skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Sirosis Hati Sejenis Penyakit Apa?

Sirosis Hati Sejenis Penyakit Apa?

Sirosis hati adalah keadaan penyakit yang sudah lanjut dimana fungsi liver telah hilang secara bertahap karena jaringan hati yang normal digantikan oleh jaringan parut (fibrosis) dan mempengaruhi struktur normal dan regenerasi sel-sel hati sehingga sel-sel hati menjadi rusak ataupun mati.

Sirosis hati dapat terjadi karena virus hepatitis B dan C yang berkelanjutan atau karena penyakit lain yang menyebabkan saluran empedu tersumbat.

Kerusakan yang muncul dihati adalah disebabkan oleh sirosis yang tidak diatasi dengan baik, bahkan pada akhirnya akan menyebabkan penyebaran lebih luas lagi sehingga hati tidak bisa bekerja dengan efektif.

Kondisi seperti ini lebih dikenal dengan istilah gagal hati. Dan sebelum penyakit sirosis hati menimbulkan masalah gagal hati, maka perkembangannya yang terjadi selama bertahun-tahun.

Penanganan yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal ini adalah supaya bisa memperlambat perkembangan dari penyakit hati.

Penyebab Penyakit Sirosis Hati

Penyebab sirosis hati salah satunya karena adanya pengaruh alkohol. Sebenarnya hati memiliki kemampuan untuk memecah alkohol.

Akan tetapi jika alkohol yang dikonsumsi terlalu banyak, alkohol tersebut dapat merusak hati. Sirosis yang terjadi disebabkan oleh pengaruh alkohol disebut dengan sirosis alkoholik.

Penyebab berikutnya dari sirosis hati adalah infeksi virus hepatitis C kronis. Virus hepatitis C dalam jangka panjang dapat menyebabkan inflamasi yang pada akhirnya akan menyebabkan sirosis hati. Selain Hepatitis C, Hepatitis B juga diketahui memiliki pengaruh terhadap terjadinya sirosis hati.

Penyebab lain pada sirosis hati antara lain adalah adanya penyakit yang menyebabkan penyumbatan saluran empedu, reaksi terhadap obat obatan medis tertentu, dan terjadinya Infeksi tertentu yang disebabkan oleh bakteri dan parasit.

Perawatan Dan Pengobatan Sirosis Hati

Untuk perawatan hal yang bisa dilakukan ialah penghentian konsumsi alkohol. Bahkan walau pun terjadinya sirosis tidak disebabkan oleh konsumsi alkohol. Minum alkohol akan meningkatkan perkembangan sirosis apa pun itu pemicunya.

Selain berhenti mengkonsumsi alkohol, penderita sirosis hati perlu berhati hati dalam mengkonsumsi obat obatan medis.

Jika penderita memerlukan obat obatan untuk penyakit lain, sebaiknya penderita mengkonsultasikannya terlebih dahulu pada dokter.

Dalam beberapa kasus transplantasi hati terkadang harus dilakukan terutama jika kondisi hati sudah terlalu parah.

Di mana jaringan parut yang luas dan hati nyaris tidak bisa berfungsi, maka transplantasi hati mungkin satu-satunya pilihan.

Berikut ini adalah berbagai macam jus yang dapat dikonsumsi oleh penderita penyakit sirosis hati:

1.Jus Lemon

Jeruk lemon meski menurut kepercayaan kandungan asam buah ini buruk untuk penderita hati atau lambung namun ternyata jeruk lemon mengandung zat antioksidan yang akan membantu secara optimal proses detoksifikasi dalam hati yang terinfeksi virus.

  1. Jus dari Bayam dan Wortel

Penyembuhan sirosis hati secara alami juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi bayam sebagai makanan yang mengandung zat besi tinggi.

Anda bisa menyiapkan seikat bayam berikut juga ditambah beberapa buah wortel di mana kemudian Anda bisa menghancurkan kedua bahan. Buatlah adonan pasta dari kedua bahan tersebut.

Setelah itu, lanjutkan dengan menyaringnya dan ambil jusnya saja. Jus inilah yang bisa Anda konsumsi setiap hari untuk mengobati sirosis hati dengan maksimal.

Karena wortel juga kaya akan betakaroten, maka kedua bahan ini sangatlah tepat untuk menjaga kesehatan dan menutrisi organ hati Anda.

  1. Jus Semangka

Sama halnya dengan jeruk lemon, semangka juga termasuk dalam buah untuk penderita liver karena kandungan antioksidannya yang cukup tinggi. Semangka mampu menangkal radikal bebas yang mengendap dalam organ hati.

  1. Jus Pisang

Pisang merupakan buah yang cukup menunjang proses penyembuhan penyakit organ hati ini. Pisang sangat kaya akan zat zat baik berupa vitamin dan nutrisi lainnya dan sebaiknya dikonsumsi setiap hari.

  1. Jus Pepaya

Pepaya yang dimakan langsung atau diolah menjadi pudding bisa bermanfaat dalam pencegahan kerusakan hati.

Tekstur papaya yang lembut juga memudahkan organ lambung mencerna buah ini sehingga penyerapan zat dalam papaya semakin mudah untuk menjalar ke seluruh organ tubuh.

  1. Jus Alpukat

Saat organ hati kita terserang virus hepatitis yang menyebabkan sirosis hati maka organ hati perlu dibersihkan dari racun atau senyawa berbahaya yang terdapat dalam hati.

Kandungan zat glutathione dalam alpukat sangat efektif untuk membersihkan kandungan racun dalam hati.

Disamping itu khasiat alpukat dengan kandungan lemak tak jenuh tunggalnya sangat membantu penderita sirosis hati menekan kolesterol jahat.