing disertai dengan keadaan disekililingnya ikut berputar atau melayang dan membuat penderita tidak bisa bangun karena perasaan berputar tadi. Perkatan vertigo berasal dari bahasa yunani yaitu VERTERE yang artinya berputar.

Sedangkan pengertian vertigo sendiri adalah sensasi gerakan berputar dari tubuh dan lingkungan sekitarnya yang disertai gejala lainnya seperti mual dan muntah serta suhu tubuh menjadi dingin disertai keluarnya banyak keringat. Hal itu terjadi karena adanya gangguan keseimbangan tubuh.

Vertigo sering juga disebut dengan pusing perputar adalah kondisi dimana seseorang merasa pusing disertai rasa berputar dan lingkungan disekelilingnya juga dirasakan berputar meskipun tubuh seseorang itu tidak bergerak sama sekali.

Penyebab Penyakit Vertigo

Beberapa hal yang mungkin menjadi penyebab penyakit vertigo yaitu:

  1. Konsumsi Obat Jangka Panjang

Mengkonsumsi obat tertentu selama jangka waktu yang panjang juga bisa menyebabkan kerusakan pada bagian dalam telinga. Kerusakan ini akan menyebabkan vertigo dan gangguan keseimbangan lain. Kondisi ini biasanya akan terjadi tanpa disadari sehingga sulit untuk menemukan perawatan yang tepat.

  1. Trauma Kepala

Orang yang pernah mengalami kecelakaan dan menyebabkan trauma pada kepala bisa menyebabkan vertigo. Cedera yang terjadi pada kepala dan leher yang tidak dirawat dengan tepat bisa menyebabkan vertigo pada saat tertentu.

  1. Migrain

Orang yang menderita migren lebih rentan mengalami gangguan penyakit vertigo. Migrain adalah salah satu jenis penyakit kepala atau pusing yang terjadi selama beberapa saat namun pada salah satu sisi saja. Kondisi ini perlu mendapatkan perawatan serius sebelum menjadi vertigo.

  1. Stroke

Gangguan stroke pada lanjut usia bisa menjadi pemicu vertigo. Penyakit ini akan menyebabkan gangguan syaraf yang berhubungan dengan keseimbangan pada tubuh atau fisik dan penyakit pada otak dan telinga. Gejala stroke ringan bisa saja terjadi jika vertigo muncul dalam jangka waktu yang sering.

Gejala Penyakit Vertigo

Beberapa gejala pada penderita vertigo yang mungkin timbul yaitu:

  1. Gangguan pendengaran

Ketika Anda mengalami vertigo, maka kualitas dan kemampuan pendengaran Anda akan cenderung menurun. Hal ini mungkin bisa diakibatkan karena gangguan pada saraf pendengaran Anda.

  1. Pusing

Sudah jelas rasa pusing akan melanda Anda yang mengidap vertigo. Rasa pusing ini kerap muncul dalam intensitas yang berbeda.

  1. Objek di sekitar terlihat berputar

Ketika Anda mengalami vertigo, maka kepala akan serasa berputar dan begitupun obyek di sekitar Anda. Kejadian ini bisa terjadi secara tiba-tiba atau didahului oleh rasa pusing terlebih dahulu.

  1. Merasa mual

Rasa mual dan hendak muntah timbul karena sensasi berputar tersebut membuat Anda menjadi pusing. Seperti halnya naik kendaraan, mual yang dirasakan akan menyerupai mabuk.

Cara Penyembuhan Penyakit Vertigo

Beberapa hal yang dapat anda lakukan sebagai tindakan penyembuhan penyakit vertigo sebagai berikut:

  1. Konsumsi Susu dan Kacang Almond

Kacang almond bisa menjadi obat yang sangat nikmat untuk penderita vertigo. Anda bisa mencoba membuat campuran susu dan kacang almond dengan cara, menggiling kacang almond yang sudah matang. Kemudian campurkan dengan segelas susu hangat. Kacang almond dan susu hangat akan membuat tubuh menjadi lebih segar sehingga bisa meringankan vertigo.

  1. Konsumsi Jus Lemon

Jus lemon bisa menjadi minuman yang sangat menyegarkan untuk penderita vertigo. Anda bisa mengkonsumsi jus lemon segar dan campurkan taburan lada hitam di atasnya. Aduk minuman ini kemudian minum secara perlahan. Efek jus lemon yang segar dan lada hitam yang menyejukkan akan mengurangi rasa sakit kepala dan mual atau muntah.

  1. Menjalani Terapi Teknik Bradt Daroff

Untuk melakukan terapi vertigo ini, pengidap disarankan untuk duduk tegak di sisi tempat tidur dengan posisi kedua kaki digantung. Tapi kaki tidak boleh digerakkan, maka mata tertutup dan terbaring spontan atau bergerak cepat ke satu sisi dan tahan selama sekitar 30 menit.

Setelah itu duduklah ke posisi semula, dan puas untuk beristirahat selama 30 detik. Kemudian lakukan gerakan seperti sebelumnya dengan secara spontan mengeluarkan bodi dari sisi yang lain.

  1. Menjalani Terapi Terapi Vertigo Manuever Epley

Dari proses terapi vertigo menuever epley yang merupakan pergerakan tubuh dan kepala tertentu dengan posisi khusus dilakukan secara berlawanan.

Dimana masing-masing posisi dipelihara minimal 30 detik, untuk memberi waktu bagi partikel kecil bergerak ke arah lain, dari saluran telinga dengan mengandalkan tarikan gravitasi. Khusus untuk terapi vertigo manuever epley, ada baiknya anda meminta ahli fisioterapi untuk mendapatkan hasil maksimal.

Terapi ini bertujuan untuk menghilangkan partikel kalsium kecil yang mengendap dari saluran telinga bagian dalam dan mengembalikannya ke posisi yang tepat. Proses ini memanfaatkan efek shock dan efek dari sistem gravitasi.