skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Tahap-Tahap Penyakit Ginjal Kronik

Tahap-Tahap Penyakit Ginjal Kronik

Penyakit ginjal adalah salah satu silent killer, artinya banyak orang tak sadar tengah mengalaminya lantaran tidak mengetahui gejalanya, tahu-tahu sudah berakibat fatal, dan ginjal yang sudah rusak rata-rata akan sulit penanganannya.

Ada beberapa gejala penyakit ginjal yang bisa kita amati. Namun, dalam beberapa kasus, gejala sakit ginjal mungkin bahkan tidak muncul sampai kondisi menjadi kritis.

Memiliki masalah pada ginjal akan menghambat aktivitas sehari-hari. Pada orang yang mengalami penyakit ginjal harus menjalani perawatan sehari-hari seperti cuci darah dan menghindari pekerjaan berat.

Penyakit ginjal Kronik (CKD) adalah hilangnya sebagian besar fungsi ginjal yang terjadi secara perlahan dan akan semakin memburuk seiring dengan berjalannya waktu. Prosesnya kadang terjadi dalam hitungan bulan atau bahkan tahunan.

Tahapan Penyakit Ginjal Kronik

Tahapan Penyakit gagal ginjal kronik menunjukkan tingkat kerusakan dan tingkat keparahan dari gagal ginjal kronik. Tahapan penyakit gagal ginjal kronik diperoleh berdasarkan hasil skor eGFR yang diperoleh.

Laju filtrasi glomerulus atau glomerular filtration rate (FGR) adalah pengukuran untuk mengetahui seberapa baik ginjal bekerja. Pengukuran ini dilakukan untuk mengetahui jumlah kotoran yang berhasil disaring oleh ginjal dari darah.

Angka normal saringan kotoran darah per menit adalah 90-120 ml/menit. Semakin tinggi angka eFGR maka semakin baik tingkat kesehatan ginjal. Namun, semakin rendah angka laju eFGR akan menunjukkan tingkat kerusakan ginjal yang sudah terjadi.

Metode yang digunakan adalah dengan menghitung kadar kreatinin dalam sampel darah. Angka laju ini akan dihitung berdasarkan umur, jenis kelamin, dan etnis. Gagal ginjal kronik dibagi atas 6 tahap, yaitu: gagal ginjal tahap 1, gagal ginjal tahap 2, gagal ginjal tahap 3, gagal ginjal tahap 4, gagal ginjal tahap 5, dan gagal ginjal tahap 6 atau permanen.

  • Penyakit Gagal Ginjal Kronik Tahap 1

Hasil eFGR normal, yaitu di atas 90. Namun, berdasarkan tes terdapat kerusakan pada ginjal. Hasil tes bisa jadi menunjukkan adanya peradangan pada ginjal atau adanya darah dalam urin (hematuria)

  • Penyakit Gagal Ginjal Kronik Tahap 2

Hasil EFGR mengalami penurunan yaitu berada di angka 60-89 ml/menit. Ditemukan adanya kerusakan atau gangguan pada ginjal. Pada penderita eFGR dengan angka yang sama, namun tidak ditemukan adanya kerusakan ginjal, maka dianggap tidak mengalami gagal ginjal kronik.

  • Penyakit Gagal Ginjal Kronik Tahap 3

Hasil eFGR menunjukkan angka 30-59 ml/menit. Pada kondisi ini ditemukan adanya penurunan fungsi ginjal yang ringan. Pada tahap ini diperlukan pemeriksaan ginjal secara berkala.

Penyakit Gagal ginjal tahap 3 masih dibagi atas gagal ginjal tahap 3a dan gagal ginjal tahap 3b. pada tahap 3a laju eFGR adalah 45-59 ml/menit. Terjadi penurunan fungsi ginjal ringan, sehingga harus diadakan pemeriksaan setiap tahun. Pada tahap 3b laju eFGR adalah 30-44. Terjadi penurunan fungsi ginjal parah sehingga harus diadakan pemeriksaan ginjal berkala setiap enam bulan sekali.

  • Penyakit Gagal Ginjal Kronik Tahap 4

Laju eFGR adalah 15-29 ml/menit. Pasien sudah mengalami gejala gagal ginjal kronik. Kondisi ini membuat ginjal harus terus dipantau dan diperiksa setiap enam bulan.

  • Penyakit Gagal Ginjal Kronik Tahap 5

Laju eFGR adalah dibawah 15 ml/menit. Kondisi ini sudah masuk level gagal ginjal, karena ginjal telah mengalami kehilangan seluruh fungsinya. Pemeriksaan ginjal secara berkala harus dilakukan tiap tiga bulan sekali.

  • Penyakit Gagal Ginjal Kronik Tahap 6

Penyakit gagal ginjal kronik tahap akhir. Pada kondisi ini, ginjal sudah berhenti bekerja dan dapat mengancam keselamatan hidup. Kondisi gagal ginjal tahap akhir terjadi secara perlahan, setelah melalui proses waktu tertentu.

Apa Itu RENALCARE?

Obat Penyakit Ginjal RenalCare, Produk PT. Autoimun Care Indonesia (PT. AICI) merupakan Formula Herbal yang diciptakan dengan teknologi canggih yaitu Autofermentasi Nanotechnology yang dikhususkan untuk mengatasi berbagai penyakit yang berhubungan dengan Organ Ginjal.
Formula Herbal Obat Penyakit Ginjal RenalCare yang kami produksi ini terbuat dari bahan 100% Herbal Alami dengan kualitas terbaik dan kami pastikan 0% bahan kimia, sehingga tidak ada efek samping jika Anda mengkonsumsinya.