skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Penyembuhan Penyakit TBC Yang Dapat Dilakukan Dirumah!

Penyembuhan Penyakit TBC Yang Dapat Dilakukan Dirumah!

Tuberkulosis (TBC atau TB) adalah penyakit infeksi pada saluran pernafasan yang disebabkan oleh bakteri. Bakteri ini merupakan bakteri basil yang sangat kuat sehingga memerlukan waktu lama untuk mengobatinya. Bakteri ini lebih sering menginfeksi organ paru-paru (90%) dibandingkan bagian lain tubuh manusia.

Tuberculosis (TBC) merupakan penyakit menular yang masih menjadi perhatian dunia. Hingga saat ini, belum ada satu negara pun yang bebas TBC. Angka kematian dan kesakitan akibat kuman mycobacterium tuberculosis ini pun tinggi.

Ciri Penyakit TBC

Beberapa ciri dari penyakit TBC yaitu:

  1. Mengalami batuk berdahak

Tidak hanya batuk berdarah saja, dan batuknya lama, batuk pada saat menderita sakit TBC paru ini akan mengalami batuk berdhak, dimana batuk itu tentu akan membuat perih dan sakit dada, serta kepala menjadi sangat pusing karena banyak syaraf syaraf yang tentunya tersentak dengan adanya batuk itu.

  1. Keringat dingin

Keringat dingin biasa terjadi di malam hari, tetapi tidak menutup kemungkinan hal ini pula terjadi di siang hari. Penderita penyakit ini biasanya lebih sering merasakan tubuhnya sangat dingin padahal suhu tubuhnya saja sangat panas, begitulah seorang yang menderita TBC.

  1. Badan terasa pegal-pegal

Selain itu badan pun akan mudah terasa pegal-pegal pada saat menderita TBC paru ini, karena TBC paru tidak hanya menyerang bagian paru saja tetap ada beberapa bagian yang dimana bakteri itu menyebar hampir ke seluruh tubuh, sehingga orang yang menderita penyakit ini akan merasakan lelah dan pegal serta capek seluruh tubuh.

  1. Demam

sudah menjadi hal yang normal ketika batuk disertai dengan demam, batuk biasa pun disertai dengan demam. Pada dasarnya demam yang dialami oleh TBC ini berbeda dengan demam pada batuk biasa, ketika TBC demam yang dirasakan ini hampir sama dengan gejala demam tifus.

Sehingga demam yang dirasakan kadang naik dan kadang turun begitu seterusnya sampai pada demam menjadi sangat panas dan semakin lama akan semakin berkurang tetapi kadang kembali lagi panas tinggi dan kemudian kembali lagi turun seperti itu seterusnya. Untuk itu jika demam yang dirasakan seperti itu alangkah baiknya segera diperiksakan, karena TBC ini dapat menular dengan sangat cepat.

  1. Nafsu makan berkurang

Seperti biasa orang yang sakit pasti akan mengalami rasa tidak enak ketika makan, entah lidah terlalu pahit atau pun makanan yang dirasa tidak sedap, hal itu sangat mempengaruhi seseorang ketika ingin mengkonsumsi makanan.

Untuk itu mengapa bisanya seorang yang sakit cenderung diberikan makanan yang enak dan makanan yang ia sukai. Hal ini bertujuan agar anak dapat makan dengan banyak sehingga akan membatu percepatan dalam proses penyembuhan.

Penyembuhan Penyakit TBC

Jenis obat antibiotik yang digunakan umumnya adalah isoniazid, rifampicin, pyrazinamide dan ethambutol. Sama seperti semua obat-obat lain, antibiotik untuk TB juga memiliki efek samping, terutama rifampicin, isoniazid, dan ethambutol.

Rifampicin dapat menurunkan keefektifan alat kontrasepsi yang mengandung hormon. Sementara ethambutol dapat memengaruhi kondisi penglihatan pengidap. dan isoniazid berpotensi merusak saraf.

Sejumlah efek samping lain dari obat-obatan TB meliputi mual, muntah, penurunan nafsu makan, sakit kuning, urine yang berwarna gelap, demam, ruam, serta gatal-gatal pada kulit.

Masa penyembuhan TB berbeda-beda pada tiap pengidap dan tergantung pada kondisi kesehatan pengidap serta tingkat keparahan TB yang dialami. Kondisi pengidap umumnya akan mulai membaik dan TB berhenti menular setelah mengonsumsi antibiotik selama 2 minggu. Tetapi untuk memastikan kesembuhan total, pengidap TB harus menggunakan antibiotik yang diberikan dokter selama 6 bulan.

Apabila pengidap tidak meminum obat sesuai resep dokter atau berhenti meminumnya sebelum waktu yang dianjurkan, bakteri TB bisa tidak hilang sepenuhnya meski pengidap merasa kondisinya sudah membaik.

Infeksi TB yang diidap juga berpotensi menjadi resistan terhadap antibiotik. Jika ini terjadi, TB akan menjadi lebih berbahaya dan sulit diobati sehingga masa penyembuhannya pun akan jauh lebih lama.

 

Apa Itu Pulmohealer?

Pulmohealer adalah produk dari PT. Autoimuncare Indonesia ( PT. AICI ) yang khusus mengatasi berbagai penyakit paru-paru. Dengan penelitian formula herbal nanotechnology selama 15 tahun membuat Pulmohealer banyak dicari di dalam maupun luar negeri.

Pulmohealer bereaksi cepat, dijamin aman, dan tidak menimbulkan efek samping berbahaya bagi Tubuh Anda.