skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Penyebab Timbulnya Penyakit Batu Empedu Apa?

Penyebab Timbulnya Penyakit Batu Empedu Apa?

Penyakit Batu empedu adalah sebuah penyakit yang biasa menyerang organ kantung empedu. Kantung empedu adalah organ yang berfungsi untuk melumatkan kolesterol yang terdapat pada lemak.

Penyakit ini sendiri dikarenakan kantung empedu yang membengkak oleh peradangan yang terjadi karena penumpukan kolesterol sehingga membentuk batu empedu. Batu empedu inilah yang menghadang jalan kerja dari saluran kantung empedu.

Penyebab Penyakit Batu Empedu

Munculnya batu empedu diduga akibat adanya ketidakseimbangan antara kolesterol dan senyawa kimia dalam cairan empedu.

Serpihan kristal yang terbentuk akan berkembang menjadi batu dan biasanya dalam waktu bertahun-tahun.

Penimbunan senyawa kimia yang umumnya terdapat dalam kantong empedu saat batu tersebut terbentuk adalah kolesterol dan bilirubin (limbah dari penghancuran sel darah merah).

Hampir 80 persen batu empedu berbahan dasar kolesterol dan sekitar 20 persen berbahan dasar bilirubin. Bilirubin adalah suatu pigmen yang ditemukan dalam cairan empedu.

Ukuran batu empedu yang terbentuk juga bermacam-macam. Ada yang sekecil butir pasir dan ada yang sebesar bola pingpong. Begitu juga dengan jumlahnya. Ada orang yang hanya memiliki satu buah batu dan ada yang lebih.

Kemungkinan munculnya batu empedu berbeda-beda pada tiap orang. Secara spesifik, wanita berisiko dua kali lebih tinggi dibandingkan pria. Terutama wanita yang pernah hamil, mengonsumsi pil KB, atau menjalani terapi hormon berdosis tinggi.

Selain itu, angka kejadian batu empedu akan meningkat pada mereka yang menderita penyakit anemia bulan sabit (sickle cell anemia).

Pada penderita anemia sel bulan sabit, sel darah merah akan dipecah terus menerus oleh tubuh, dan akhirnya diubah menjadi bilirubin.

Penumpukan kadar bilirubin inilah yang dapat menyebabkan terjadinya batu empedu. Sebuah data penelitian di Inggris menunjukkan bahwa lebih dari separuh penderita anemia bulan sabit akan memiliki komplikasi berupa terbentuknya batu empedu.

Faktor Penyebab Penyakit Batu Empedu

Pada dasarnya batu empedu tumbuh atau muncul karena di pengaruhi oleh faktor gaya hidup yang tidak sehat yang dilakukan oleh seseorang.

Namun selain itu ada juga beberapa faktor-faktor yang mempengaruhi terbentuknya batu empedu, yaitu:

  1. Dampak melahirkan

Meningkatnya kolestrol yang diakibatkan oleh perubahan hormon pada masa kehamilan juga dapat mempengaruhi munculnya batu empedu. Nah, wanita yang habis melahirkan sangat rentan terkena penyakit batu empedu.

  1. Berat badan

Obesitas menjadi salah satu faktor yang bisa menyebabkan terjadinya penyakit ganguan batu ginjal.

  1. Faktor usia

Kebanyakan wanita atau pria yang bisa terkena gangguan penyakit batu empedu adalah mereka yang berusia diatas 40 tahun. Itu dikarenakan pada usia tersebut, metabolisme seseorang mulai menurun.

  1. Jenis kelamin

Resiko wanita terkena penyakit batu empedu adalah empat kali lipatnya dibandingkan pria. Itu terutama bagi wanita yang bertumbuh gemuk akan mudah terserang penyakit ini. Namun pria juga harus tetap waspada mengenai penyakit ini. Karena tidak menutup kemungkinan juga bisa terkena.

Penanganan Penyakit Batu Empedu

Penyakit batu empedu memerlukan penanganan yang khusus dari dokter spesialis. Karena dengan dilakukan segera penanganan terhadap batu empedu, maka akan memperkecil kemungkinan terjadinya komplikasi dengan organ-organ tubuh yang lain.

Salah satu cara penanganan terhadap jenis penyakit ini adalah dengan melakukan operasi pembedahan untuk mengambilbatu empudu.

Pertama-tama dokter akan mediagnosa dengan cara melihat gejala-gejala yang terjadi pada tubuh anda. Setelah itu dokter akan melakukan USG untuk melihat apakah ada batu empedu atau tidak dan melihat seberapa besar batuempedu.

Dan jika dirasa batu empedu sudah besar dan kronis, maka mau tidak mau dokter harus melakukan operasi pembedahan pada diri anda.

Memang sangat mengerikan jika kita harus melakukan operasi pengangkatan batu empedu. Selain biayanya yang mahal kita juga harus merasa efek yang akan ditimbulkan setelah melakukan operasi tersebut.

Namun selain melakukan operasi, mungkin anda para penderita batu empedu dapat menkonsumsi jenis-jenis tanaman berikut:

  1. Buah Apel

Buah apel mampu mengatasi masalah batu empedu melalui sistem pencernaan. Anda dapat menyantap apel setiap hari melalui cara apapun seperti di buat jus atau dimakan langsung juga bisa.

  1. Buah Manggis

Manggis, tidak hanya buahnya saja yang enak dimakan namun kulit manggis juga berkhasiat untuk menyembuhkan batuempedu.

Ada beberapa zat senyawa xanthone yang bisa membunuh penyakit dan meregenerasi sel – sel tubuh yang rusak. Selain itu juga terdapat senyawa polyheolic yang berfungsi untuk mengatasi berbagai macam penyakit.

  1. Temulawak

Pasti sudah tidak asing lagi dengan Temulawak.Temulawak adalah jenis tanaman yag biasanya digunakan sebagai obatherbal secara turun temurun.

Minyak Astirin yang terkadung dalam tumbuhan ini dapat mengobati dan memecahkanbatu empedu. Caranya adalah:

– Cuci beberapa rimpang temulawak.

– Rebus dengan dua gelas air hingga mendidih.

– Diamkan beberapa saat.

– Saring rebusan air ke dalam satu gelas , sisiakan satu gelas.

– Minumlah hasil rebusan temulawak secara teratur 2 kali sehari.

  1. Daun Sirsak

Daun sirsak memang kaya akan khasiatnya.Selain untuk pengobatan kanker, tumbuhan satu ini ternyata juga bisa untuk mengobati penyakit batu empedu.

Penelitain terbaru menyatakan bahwa tumbuhan sirsak selain mengandung zat fitokimia, ternyata masih banyak lagi kandungan seperti acetogenins, annocatacin, anniocatalin, annohexocin yang dapat menjaga pertahanan tubuh sehingga mencegah terjadinya penyakit.

Apa Itu RENALCARE?

Obat Penyakit Ginjal RenalCare, Produk PT. Autoimun Care Indonesia (PT. AICI) merupakan Formula Herbal yang diciptakan dengan teknologi canggih yaitu Autofermentasi Nanotechnology yang dikhususkan untuk mengatasi berbagai penyakit yang berhubungan dengan Organ Ginjal.
Formula Herbal RenalCare yang kami produksi ini terbuat dari bahan 100% Herbal Alami dengan kualitas terbaik dan kami pastikan 0% bahan kimia, sehingga tidak ada efek samping jika Anda mengkonsumsinya.