skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Penyembuhan Penyakit Thypoid

Penyembuhan Penyakit Thypoid

Thypoid adalah suatu penyakit infeksi sistemik bersifat akut yang disebabkan oleh Salmonella typhi. Penyakit ini ditandai oleh panas berkepanjangan,ditopang dengan bakteremia tanpa keterlibatan struktur endotelial atau endokardial dan invasi bakteri sekaligus multiplikasi ke dalam sel fagosit mononuklear dari limpa,kelenjar limfe usus dan Peyer’s patch.

Terjadinya penularan Thypoid atau salmonella typhi ini adalah sebagian besar dari makanan/minuman yang tercemar oleh kuman yang berasal dari penderita atau pembawa kuman, biasanya keluar bersama-sama dengan tinja (melalui rute oral fekal = jalur oro-fekal).

Faktor Resiko Penyakit Thypoid

Ada banyak faktor risiko untuk Thypoid, yaitu:

– Anak-anak

– Bekerja atau mengunjungi area dengan wabah Thypoid

– Mikrobiologis klinis yang menangani bakteri Salmonella typhi

– Tinggal di negara berkembang, seperti India, Asia Tenggara, Afrika, Amerika Selatan dan area lainnya

– Memiliki kontak dekat dengan orang yang terinfeksi atau baru saja terinfeksi Thypoid.

Gejala Penyakit Thypoid

Gejala Thypoid tidak khas. Sering kali gejala awal Thypoid tampak seperti gejala flu atau radang tenggorokan. Pada tahap lebih lanjut gejala Thypoid juga sering kali seperti demam berdarah.

  1. Demam suhu di atas 38 derajat Celsius

Demam pada Thypoid cukup khas. Pada minggu pertama setelah seseorang terinfeksi bakteri penyebab Thypoid, orang tersebut akan mengalami demam ringan. Demam semakin hari semakin meningkat. Demam tinggi akhirnya terjadi pada minggu ke dua. Demam biasanya muncul pada waktu sore hari dimana pasien merasa menggigil. Kaki dan tangan teraba dingin sedangkan badan teraba panas.

Bradikardia relatif yaitu jumlah nadi per menit yang tidak sesuai dengan kondisi penderita. Normalnya, bila suhu badan meningkat maka kecepatan nadi akan meningkat. Namun pada Thypoid, kecepatan nadi tidak meningkat.

  1. Lidah Thypoid

lidah pada penderita Thypoid cukup khas, yakni keputihan pada bagian tengah lidah dan merah di bagian pinggir.

  1. Keluhan pencernaan, seperti mual, sukar buang air besar, atau sebaliknya, buang air besar encer.
  2. Keluhan saluran pernapasan, seperti batuk, pilek.
  3. Gejala lainnya, seperti mata merah, sakit kepala, sesak napas, pegal-pegal, nyeri sendi, dan sebagainya.

Penyembuhan Penyakit Thypoid

Beberapa metode penyembuhan penyakit thypoid yaitu:

– Bed rest total.

– Sampai saat ini pilihan obat (Drug of Choice) untuk demam tyhoid di Indonesia adalah antibiotik Kloramfenikol. Namun Kloramfenikol memikili beberapa kelemahan yaitu tingginya angka resistensi bakteri, tingginya angka kekambuhan, serta efek samping berupa depresi sumsum tulang sehingga dapat menyebabkan anemia aplastik. Pilihan obat lain yaitu; ciprofloxacyn, ceftriaxon, amoxicillin.

– DOC untuk anak-anak dan wanita hamil yaitu parenteral ceftriaxon.

– Pemberian parenteral kortikosteroid mungkin berguna pada pasien dengan gangguan status mental.

– Demam dapat diturunkan dengan pemberian antipiretik (penurun demam).

– Pemberian makanan melalui infus sampai penderita dapat mencerna makanan. Makan dimulai dalam porsi kecil dan halus.

– Jika terjadi perforasi usus, diberikan antibiotik berspektrum luas (karena berbagai jenis bakteri akan masuk ke dalam rongga perut) dan mungkin diperlukan tindakan pembedahan untuk mengangkat bagian usus yang mengalami perforasi.

Obat Amoxicillin Untuk Penderita

Amoxicillin adalah salah satu jenis antibiotik golongan penisilin yang digunakan untuk mengatasi infeksi berbagai jenis bakteri, seperti infeksi pada saluran pernapasan, saluran kemih, dan telinga. Amoxicillin hanya berfungsi untuk mengobati infeksi bakteri dan tidak bisa mengatasi infeksi yang disebabkan oleh virus, misalnya flu. Obat ini membunuh bakteri dengan cara menghambat pembentukan dinding sel bakteri.