skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Penyebab Penyakit Vertigo Dan Gejala!

Penyebab Penyakit Vertigo Dan Gejala!

Vertigo yang paling sering terjadi sebut dengan vertigo perifer, dengan kondisinya disebabkan oleh masalah pada bagian dalam telinga seperti yang telah disebutkan. Bagian telinga yang terganggu bisa seperti pada bagian labirinitis, bagian vestibular neuronitis, akibat memiliki penyakit menire atau pun paroksismal.

Sedangkan yang lebih parah disebut dengan vertigo sentrkal, dan masalahnya terletak bukan lagi ditelinga tetapi ada di bagian kepala atau pada otak kecil. Masalah pada syaraf di bagian otak kecil atau otak besar bisa menyebabkan vertigo. selain itu, ada pemicu lain vertigo ringan seperti menderita migran, akibat stroke, tumor pada otak, efek samping karena obat, dan lain sebagainya.

Penyakit vertigo yang umum terjadi bisa karena ada infeksi, seperti infeksi pada bagian labirinitis, atau pada bagian estibular neuronitis. Dua bagian tersebut berada di dalam telinga, yang fungsinya untuk mengatur keseimbangan dan juga pendengaran. Tetapi bisa terjadi infeksi pada bagian tersebut, akibat virus maupun bakteri.

Peradangan ini memberikan efek pusing kepala atau vertigo, karena di bagian yang di infeksi terdapat syaraf yang menghubungkan langsung ke otak, sehingga informasi yang di kirim ke otak tidak tepat di dapatkan oleh telinga. Selain dari infeksi, bisa juga vertigo ringan dialami akibat posisi paroksismal jinak, atau yang dimaksud ialah perubahan posisi secara tiba-tiba.

Penyebab Penyakit Vertigo

Selain dengan pernyataan yang tertera diatas, ada beberapa faktor penyebab penyakit vertigo ini. Dan berikut beberapa macam faktor penyebabnya adalah:

  1. Bisa disebabkan oleh penyakit kolesterol

Faktor penyebab penyakit vertigo adalah bisa disebabkan oleh penyakit kolesterol. Penyakit kolesterol ini, bisa disebabkan oleh makanan yang berlemak. Jenis penyebab inilah yang bisa memicu terjadinya vertigo ini datang dan muncul. Bisa disebabkan oleh penyakit darah tinggi

Faktor penyebab penyakit vertigo adalah bisa disebabkan oleh penyakit darah tinggi. Penyakit darah tinggi atau hipertensi ini bisa disebabkan oleh makanan, salah satunya bisa dengan sate kambing. Jenis penyebab inilah yang bisa memicu terjadinya penyakit ini datang dan muncul.

  1. Obesitas

Faktor penyebab penyakit vertigo adalah bisa disebabkan oleh gemuknya badan. Gemuknya badan ini bisa disebabkan oleh makanan yang mengandung lemak tinggi dan gemuknya badan ini juga bisa disebabkan oleh penyakit obesitas. Jenis penyebab inilah yang bisa memicu terjadinya penyakit ini datang dan muncul.

  1. Cairan yang kurang untuk tubuh

Faktor penyebab penyakit vertigo adalah karena cairan yang kurang untuk tubuh. Cairan ini bisa kurang, karena kegiatan sehari hari yang cukup padat, yang bisa memicu terjadinya dehidrasi. Jenis penyebab inilah yang bisa memicu terjadinya penyakit ini datang dan muncul.

Gejala Penyakit Vertigo

Gejala pada penderita yang mungkin terjadi yaitu:

– Mual dan muntah-muntah

– Rasa lelah dan stamina menurun

– Merasakan otot yang terasa sakit

– Sensitif pada cahaya terang dan suara

– Sering mengeluarkan keringat yang berlebih

– Memori dan daya pikir menurun yang mulai menurun

– Hilang keseimbangan bahkan hingga penderita terjatuh

– Tidak mampu untuk berkonsentrasi penuh

– Perasaan yang dirasakan penderita seperti mabuk

– Pandangan yang tiba-tiba berubah menjadi gelap

– Jantung yang terus berdebar kencang.

Penyembuhan Penyakit Vertigo

Vertigo dapat disembuhkan dengan menyesuaikan penyakit yang mendasarinya. Tuiuan pengobat ditemukan penyebabnya), adalah untuk memperbaiki ketidakseimbangan vestibular melalui modulasi transmisi saraf dengan obat-obat khusus vertigo. Langkah-langkah berikut ini dapat meringankan atau mencegah gejala vertigo:

– Hindari posisi membungkuk apabila mengangkat barang.

– Hindari posisi mendongakkan kepala, misahrya untuk mengambil suatu benda dari ketinggian.

– Gerakkan secara hati-hati jika kepala dalam posisi datar (horisontal) atau bila leher dalam posisi mendongak.

– Tidur dengan posisi kepala yang agak tinggi.

– Bangun secara perlahan dan duduk terlebih dahulu sebelum berdiri dari tempat tidur.